Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp

Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp Saat Anda sibuk pasti risih mendapati panggilan whatsapp yang mengganggu. Terlebih jika Anda membawa ponsel saat beribadah. Pasti Anda berpikir untuk memblokir sementara pengguna yang mengganggu atau menguninstal WhatsApp agar tak lagi terlihat online

Tapi tahukah Anda? Ternyata pengguna bisa menonaktifkan panggilan di WhatsApp tanpa perlu mematikan data maupun meng-uninstal aplikasi tersebut. Fitur tersebut akan hadir melalui artikel ini, Tapi sebelumnya Anda harus mengetahui :

Apa itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan yang memiliki beragam fitur canggih lebih dari short message services ( sms ). Didirikan sejak 12 tahun lalu, pada awalnya WhatsApp dibuat untuk pengguna  Iphone. Alasannya ialah karena pada saat itu Iphone bekerja sama dengan WhatsApp untuk menghadirkan fitur perpesanan tanpa menggunakan pulsa.

Seiring perkembangan zaman, WhatsApp mulai digunakan oleh pengguna smartphone Blackberry, Symbian, dan Android. Saat itu WhatsApp hanya digunakan untuk mengirim pesan dan telpon saja. Namun pada tahun 2018 aplikasi ini tidak lagi tersedia pada platform Blackberry dan hanya berfokus pada IOS dan Android.

Berapa jumlah pengguna WhatsApp?

Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp

Karena memiliki fitur yang canggih serta menghemat kuota, kedua hal ini membuat WhatsApp di unduh hingga 5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia dengan lebih dari 150 miliar pesan yang dikirim setiap harinya. Jika di google playstore, WhatsApp menjadi aplikasi terpopuler di komunikasi dengan memiliki rating berjumlah 4.8 di seluruh dunia.

Selain itu WhatsApp mengeluarkan WhatsApp Business bagi pengguna yang memiliki usaha dengan menawarkan fitur katalog agar semakin mudah untuk berjualan. Pengguna aktifnya berjumlah sekitar lebih dari 500 juta dan memiliki rating rata-rata sebesar 4.2 di Indonesia.

Beberapa Keuntungan Menggunakan WhatsApp

Dengan fitur canggih yang dihadirkan WhatsApp untuk pengguna memberikan beberapa keuntungan untuk mereka. Terlebih banyak pengguna yang sering bertukar pesan maupun panggilan dengan kerabat, keluarga hingga kekasih tercinta ke jarak yang jauh sekalipun.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp bagi pengguna :

  1. WhatsApp menyediakan banyak versi

Mungkin bagi Anda yang membaca artikel ini juga tak mengetahui bahwa ternyata WhatsApp menyediakan berbagai macam versi yang bisa di unduh pengguna sesuai kebutuhan mereka, seperti : WhatsApp Business, WhatsApp MOD, hingga yang terbaru GB WhatsApp.

Ketiganya memiliki sejumlah fitur yang sama seperti WhatsApp biasa tetapi dengan kelebihan dan kekurangan berbeda. Misalnya saja : GB WhatsApp dan WhatsApp MOD yang dibuat oleh devoper pihak ketiga untuk pengguna yang ingin menggunakan WhatsApp dengan banyak nomor.

  1. Dapat melakukan video call lebih dari 5 orang

Terdengar sangat unik tetapi begitulah adanya, WhatsApp memberikan keuntungan untuk pengguna dengan menghadirkan fitur ini. Pengguna dapat melakukan video call lebih dari 5 orang dengan fitur group video pada pembaruan WhatsApp versi beta  2.20.133 (Android) dan 2.20.50.25 (iOS).

  1. Fitur panggilan bisa dinonaktifkan tanpa perlu menguninstal

Seperti pada pembahasan di awal, WhatsApp tidak hanya berfungsi mengirim pesan dan panggilan tetapi juga dapat menonaktifkan panggilan yang mengganggu pengguna. Tetapi perlu di ingat panggilan di WhatsApp terdapat dua jenis yakni ; panggilan telpon dan panggilan video call.

Pengguna dapat menerima kedua panggilan ini secara instan tetapi tidak bisa digunakan di waktu yang bersamaan. Menonaktifkan kedua panggilan tersebut sangat mudah dilakukan tanpa perlu memblokir kontak yang mengganggu.

Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp

Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp

  1. Ke Menu Pengaturan

Anda bisa menonaktifkan panggilan dengan pergi ke menu pengaturan. Eit, bukan ke menu pengaturan WhatsApp melainkan ke menu pengaturan telpon. Langkahnya cukup mudah dengan :

  • Buka ke menu setting pada telpon
  • Tap bagian ” Aplikasi “
  • Carilah logo WhatsApp pada ponsel Anda
  • Kemudian klik paksa berhenti pada aplikasi tersebut
  • Selesai
  • Tapi ingatlah menghentikan aplikasi ini bersifat sementara hingga Anda membukanya kembali
  1. Matikan Notifikasi

Sama seperti langkah diatas, Anda bisa mematikan notifikasi agar tidak muncul pada layar ponsel Anda. Hal ini karena jika panggilan video maupun telpon di WhatsApp masuk maka notifikasi dilayar tidak akan muncul.

Mereka yang menghubungimu pun akan memiliki notifikasi ” Memanggil ” pada layar WhatsApp mereka. Jadi langkah ini cocok digunakan jika Anda berada dalam acara penting dan tidak ingin diganggu.

  1. Menggunakan GB WhatsApp

GB WhatsApp adalah aplikasi modifikasi whatsApp yang dibuat oleh developer pihak ketiga untuk pengguna yang memiliki lebih dari satu nomor handphone.

GB WhatsApp memiliki fitur dan tampilan yang sangat berbeda dengan WhatsApp biasa, salah satunya adalah ; menyembunyikan tanda pesan yang telah terbaca bahkan dapat menonaktifkan panggilan video dan telpon meski data internet dinyalakan.

Berikut ini langkah dalam menggunakan GB WhatsApp :

  • Download GB WhatsApp disini > ” GB WhatsApp Terbaru
  • Klik Unduh dan tunggu beberapa saat
  • Setelah itu masukan Nomor HP Anda dan lakukan verifikasi
  • Jika sudah, pergi ke GB Settings dan temukan menu Other MODS
  • Di menu tersebut Anda bisa memblokir semua panggilan masuk dan beri centang ” Disable Voice Calls “
  1. Blokir Sementara Tanpa Diketahui Pemilik Nomor Tersebut

Jangan melakukan hal gegabah khususnya jika Anda ingin memblokir nomor pengguna yang menggangu. Langkah ini dapat digunakan untuk Anda yang ingin menonaktifkan sementara panggilan WhatsApp ketika sedang sibuk atau tidak ingin diganggu.

Untuk langkah-langkahnya sangat mudah cukup :

  • Pergi ke menu kontak pada ponsel
  • Cari nomor pengguna yang menggangu
  • Kemudian pilih opsi ” Icon chat ” lalu blokir
  • Selesai
  1. Menggunakan WhatsApp MOD

Sama seperti GB WhatsApp, WhatsApp Mod bisa Anda unduh secara otomatis melalui laman browser Anda. Jika pada GB WhatsApp bisa mendisable pengguna yang tak diinginkan, WhatsApp MOD bisa digunakan pengguna yang selalu online tetapi tanda online tidak dapat terbaca oleh pengguna lain.

Selain itu fitur WhatsApp MOD bisa mengkloning nomor ponsel WhatsApp secara bersamaan, hal ini karena banyak pengguna yang merasa risih jika status online mereka dipantau oleh seseorang, terlebih bagi Anda yang menyukai hal-hal berbau privasi.

Inilah langkah-langkah menggunakan WhatsApp MOD :

  • Download terlebih dahulu WhatsApp MOD disini > WhatsApp MOD Terbaru
  • Kemudian silahkan aktifkan izinkan sumber tak diketahui pada keamanan ponsel Anda
  • Klik unduh dan tunggu beberapa saat
  • Masuk ke file manajer dan tap Aktifkan ” Izinkan dari sumber ini “
  • WhatsApp MOD bisa langsung digunakan

Kesimpulan dan Penutup

Dapat disimpulkan bahwa ternyata menonaktifkan panggilan WhatsApp sangat mudah dilakukan dengan kelima cara yang telah dijelaskan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menjadi rekomendasi tutorial yang telah diberikan.

Baca Juga : Begini Sadap WA Dengan Social Spy WhatsApp

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment