Cara Scan Foto di HP

Cara Scan Foto di HP Biasanya scan foto dilakukan menggunakan mesin khusus, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Tapi kini sudah banyak HP yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas scan foto. Cara scan foto di HP dengan mudah berikut bisa Anda ikuti panduannya. Harapannya, Anda tidak kesulitan lagi ketika membutuhkan scanning foto lebih cepat.

Melakukan scan foto bisa dilakukan menggunakan HP Android, sebab sudah tersedia banyak cara untuk melakukannya. Untuk HP jenis OS lain seperti iOS, Anda tidak disarankan menggunakan beberapa cara di bawah ini.

Melakukan scan menggunakan HP Android tidak hanya mudah, namun juga lebih praktis. Panduan di bawah ini berisi tiga cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yakni:

Cara Scan Foto di HP

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan scanning foto di Android. Aplikasi ini juga tersedia di Play Store, sehingga membuat proses unduh dan pemasangan lebih mudah dilakukan.

Salah satu aplikasi scanning foto yang mudah digunakan adalah Simple Scanner. Ukuran Simple Scanner juga cukup kecil, Anda bisa menggunakannya untuk HP berkemampuan menengah sekalipun. Berikut adalah cara mudah untuk melakukan scanning foto dengan Simple Scanner.

  1. Unduh aplikasi Simple Scanner terlebih dahulu dan pasang di perangkat Anda.
  2. Cara scan foto di HP dengan mudah selanjutnya adalah membuka aplikasi, kemudian klik ikon kamera yang tersedia di menu utama.
  3. Jika sudah, scan atau foto objek yang dibutuhkan. Ketika proses scanning sudah selesai, Anda bisa mencentang ceklis di bawahnya.
  4. Tersedia fitur edit yang bisa Anda gunakan, fitur edit ini akan membantu Anda untuk mengubah warna ataupun memotong bagian scan yang tidak perlu.
  5. Jika ingin menyimpan di Galeri, klik dokumen yang sudah di scan dan pilih menu Dokumen.
  6. Terdapat tiga titik di bagian atas layar sebagai pengaturan, pilih menu tersebut.
  7. Tersedia pilihan penyimpanan galeri, pilih fitur tersebut.

Anda sudah selesai menyimpan gambar dan melakukan scanning dengan Simple Scanner. Anda juga bisa menggunakan aplikasi sejenis yang akan membantu Anda melakukan scan foto dengan lebihi mudah.

  • Cara Scan Foto di HP, Tanpa Aplikasi

Cara Scan Foto di HP

Cara selanjutnya adalah melakukan scanning foto tanpa menggunakan aplikasi. Saat ini sudah tersedia beberapa HP yang memiliki fitur scanning. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan proses scanning.

Namun jika ponsel yang Anda gunakan tidak menyediakan fitur ini, Anda bisa menggunakan cara pertama. Cara scan foto di HP dengan mudah sebelumnya sepertinya memang lebih cocok untuk Anda jika fitur scanning bawaan memang tidak tersedia di perangkat Anda.

Cara melakukan scanning tanpa menggunakan aplikasi penunjang tidak begitu sulit, berikut adalah panduannya:

  1. Buka menu kamera yang ada di HP Android.
  2. Pilih menu scanning, kemudian arahkan kamera ke bagian dokumen yang ingin di scan.
  3. Klik menu pindai, tunggu sampai proses selesai.
  4. Jika ingin mengedit, simpan dulu dokumen tersebut dengan memilih menu simpan.
  5. File sudah tersimpan di galeri dan bisa Anda edit sesuai dengan kebutuhan.

Selain menggunakan fitur kamera, beberapa ponsel juga menyediakan fitur pindai otomatis di luar kamera. Jadi Anda bisa menggunakan fitur tersebut tanpa perlu susah payah menyeting pengaturan di dalam kamera. Caranya tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya, yakni:

  1. Pilih menu Scanner atau Pindai di ponsel yang Anda gunakan.
  2. Buka menu tersebut, kemudian siapkan dokumen yang ingin dipindai.
  3. Cara scan foto di HP dengan mudah selanjutnya adalah melakukan pemindaian. Pindai dokumen dan simpan dengan memilih menu centang atau simpan yang tersedia.
  4. Jika sudah tersimpan, buka galeri ponsel Anda dan edit file gambar sesuai dengan kebutuhan.
  • Secara Online

Kini sudah tersedia banyak situs yang akan memudahkan Anda untuk melakukan scanning secara daring. Situs situs ini akan membantu Anda melakukan scanning tanpa aplikasi, sehingga lebih mudah karena tidak perlu menambah beban di penyimpanan ponsel.

Salah satu website yang bisa Anda gunakan untuk melakukan scanning foto adalah onlinecamscanner.com. Situs ini bisa diakses dengan mudah di berbagai browser dan perangkat Android yang Anda gunakan. Sedangkan cara untuk melakukan scanningnya tidak sulit, berikut adalah panduannya.

  1. Cara scan foto di HP dengan mudah yang pertama adalah mengunjungi website tersebut.
  2. Setelah berhasil masuk, pilih menu scan, kemudian Anda akan ditawari untuk melakukan scan dengan kamera. Pilih opsi tersebut untuk memudahkan proses scanning.
  3. Akan muncul kotak kamera perizinan, izinkan dan pilih OK untuk melanjutkan.
  4. Siapkan dokumen atau objek yang ingin di scan.
  5. Lakukan scanning dengan menggunakan kamera Anda.
  6. Edit gambar sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa memotong bagian yang tidak diperlukan sebelum menyimpan.
  7. Sesuaikan hasil ukuran scan dengan kebutuhan. Jika sudah selesai, pilih menu download yang tersedia.
  8. Pilih format penyimpanan, Anda bisa menggunakan format eksistensi jpg, png ataupun pdf yang disediakan oleh website ini.
  9. Jika sudah memilih file, Anda bisa langsung mengunduh file scan tersebut dan menyimpannya di galeri.
  • Cara Scan Foto di HP, Dengan Google Drive

Cara Scan Foto di HP

Cara terakhir adalah melakukan scanning menggunakan Google Drive. Aplikasi Drive biasanya tersedia hampir di semua ponsel Android. Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk memudahkan proses scanning dokumen.

Cara menggunakan aplikasi ini untuk scan foto di HP dengan mudah ternyata tidak begitu rumit. Berikut adalah panduan bagaimana cara melakukannya secara rinci, yakni:

  1. Buka aplikasi Google Drive yang Anda miliki, kemudian pilih ikon+ yang tersedia di menu utamanya.
  2. Tersedia fitur pindai yang bisa Anda manfaatkan, klik pindai untuk memulai proses scanning.
  3. Pindai dokumen yang ingin Anda digitalkan, Anda akan menggunakan kamera ponsel untuk melakukan pemindaian objek.
  4. Lakukan pemindaian secara menyeluruh, jika sudah pilih OK yang tersedia di bawah layar.
  5. File akan tersimpan sementara, Anda bisa melakukan editing dalam bagian ini. Potong bagian yang tidak diperlukan, sehingga dokumen lebih rapi dan sesuai kebutuhan.
  6. Jika sudah selesai, cara scan foto di HP dengan mudah adalah menyimpan dokumen. Simpan dengan memilih menu OK atau Simpan yang tersedia pada halaman editing.

File sudah tersimpan di Google Drive, Anda bisa mengunduhnya untuk digunakan. Cara ini lebih mudah karena Anda tidak perlu menyediakan ruang khusus di penyimpanan ponsel untuk menyimpan foto yang sudah di scan sebelumnya.

Beberapa cara scan foto di HP dengan mudah diatas semoga bisa membantu Anda, terutama yang memang kesulitan dalam melakukan scan foto di HP. Anda bisa menggunakan cara lain yang sekiranya lebih mudah, agar proses scanning bisa dilakukan lebih efisien dan cepat.

Baca Juga : Kinemaster Diamond untuk Kamu yang suka edit foto dan video

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment