Cara registrasi Telkomsel 2021

Cara registrasi Telkomsel 2021 – Cara registrasi telkomsel 2021 supaya bisa aktif dengan cepat. Tidak seperti dulu lagi, demi meningkatkan keamanan sistem maka kini semua orang harus melakukan registrasi dahulu saat beli nomor baru.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya peraturan ini bukan berasal dari pihak provider Telkomsel tetapi melainkan perintah dari pemerintah RI.

Semakin kesini pastinya akan semakin ketat karena meningkatnya fungsi dari nomor kartu sim itu sendiri. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari aksi kriminal seperti penipuan yang tidak bertanggung jawab.

Sebab kita tahu bahwa saat ini sudah ada banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab melakukan aksi penipuan dengan menggunakan nomor telkomsel.

Nah, apabila hal itu dibiarkan maka sudah pasti pihak keamanan akan sulit melacak si penipu tersebut karena bisa dengan leluasa menggunakan banyak nomor telkomsel yang berbeda-beda.

Maka dari itu jangan heran bahwa saat ini memang agak sedikit ribet ketika baru saja membeli nomor Telkomsel baru. Sebelum bisa mengaktifkannya maka anda harus registrasi dahulu dengan menggunakan data pribadi yang valid.

Dibalik proses yang sedikit merepotkan ini ternyata terdapat sejumlah manfaat yang akan anda dapatkan termasuk masyarakat luas.

Dengan demikian setiap nomor yang orang pakai saat ini akan mudah terlacak apabila nantinya terjadi sesuatu kasus tertentu. Nah, apabila anda baru saja membeli nomor telkomsel baru tapi tidak tau cara registrasinya maka silahkan simak terus pembahasan menarik berikut ini.

Dokumen yang diperlukan untuk keperluan registrasi

Cara registrasi Telkomsel 2021

Terdapat sejumlah dokumen agar anda bisa menggunakan nomor baru telkomsel tersebut. Syarat pertama sudah tentu anda adalah seorang warga negara Indonesia atau WNI yang sudah punya kartu tanda penduduk elektronik.

Atau lebih tepatnya NIK yang terdapat pada KTP tersebut guna mendaftar untuk mengaktifkan nomor perdana tersebut. Pengguna kartu Telkomsel baik itu kartu AS atau Simpati sama-sama harus sudah mempunyai NIK valid untuk registrasi nomor telkomsel.

Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi langkap ke pihak provider guna memberikan keamanan ketat supaya nomor ini nantinya bisa terlindungi.

Cara registrasi Telkomsel 2021

Cara registrasi Telkomsel 2021

Karena pada awalnya tidak ada aturan wajib untuk melakukan registrasi. Maka untuk nomor Telkomsel kartu lama saat baru beli perdana baru bisa langsung aktif tanpa melakukan registrasi sama sekali.

Maka dari itu kebijakan pemerintah telah menetapkan bagi pengguna nomor lama yang belum registrasi wajib melakukan pendaftaran ulang.

Apabila anda sebagai pengguna nomor Telkomsel lama belum melakukan registrasi maka nomor dari kartu tersebut tidak bisa digunakan lagi secara permanen.

Jadi sebisa mungkin untuk melakukan registrasi Telkomsel sekarang juga agar nomor tersebut bisa tetap aktif dan bisa anda gunakan tanpa ada masalah.

1. Cara registrasi Telkomsel 2021 untuk nomor lama

Yang harus anda lakukan hanyalah registrasi dengan menggunakan KTP. Silahkan siapkan kartu tanda penduduk anda yang valid guna memenuhi syarat yang diminta dari pihak provider yang dalam hal ini adalah Telkomsel sendiri.

Pastikan bahwa KTP tersebut adalah milik anda sendiri dan bukannya milik KTP orang lain meskipun masih kerabat dekat. Sebab hal ini nantinya dapat mempersulit anda ketika ingin melakukan pendaftaran pada aplikasi tertentu atau aktivitas lainnya.

Jadi jangan gunakan KTP milik orang lain melainkan gunakan KTP milik anda sendiri sesuai dengan nomor yang anda gunakan pada HP milik sendiri.

Untuk registrasi Telkomsel nomor lama maka cukup gunakan saja dengan format SMS berikut ini. Silahkan ketik ULANGNIK#Nomor KK#, dan kirim format tersebut ke 4444.

2. Cara praktis dengan registrasi online

Cara kedua berikut ini bisa lebih praktis dan cepat karena sudah secara online. Anda bisa melakukan registrasi online untuk daftar kartu Telkomsel baru agar bisa segera aktif.

Untuk caranya sendiri anda bisa mengunjungi web resmi dari Telkomsel yang bisa anda akses sendiri melalui url berikut ini.

https://www.telkomsel.com/en/registrasiprabayar

Silahkan buka web tersebut dengan browser seperti opera atau chrome atau firefox versi terbaru agar tampilan bisa seluruhnya terbuka.

Jangan lupa siapkan dokumen pelengkap seperti KTP dan kartu keluarga atau KK. Isikan NIK dan nomor KK sesuai yang tertera pada masing-masing kartu guna menyelesaikan proses registrasi nomor Telkomsel ini.

Isikan juga nomor telkomsel yang ingin anda registrasikan ini dengan benar agar proses bisa selesai. Jika sudah maka berikutnya anda akan menerima kode otp dari server web telkomsel tersebut.

Pastikan nomor telkomsel yang anda masukkan sudah benar agar bisa menerima kode otp tersebut. Buka inbox sms anda dan cari kode otp nya.

Salin kode otp tersebut untuk keperluan konfirmasi dan klik kirim, selesai. Nomor Telkomsel anda entah itu kartu halo, simpati atau AS sudah aktif sepenuhnya dan anda tidak akan kena blokir.

Bagaimana jika tidak punya kartu KK ?

Cara tadi memang sangat mudah untuk registrasi kartu telkomsel bagi yang sudah punya KK dan KTP. Lalu muncul persoalan juga tentang bagaimana cara registrasi Telkomsel 2021 jika tidak punya KK ?

Seperti kita ketahui bersama bahwa hingga tahun 2021 ini memang pemerintah semakin mengetatkan aturan guna meningkatkan keamanan dan manajemen yang lebih baik.

Jadi bukan hanya untuk kepentingan dari Telkomsel saja melainkan juga dari seluruh data lain yang saling terintegrasi. Membuat KK saat ini sangatlah mudah, jadi ada baiknya untuk meluangkan waktu mengurus KK karena prosesnya tidak lama seperti dahulu lagi.

Bahkan di beberapa tempat atau daerah sudah bisa mengurus Kartu Keluarga dengan online yang pastinya cepat sekali. Nah, untuk anda yang memang benar-benar bermasalah sekali dengan no KK karena tidak punya atau karena hal lain maka bisa gunakan cara lain.

Anda bisa kunjungi beberapa konter penjual nomor perdana atau yang biasa tempat isi pulsa untuk menanyakan nomor perdana yang sudah aktif.

Sebab biasanya hingga saat ini masih ada yang menjual nomor perdana aktif Telkomsel. Atau bisa juga anda beli kartu perdana secara online dan minta diaktifkan sekalian.

Dengan demikian maka anda tidak perlu melakukan registrasi lagi karena nomor telkomsel sudah secara otomatis aktif dan anda bisa langsung memakainya.

Resiko memakai kartu Telkomsel yang sudah aktif

Cara registrasi Telkomsel 2021

Dalam hal kepraktisan memang tidak perlu melakukan registrasi ulang lagi karena anda membeli nomor kartu Telkomsel sudah dalam keadaan aktif.

Namun ada hal yang sebaiknya anda ketahui bahwa nomor kartu yang sudah aktif terdaftar dari penjualnya bisa mendatangkan jumlah resiko.

Contohnya saat anda ingin menjalankan aplikasi tertentu dan membutuhkan verfikasi data nomor HP dan KK serta KTP yang anda punya.

Hal ini tentunya akan menjadi masalah mengingat data yang anda berikan nantinya tidak sama. Oleh karena itu sebaiknya anda beli kartu baru dan aktifkan dengan melakukan registrasi milik data KTP dan KK sendiri.

Baca Juga : Paket Nelpon Telkomsel

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment