Cara Top Up LinkAja

Cara Top Up LinkAja  – Di jaman sekarang ini, seseorang tidak perlu merasa bingung lagi apabila ingin berbelanja cemilan maupun lainnya. Mengapa demikian? Karena saat sekarang ini sudah ada Alfamart dan juga Indomaret. Bahkan seseorang juga dapat melakukan top up LinkAja di toko tersebut. Lantas bagaimana cara top up LinkAja di Alfamart dan Indomaret dengan mudah?

Hal yang Perlu DIperhatikan Sebelum Top Up LinkAja

Cara Top Up LinkAja

Sebelum mengetahui bagaimana cara top up LinkAja di Alfamart dan Indomaret dengan mudah, tentu ada syarat yang harus dipenuhi. Dimana persyaratan yang harus dipenuhi ini tentunya tidak terlalu sulit. Lalu persyaratan apa saja yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkap terkait syarat tersebut:

1. Cara Top Up LinkAja, Menyediakan Biaya Administrasi

Apabila melakukan top up atau pengisian saldo di toko tersebut tentu akan dikenakan biaya administrasi. Dimana biaya administrasi ini memang harus dibayar oleh pengunjung yang bersangkutan. Sedikit informasi bahwasanya biaya administrasi ini dapat diartikan sebagai biaya yang dibebankan kepada pengguna dengan tujuan tertentu.

Adapun tujuan dari biaya administrasi yang dibayar oleh pengunjung yakni untuk melaksanakan kegiatan usaha. Biaya admin tersebut sudah meliputi biaya staf yang bekerja di toko, biaya pembukuan, dan lain sebagainya. Memang itu tujuan dari adanya pembayaran biaya admin yang kerap kali dibebankan.

2. Menyediakan Dana untuk Top Up

Selain menyediakan biaya untuk administrasi, pengunjung juga harus menyediakan biaya top up. Dimana biaya untuk top untuk Alfamart dan Indomaret tentunya sedikit berbeda. Apabila ingin melakukan top up di Indomaret maka dana yang harus disediakan minimal Rp10.000 saja. Memang minimal top up di toko ini tidak terlalu besar.

Berbeda halnya jika melakukan top up di Alfamart tentu sedikit lebih besar. Dimana biaya yang harus disediakan minimal Rp20.000. Olehnya itu, pengguna LinkAja harus menentukan tempat top up yang akan dikunjungi. Dengan begitu, pengguna bisa menyediakan biaya yang dibutuhkan nantinya untuk mengisi saldo.

3. Cara Top Up LinkAja, Membuat Token Terlebih Dahulu

Nah, apabila tidak ingin repot dan menunggu waktu yang lama sebaiknya membuat token terlebih dahulu sebelum maju ke meja kasir. Dimana barcode dari token inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengisi saldo atau melakukan top up. Cara yang dilakukan untuk membuat token tidak terlalu sulit.

Dimana pengunjung bisa membuat token menggunakan aplikasi saja yang diunduh. Nama aplikasi tersebut adalah aplikasi LinkAja kemudian masuk ke bagian menu Isi Saldo. Setelah itu, pilih metode pembayaran yang diinginkan yakni pembayaran di Alfamart atau Indomaret. Nantinya pihak kasir akan menanyakan berapa nominal saldo yang diinginkan.

Cara Top Up LinkAja

Cara Top Up LinkAja

Melakukan top up untuk aplikasi LinkAja memang ada beberapa cara. Dimana cara yang dimaksud ini seperti melakukan top up melalui toko yakni Alfamart maupun Indomaret. Cara top up nya pun cukup mudah dilakukan oleh pengguna. Adapun cara top up LinkAja di Alfamart dan Indomaret akan dibahas pada penjelasan berikut:

1. Mendatangi Alfamart atau Indomaret Terdekat

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendatangi toko Alfamart maupun Indomaret terdekat. Seperti yang diketahui bahwasanya kedua nama toko ini tentunya kerap kali didengar oleh masyarakat Indonesia. Memang kedua nama toko tersebut sudah tersebar banyak di berbagai daerah yang ada.

Dimana Alfamart maupun Indomaret bukan hanya ditemukan di perkotaan, namun dapat pula ditemukan di daerah terpencil. Dengan begitu, seseorang tidak perlu khawatir jika ingin melakukan top up LinkAja melalui kedua minimarket yang dimaksud. Selain itu, jika ingin mengunjungi toko ini bisa jalan kaki maupun naik kendaraan.

2. Membuka Aplikasi LinkAja

Apabila seseorang sudah sampai di toko Alfamart atau pun Indomaret, maka buka aplikasi LinkAja yang dimiliki. Memang cara top up LinkAja di Alfamart dan Indomaret dengan membuka aplikasi terlebih dahulu. Jika belum mempunyai aplikasi LinkAja, pengguna bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Dimana cara mendownloadnya pun cukup mudah dilakukan.

Caranya adalah membuka PlayStore terlebih dahulu yang terdapat pada smartphone. Setelah itu, ketik di kolom pencarian LinkAja dan tunggu hingga proses pencarian berhasil. Nantinya logo dari aplikasi ini didominasi oleh warna merah. Apabila aplikasi sudah diinstal maka lakukan pendaftaran untuk masuk ke halaman awal.

3. Cara Top Up LinkAja , Klik Menu Isi Saldo

Jika sudah membuka aplikasi dari LinkAja, nantinya akan disediakan beberapa pilihan menu yang dapat di klik oleh pengguna. Dimana menu yang disediakan berdasarkan dengan kebutuhan dari pengguna. Adapun menu yang disediakan seperti menu Kirim Uang, Isi Saldo, Kode Tiket, dan sebagainya. Menu ini dapat ditemukan pada bagian atas.

Nah, apabila ingin melakukan top up maka pengguna harus memilih menu Isi Saldo. Dimana menu Isi Saldo ini dilambangkan dengan simbol segi empat dan tercantum tulisan Rp di dalamnya. Jika menu tersebut sudah di klik, maka nantinya akan ditampilkan beberapa jenis metode pembayaran yang akan digunakan untuk mengisi saldo.

4. Klik Merchant & Mitra LinkAja

Setelah mengklik menu Isi Saldo, nantinya akan ditampilkan beberapa pilihan metode pembayaran yang ingin digunakan. Dimana metode pembayaran yang ditampilkan seperti Transfer dari Bank, Bank Syariah, Merchant & Mitra LinkAja, dan sebagainya. Nah, jika pengguna ingin mengisi saldo di Alfamart atau Indomaret maka pilih Merchant & Mitra LinkAja.

Untuk mendapatkan menu tersebut, nantinya dapat ditemukan pada bagian ke empat setelah menu Kartu Kredit. Adapun simbol yang digunakan oleh menu ini yakni gambar perempuan dengan gambar komputer di sampingnya. Maksud dari simbol tersebut adalah pembayaran dilakukan di kasir toko Alfamart atau Indomaret.

5. Cara Top Up LinkAja , Membuat Token dan Dapatkan Barcode

Jika sudah mengklik menu Merchant & Mitra LinkAja, nantinya ada pilihan lagi. Dimana pilihan tersebut yakni Buat dan Cari Merchant & Mitra Terdekat. Nantinya pengguna harus memilih menu Buat Token dengan beberapa persyaratan. Adapun persyaratannya yakni memasukkan kode PIN yang dibuat pada saat membuat akun LinkAja.

Olehnya itu, pada saat membuat PIN sebaiknya memasukkan angka yang mudah untuk diingat. Apabila sudah memasukkan PIN tersebut, maka nantinya akan muncul token berupa barcode. Barcode tersebut hanya berlaku 5 menit saja sehingga pengguna harus membuat token ini di toko Alfamart atau Indomaret yang dikunjungi.

6. Memperlihatkan Barcode di Meja Kasir

Cara top up LinkAja di Alfamart dan Indomaret selanjutnya adalah dengan memperlihatkan barcode yang didapat. Tunjukkan barcode tersebut kepada kasir dan beritahu apa tujuan pengguna. Dimana tujuan pengguna adalah untuk melakukan top up di aplikasi LinkAja melalui barcode yang didapatkan pada saat buat token.

Setelah itu, nantinya kasir akan menanyakan berapa nominal saldo yang diinginkan oleh pengguna. Dimana nominal saldo tersebut bisa Rp50.000, Rp100.00, dan bahkan lebih dari jumlah tersebut. Apabila sudah selesai menyebutkan nominal yang diinginkan, maka lakukan pembayaran berdasarkan nominal tersebut. Bayar kepada kasir dan tunggu bukti pembayaran.

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan persyaratan yang harus dipenuhi pengunjung yang ingin melakukan top up LinkAja. Selain itu, ada pula beberapa cara top up LinkAja di Alfamart dan Indomaret yang dapat dilakukan dengan mudah. Memang cara tersebut tidak sulit dilakukan oleh pengguna LinkAja.

Baca Juga : Cara Mengisi Saldo OVO

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment