Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di iPhone Cegah Orang Kepo – Para pengguna ponsel besutan Apple pastinya ingin tahu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di iPhone. Tujuannya agar file maupun data penting tersimpan tidak terbuka oleh orang asing sekalipun. Selain itu tujuan lainnya untuk memperindah tampilan pada layar. Sebab bagian layarnya tak jarang kurang sedap penggunanya pandang. Karena itulah mereka ingin menyusun aplikasi-aplikasi sehingga rapih maupun enak user lihat.

Memang tak jarang kita mendapati bagian layar ponsel tampak berantakan karena berisi bermacam-macam apk. Pastinya ada beberapa app di sana yang enggan Anda gunakan atau sudah lama tidak terpakai. Beberapa aplikasi tersebut dapat pengguna hapus maupun menghilangkannya. Tetapi bagi fitur bawaan Apple tentu saja tidaklah bisa user hapuskan. Banyaknya aplikasi-aplikasi asli terinstal membuat memenuhui tampilan depan dan cara mengatasinya bisa dengan menyembunyikannya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di iPhone Agar Rapih

Beberapa orang ingin merapikan ikon pada home screen dengan cara mengelompokannya dalam satu folder saja. Selain menggunakan langkah tersebut, pengguna juga bisa menyembunyikan aplikasinya terlebih apk tak terpakai. Misalnya saja fitur besutan Apple tentu tidak bisa dihilangkah begitu saja. Agar tidak terlihat lagi pada bagian layar ponselnya, membuatnya tersembunyi sangat mungkin user lakukan melalui bermacam langkah.

Tak hanya supaya tampilan screen ponsel terlihat rapi, ringkas dan sedap pengguna padang, tujuan langkah tersebut juga melindungi baik privasi ataupun keamanan user masing-masing. Sebab kemungkinan terdapat baik apk maupun data penting tersimpan namun hendak Anda sembunyikan sehingga orang lain tidaklah mengetahuinya. Berikut ini tersaji bagaimana caranya sehingga app tersembunyi rahasia.

Para pengguna tentu bisa menerapkan dengan mudah cara untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone dan sangat mungkin menerapkan secara langsung untuk masing-masing ponsel pintarnya

  1. Aktifkan Layanan Restrictions Atau Pembatasan

iphone restriction

Langkah hidden apk untuk ponsel besutan Apple pertama adalah dengan mengaktifkan fitur bernama pembatasan atau restrictions. Caranya agar bisa aktif yaitu pergi ke menu pengaturan kemudian general lalu pembatasan dan mengaktifkan fiturnya. Sesudah menyelesaikan tahapan aktifkan pembatasan, berikutnya Anda harus mensetting kata sandi berdasarkan keinginan tersendiri. Kalau bisa tentukan password sulit dan tidak mudah orang tebak.

Kalau sudah selesai, tentukan apk yang hendak pengguna sembunyikan dengan langkah menggeser atau bernama lain disable tombol berwarna hijau. Kini aplikasinya pun sudah tersembunyi, meskipun begitu bukan mengartikan Anda tak bisa lagi mengaktifkannya lagi. Kalau hendak aktifkan kembali user cukup geser yakni enable ikon tepat di app hidden sebelumnya. Perlu ingat, kalau langkah-langkah tersebut untuk fitur bawaan iOS.

Selain langkah berikut, pengguna juga dapat menyembunyikan layanan yang sudah mereka unduh melalui App store namun sayang kalau terhapus. Agar bisa menyembunyikannya user perlu melakukan langkah pertama menuju pengaturan lalu berlanjut ke umum, berikutnya tekan restrictions dan pastikan kalau pembatasan telah aktif. Kalau sudah gulir layar kebawah kemudian mencari serta memilih allowed content dan tentukan aplikasinya.

Kalau hendak menyembunyikan seluruh apk unduhan sebelumnya tentukan pilihan terhadap don’t allow apps atau jangan mengizinkan aplikasinya. anda juga dapat menyembunyikan aplikasi pada ponsel berdasarkan nilai ratingnya. Agar mengetahui rating aplikasinya pengguna harus mengecek satu-satu melalui App store. Apabila telah selesai, user pun melihat pada home screen ponselnya dan otomatis aplikasi-aplikasi menghilang.

Apabila sudah seperti itu, otomatis pengguna tak lagi bisa menggunakan aplikasinya. Kalau mereka hendak memakai lagi bisa dengan mematikan fitur pembatasan lagi.

  1. Menarik App Menuju Bagian Dock Ponsel

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone

Langkah kedua agar menyembunyikan aplikasi dalam ponsel besutan Apple yaitu dengan menariknya ke bagian bernama dock atau terbawah pada home screen utama pada layarnya. Melalui cara tersebut, walaupun apk sudah tersembunyi, pengguna masih bisa memakainya. Bahkan mereka juga bebas menentukan pilihan aplikasinya tanpa terdapat penggolongan berdasarkan ratingnya. Berikut ini langkah guna melakukan penyembunyian :

  • Pertama pastikan pada tampilan layar utama sudah penuh oleh aplikasi-aplikasi termasuk bagian bernama dock atau tepat terbawah home screen
  • Letakkan aplikasi yang hendak Anda sembunyikan tepat di layar terdepan berbeda bukan utama.
  • Berikutnya tarik fitur di mana ingin penguna buat tersembunyi menuju home screen serta tempelkan tepat di apk-apk lainnya. Proses ini mirip seperti Anda gendak membuat folder lalu tahan beberapa detik saja jangan sampai terlebas.
  • Terakhir tarik menuju bagian dock ponsel otomatis aplikasinya pun menghilang.

Agar memakai atau mencari apk tersembunyi pengguna cukup mengetik tepat bagian tab untuk pencarian spotlight dengan mengusap ke arah bawah home screen ponselnya. Jika Anda hendak menampilkan lagi app tersembunyi hanya tinggal restart iPhone lalu secara otomatis aplikasinya pun tampil lagi. Semua langkah tersebut dapat user terapkan secara langsung pada semua tipe ponsel besutan Applenya.

Tak hanya menggunakan langkah-langkah itu saja sebab masih ada sejumlah langkah yang bisa pengguna pakai guna menyembunyikan apk pilihan berdasarkan kebutuhan ponsel sehingga tidaklah tampak di bagian laman utamanya. Mereka dapat memanfaatkan fitur bernama Content & Privacy Resrictions. Adapun layanan tersebut pengembang rancang guna mengontrol pemakaian misalnya membatasi ataupun memblokir konten, app maupun lainnya.

Memanfaatkan sistem berupa folder yang mereka tawarkan oleh laman utama iOS juga tidak kalah menarik untuk pengguna coba saat memerlukan hal serupa. Belum lagi langkah-langkahnya sendiri terbilang praktis serta mudah Anda manfaatkan. Melalui perilisan iOS 14, pilihan membuat aplikasi-aplikasi tersembunyi pun kian banyak. Salah satu bentuk dukungan baru ada App Library dengan layanan tersendiri.

Sehingga pengguna bisa memanfaatkannya guna mengelola bermacam ikon pada halaman utamanya. Tiap metode tentunya dapat menjadi pilihan menarik menjadi pertimbangan. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut rincian tentang bermacam cara membuat apk menjadi tersembunyi.

  • Langkah awal, pengguna bisa membuka laman settings dalam perangkat terkait.
  • Berikutnya masuk menuju bagian bernama screen time.
  • Tekan pilihan menu berupa Content & Privacy Restrictions.
  • Masukkan sandi Screen Time atau Passcode
  • Lanjutkan tahapan dengan memasuki sub menu Allowed Apps
  • Terakhir matikan jenis apk bawaan yang hendak Anda sembunyikan.

Perlu pengguna ingat kalau tahapan-tahapan tersebut hanya berlaku untuk membuat aplikasi bawaan tersembunyi misalnya Mail, Camera, Safari, FaceTime, sampai Wallet. Sedangkan pada layanan besutan pihak ketiga , mereka perlu memanfaatkan filter berupa batasan umur. Langkahnya sendiri  antara lain :

  • Pertama pengguna perlu membuka lagi halaman bertuliskan Content & Privacy Restrictions
  • Pastikan terlebih dahulu bahwa fitur tersebut sudah berstatus aktif.
  • Masuk menuju menu bernama Content Restrictions
  • Tekan pilihan Apps
  • Terakhir pilihlah filter umur menyesuaikan apk yang hendak user

Perhatikanlah sebelum masuk ke halaman tersebut sebaiknya pengguna melakukan pengecekan rating umur terhadap aplikasi pilihannya. Anda secara khusus bisa melakukan hal itu lewat laman produk dalam Apps Store. Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone pada dasarnya mudah saja pengguna lakukan tanpa harus menambah fitur tambahan.

Baca Juga: Cara Mengirim File dari PC ke iPhone

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment