Cara menggunakan whatsapp auto

Cara menggunakan whatsapp auto – Bagaimana cara menggunakan whatsapp auto agar yang bertanya bisa langsung mendapat sapaan atau jawaban ? Untuk anda yang punya bisnis online apapun itu bisa gunakan aplikasi chat populer yang bernama Whatsapp.

Dalam pelayanan online pastinya anda sebagai CS sering menjumpai pelanggan yang menanyakan sesuatu dengan jawaban yang umum. Tidak masalah jika pelanggan yang harus anda layani per hari masih berjumlah sedikit.

Tetapi akan menjadi masalah jika suatu saat nanti sudah kebanjiran pelanggan yang ingin menanyakan banyak pertanyaan. Solusi pertama yaitu dengan menambah jumlah CS perusahaan agar bisa melayani lebih banyak pelanggan lagi.

Namun ternyata masih ada satu cara lagi yang jauh lebih baik dan efisien. Yaitu dengan menggunakan fitur auto respon yang telah tersedia pada aplikasi Whatsapp bisnis.

Dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang termasuk kecerdasan buatan kini sudah bisa anda jumpai pada layanan chat Whatsapp.

Mengenal lebih dalam tentang whatsapp auto

Cara menggunakan whatsapp auto

Mungkin belum semua pengguna WA yang mengetahui adanya fitur bagus ini. Berawal dari layanan CS online yang sering menemukan pertanyaan yang sama.

Maka akan sangat merepotkan dan buang waktu jika harus menjawabnya secara berulang walaupun kepada pelanggan yang berbeda. Fitur auto respon pada Whatsapp ini mampu menjawab pertanyaan yang sering di ajukan oleh pelanggan bisnis anda.

Contohnya saja apakah stock ready ? Berapa harganya ? atau pertanyaan umum lainnya. Dengan menggunakan fitur whatsapp auto ini maka setiap konsumen yang bertanya tidak butuh waktu lama untuk langsung mendapatkan jawabannya.

Dan pihak CS yang mempunyai sumber daya terbatas pun jadi bisa lebih fokus melayani pelanggan lain yang memiliki masalah lebih kompleks.

Terdengar sangat menarik dan bermanfaat sekali bukan ? Fitur WA ini bisa anda atur sesuai kebutuhan agar bisa menjawab pertanyaan umum atau hanya untuk sekedar menyapa saja kepada pelanggan supaya bisa merasa senang dengan sambutan yang cepat.

Peran fitur WA auto jawab ini juga tidak terbatas pada perusahaan besar saja. Tetapi melainkan juga bisa untuk anda yang punya toko online atau website dengan layanan Chat WA 24 jam.

Jadi apabila anda sedang tidak online karena sedang tidur atau keperluan lain. Maka saat ada yang datang ke web dan melakukan chat WA akan langsung di jawab oleh robot WA ini.

Cara menggunakan whatsapp auto untuk keperluan bisnis online

Cara menggunakan whatsapp auto

Perlu anda ketahui juga bahwa fitur WA auto ini hingga saat ini hanya tersedia pada apk WA yang bisnis saja. Jadi apabila anda belum menginstall aplikasi WA versi bisnis maka tidak akan menemukan fitur auto respon chat ini.

Dan untuk itulah bagi anda yang ingin menggunakannya maka bisa melakukan install terlebih dahulu yang sumbernya bisa anda pilih berikut ini.

Cara pertama yaitu dengan mengunjungi situs resmi Whatsapp bisnis yang alamatnya bisa langsung anda akses menggunakan url https://www.whatsapp.com/business/.

Ini berlaku untuk bagi pengguna HP Android atau pengguna iPhone yang menggunakan iOS. Sedangkan cara berikutnya ini berlaku hanya untuk pengguna Android yang bisa mendapatkan WA bisnis ini melalui play store.

Untuk bisa melakukan install maka buka dahulu google play store pada HP android yang anda pakai saat ini. Setelah terbuka ketik kata kunci “WhatsApp Business” dan pilih yang muncul pada hasil pencarian.

Sayangnya beberapa plagiat juga muncul dengan developer yang berbeda dan terbilang asing. Agar tidak salah pilih maka pastikan bahwa WhatsApp Business yang anda download dan install berasal dari developer resmi yang bernama Whatsapp LLC.

Atau silahkan gunakan link berikut ini guna mendapat apk Whatsapp Business dari play store yang asli.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp.w4b

Unduh dan pasang apk tersebut dengan prosedur yang sama seperti anda melakukannya pada aplikasi android yang lain. Jika sudah tinggal jalankan Whatsapp Business.

Cara menggunakan Whatsapp Business untuk mengaktifkan fitur Auto respon

Cara menggunakan whatsapp auto

Buat akun login WA Business tersebut jika sebelumnya anda belum memilikinya dan setelah itu bisa login dengan prosedur yang  sama seperti WA biasa.

Meskipun WA business memiliki fitur yang jauh lebih banyak tetapi tampilan nya masih terbilang mirip dengan WA messanger atau WA reguler.

Karena itu apabila anda sudah terbiasa menggunakan WA sejak lama maka ketika menggunakan WA Business pasti tidak akan merasa asing lagi.

Silahkan masuk ke pengaturan dengan menekan tombol titik tiga yang biasa ada pada bagian kanan atas layar pada aplikasi WA Business.

Pilih menu Settings dan setelah itu akan tampil banyak menu yang bisa anda atur terlebih dahulu. Apabila baru pertama kali menggunakan aplikasi WA Business ini pastinya masih kosong dan data belum lengkap.

Anda bisa mengupload foto profile anda serta mengisi data pribadi lainnya. Atau juga bisa mengisi nanti karena pengaturan ini tidak harus anda selesaikan sekarang.

Langsung saja ke bagian aktifkan WhatsApp Auto Respon dengan menekan tombol Business Settings terlebih dahulu. Pada bagian Away Message ganti statusnya dari off menjadi on.

Lalu ubah isi pesannya sesuai dengan yang anda kehendaki. Away message digunakan untuk auto respon ketika anda sedang tidak online dan ada orang yang melakukan chat ke no WA anda.

Jadi isikan saja pesan yang dapat memberi tahu bahwa saat ini anda sedang tidak online dan kapan anda online lagi. Dengan demikian orang yang membaca tersebut bisa kembali lagi saat anda sudah online lagi.

Gunakan fitur Quick Replies

Nah, jika Away Message untuk auto respon saat anda sedang tidak online dengan pesan singkat. Pada fitur Quick replies bisa anda pakai untuk menjawab pertanyaan yang paling sering di ajukan oleh banyak orang kepada anda.

Sehingga apabila fitur ini telah anda atur dan aktifkan maka tidak perlu repot lagi menjawab dengan isi pesan yang sama.

Fitur yang juga dikenal sebagai chatbot ini memang sudah sedemikian canggih. Jadi bisa anda manfaatkan sebaik mungkin untuk menjawab pertanyaan yang sudah sering sekali muncul.

Setiap kebutuhan bisnis chatbot ini pastinya berbeda dengan pengguna lain. Karena itu anda bisa mengira-ngira sendiri petanyaan apa yang sering muncul.

Dan sebagai tips sebaiknya gunakan juga bahasa yang sopan dan jelas agar konsumen bisa terbantu dengan informasi yang telah anda berikan melalui chatbot WA.

Cara kerja WA auto respon

Agar fitur ini bisa berjalan dengan baik maka sebaiknya ketahui juga bagaimana WA auto ini bekerja. Pada prinsipnya WA auto ini akan merespon dengan jawaban yang sudah anda atur sebelumnya dengan mengenalinya dari kata kunci.

Jadi apabila balik bertanya menggunakan chatbot kepada pelanggan. Pastikan kalau pelanggan mengetikkan kata kunci yang tepat. Misalkan saja beri keterangan bahwa tekan 1 untuk iya, dan tekan 2 untuk tidak.

Baca Juga : Cara Agar WhatsApp Ceklis 1 Tapi Online

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment