Cara Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android 

Cara Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android – Jika bertanya mengenai aplikasi chatting yang banyak memiliki pengguna, Anda tentu akan langsung mengarah pada WhatsApp, bukan? Ya, sebagai salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat di Indonesia, WhatsApp (WA) belakangan ini turut menghadirkan beberapa fitur terbaru di dalamnya. Hadirnya fitur terbaru ini tentu saja tidak terlepas dari tujuan utama pihak WA dalam memudahkan pengguna menikmati kemudahan-kemudahan menggunakan aplikasi berlogo telepon tersebut, bukan?

Adapun salah satu fitur terbaru yang dihadirkan oleh pihak WhatsApp ini yakni pengguna dapat melakukan transfer riwayat transfer chat dari perangkat iPhone ke Android. Lantas tahukah Anda bagaimana cara transfer chat WhatsApp iPhone ke Android yang bisa dilakukan oleh semua pengguna WA? Bagi Anda yang mungkin masih terasa asing dengan fitur ini dan ingin tahu lebih lengkapnya bisa menyimak informasi lebih detailnya di ulasan berikut ini.

Tentang Fitur Transfer Chat WhatsApp

Sebelum Anda mengetahui mengenai bagaimana cara mudah melakukan transfer chat WhatsApp, ada baiknya untuk mengenal lebih dulu tentang fitur populer yang satu ini. Fitur transfer chat WhatsApp sendiri umumnya merupakan salah satu layanan terbaru yang dirilis oleh pihak pengembang dan diberikan kepada pengguna untuk memindahkan riwayat chat WA dari salah satu perangkat ponsel ke perangkat ponsel yang lain. Adapun riwayat perpesanan ini bisa berupa teks percakapan maupun gambar.

Menurut keterangan dari pihak CEO WhatsApp yakni Will Cathcart mengatakan di akun Twitter milik pribadinya bahwa fitur transfer riwayat obrolan WA tersebut tersedia pertama kali di perangkat terbaru Samsung. Tujuan dari perilisan fitur trebaru WhatsApp ini yakni untuk menjaga riwayat obrolan agar tetap aman dengan adanya enkripsi dari ujung ke ujung. Selain itu, fitur ini juga berfungsi dengan perangkat Samsung dan alat transfer Samsung sendiri yang dikenal dengan istilah Smart Switch.

Adapun Smart Switch ini nantinya akan memudahkan pengguna dalam melakukan transfer nomor kontak hp, gambar / foto, musik, pesan, catatan, kalender dan lain sebagainya ke perangkat Samsung yang lain. Bahkan yang menariknya lagi, pengguna juga bisa melakukan pemindahan foto dan pesan suara dari berbagai platform.

Cara Menggunakan Fitur Transfer Chat WhatsApp?

Cara Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android 

Meskipun telah hadir di kalangan masyarakat sebagai fitur terbaru yang bisa memudahkan pengguna dalam melakukan chatting dengan mudah dan cepat, nyatanya tidak semua pengguna yang tahu akan fitur populer yang satu ini. Bahkan, masih ada pengguna yang belum tahu menahu mengenai bagaimana cara menggunakan fitur pemindahan riwayat obrolan WA yang satu. Padahal jika dilihat dari penggunaannya sendiri, fitur ini cukup mudah untuk digunakan bagi seluruh pengguna.

Pada umumnya, menggunakan fitur transfer chat WA ini bisa dilakukan dengan mudah. Dimana, pengguna hanya cukup dengan menghubungkan perangkat lama dan baru dengan menggunakan kabel USB-C dan meluncurkan Smart Switch. Setelah itu, ponsel baru nantinhya akan meminta pengguna untuk melakukan pemindaian kode QR menggunakan ponsel lama. Jika sudah, maka proses selanjutnya yakni tinggal melakukan ekspor riwayat obrolan WhatsApp Anda. Adapun untuk menyelesaikan proses transfer obrolan ini, pengguna nantinya akan diminta untuk masuk terlebih dahulu ke WhatsApp di perangkat baru dan mengimpor pesan.

Cara Transfer Paling Gampang 

Cara Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android 

Dengan Melakukan Ekspor Chat Melalui Email

Salah satu cara paling mudah dan cepat yang bisa Anda pilih dalam melakukan transfer riwayat obrolan WhatsApp dari perangkat iPhone ke perangkat Android yakni dengan bantuan layanan email yang tersedia di berbagai ponsel. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam melakukan pemindahan chat WhatsApp antara lain sebagai berikut :

  1. Pertama, Anda buka aplikasi WhatsApp yang telah terpasang di perangkat iPhone.
  2. Jika sudah, klik pada menu setting / pengaturan di perangkat iPhone yang dipakai.
  3. Selanjutnya, Anda tinggal klik di bagian chat – ekspor chat.
  4. Jika sudah, nantinya akan muncul opsi pilihan ekspor chat dengan menggunakan media atau tanpa media.
  5. Di pilihan ini, Anda tinggal menentukan chat mana yang akan Anda pindahkan
  6. Kemudian, Anda tinggal pilih email yang dipakai pada perangkat Android.
  7. Langkah selanjutnya, buka email pada perangkat Android. Nantinya, Anda dapat melihat mengenai riwayat chat yang sebelumnya sudah diekspor.
  8. Penting untuk diketahui bahwa dengan menggunakan ekspor chat via email ini Anda hanya bisa melihatnya saja tanpa bisa melakukan sinkronisasi chat di perangkat Android.

Dengan Cara Backup Chat

Tidak hanya menggunakan layanan email saja, proses melakukan pemindahan chat WhatsApp nyatanya juga bisa dilakukan dengan menggunakan proses backup chat. Untuk melakukan proses backup riwayat obrolan di aplikasi WA ini perlu cara yang tepat agar nantinya tidak mengganggu aktivitas chatting pengguna. Oleh karena itu, dalam melakukan proses pemindahan ini Anda harus memperhatikan beberapa hal penting di antaranya yakni sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan cara membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di perangkat iPhone.
  2. Setelah itu, Anda tinggal pilih menu setting / pengaturan – chat chat backup backup now.
  3. Kemudian, Anda tinggal menunggu sampai proses backup selesai dilakukan dengan sempurna.
  4. Jika hal itu telah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya yakni lakukan proses logout aplikasi WhatsApp di perangkat iPhone.
  5. Disini, Anda buka aplikasi WhatsApp yang berada di perangkat Android.
  6. Setelah itu, Anda tinggal lakukan proses login dengan menggunakan akun WhatsApp yang Anda pakai sebelumnya di perangkat iPhone.
  7. Lalu, ketuk pada menu restore dan tunggu hinggal proses selesai Nantinya, seluruh chat akan secara otomatis berpindah ke perangkat Android.

Dengan Aplikasi Tambahan

Selain menggunakan email dan proses backup chat, Anda yang ingin melakukan pemindahan riwayat chat juga bisa menggunakan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi tambahan yang bisa Anda pakai untuk melakukan transfer chat yakni MobileTrans yang bisa memindai riwayat chat WhatsApp dari perangkat iPhone ke Android melalui PC. Untuk langkah-langkah yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut :

  1. Download aplikasi MobileTrans di PC.
  2. Setelah itu, Anda pilih WhatsApp Transfer dan hubungkan perangkat iPhone ke PC.
  3. Lalu, pilih Transfer WhatsApp Messages dan tunggu sampai perangkat terdeteksi.
  4. Apabila hal itu sudah selesai, maka nantinya akan muncul iPhone pada jendela Source.
  5. Kemudian, Anda lakukan langkah sama dengan menghubungkan perangkat Android ke PC sampai terdeteksi.
  6. Terakhir, Anda tinggal ketuk Start lalu Yes untuk mulai memindahkan data chat sampai prosesnya selesai.

Demikiahlah ulasan lengkap bagi Anda mengenai 3 cara transfer chat WhatsApp iPhone ke Android yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, maka proses pemindahan riwayat chat WhatsApp bisa Anda lakukan tanpa perlu bingung caranya.

Baca Juga : Cara Mengirim File Dari PC ke iPhone

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment