Cara Transfer Dana ke Dana

Cara Transfer Dana ke Dana – Dana merupakan aplikasi dompet digital yang saat ini mulai sering digunakan masyarakat. Jika menggunakan aplikasi ini, maka orang tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Uang yang ada dalam aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya transfer. Cara transfer Dana ke Dana bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Setiap metode pastinya memiliki langkah yang berbeda. Maka dari itu, bagi yang ingin mentransfer uang di Dana ke rekening Dana lain harus memahami detail langkah yang akan diberikan. Penasaran apa saja cara yang bisa diaplikasikan? Berikut adalah uraian dan penjelasan setiap langkah yang ada dan bisa dilakukan:

Mentransfer Uang Memakai Fitur Nomor Telepon

Cara Transfer Dana ke Dana

Metode atau cara transfer Dana ke Dana pertama yang bisa diaplikasikan adalah menggunakan fitur pengiriman ke nomor telepon. Untuk melakukan proses ini, pastikan aplikasi Dana sudah ada di perangkat. Jika tidak ada, maka proses tidak bisa dilakukan dengan media lain. Berikut adalah rentetan langkah dari metode yang bisa dipakai:

1. Buka Aplikasi Dana dan Pilih Metode Transfer

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Dana. Pastikan untuk masuk ke aplikasi dengan username dan sandi yang dimiliki. Setelah masuk ke aplikasi, maka pengguna bisa melihat halaman menu utama. Pada halaman tersebut, maka ada menu “Kirim” yang bisa dipencet untuk melanjutkan langkahnya.

Untuk melakukan transfer, maka akan diberikan beberapa metode berbeda. Pada metode kali ini, pengguna bisa memilih “Kirim ke Nomor Telepon” untuk melanjutkan langkah. Dengan memencet menu ini, maka akan langsung diarahkan ke menu lainnya untuk memasukkan nomor yang akan dituju untuk keperluan transfer.

2. Masukkan Nomor dan Tambahkan Nominal Transfer

Selanjutnya, pengguna bisa memasukkan nomor telepon yang akan dijadikan tujuan transfer. Pencet saja kolom dengan warna kuning bertuliskan “Kirim ke Nomor Telepon” yang ada di layar. Masukkan tujuan dengan benar. Jika ada kesalahan, maka proses pengiriman bisa saja mengarah ke orang lain yang berbeda.

Pada langkah ini, masukkan juga nominal transfer yang ingin dikirim. Masukkan angka sesuai dengan kebutuhan transfer. Coba cek secara berkala jika sudah memasukkannya. Jika ada kesalahan, pastikan untuk melakukan perubahan. Jika sudah, pencet tombol “Lanjut” untuk melanjutkan proses yang dibutuhkan.

3. Tambah Pesan Singkat dan Konfirmasi Transaksi

Apabila sudah melakukan penambahan nominal transfer, maka langkah lanjutan adalah dengan menambahkan pesan singkat. Pengisian ini opsional. Jadi jika tidak ingin menambah pesan singkat, juga tidak akan berpengaruh pada proses yang dilakukan. Setelah semua selesai, pencet tombol “Kirim Dana”.

Sebelum dana benar-benar dikirimkan, maka pengguna harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Layar akan menampilkan halaman konfirmasi. Pastikan untuk membaca semua detail satu per satu dengan teliti. Jika ada kesalahan, segera benahi. Namun jika sudah benar, langsung saja pencet tombol “Konfirmasi”.

4. Cara Transfer Dana ke Dana, Masukkan PIN

Langkah terakhir adalah memasukkan PIN. Kode Pin merupakan kode unik sebagai sandi untuk melakukan transaksi. Pastikan untuk memasukkan PIN dengan benar dan tanpa kesalahan. Jika sudah, maka pengguna bisa memencet tombol “Lanjutkan” untuk menyelesaikan proses transfer ke akun Dana tujuan.

Cara Transfer dengan Kode QR

Cara Transfer Dana ke Dana

Cara transfer Dana ke Dana lain yang bisa dipakai adalah dengan memanfaatkan kode QR. Jika menggunakan metode ini, tentu ada langkah tertentu yang wajib diaplikasikan. Metode ini tergolong mudah dan praktis karena tidak perlu memasukkan nomor tujuan. Berikut adalah urutan langkah yang diperlukan:

1. Masuk ke Aplikasi dan Buka Menu Kirim

Langkah pertama juga dimulai dengan masuk ke aplikasi Dana. Setelah itu, buka menu “Kirim” yang ada di halaman utama. Jika sudah, maka pengguna harus memencet pilihan “Scan Via QR Code”. Dengan memilih pilihan ini, maka pengguna bisa langsung menuju menu untuk melakukan scan kode yang dipakai.

2. Scan Kode QR dari Akun Tujuan

Jika muncul halaman untuk scan, maka langsung saja arahkan kamera bagian belakang ke kode QR milik teman yang dituju. Proses scan harus dilakukan dengan baik. pastikan kotaknya pas agar tidak memerlukan waktu yang lama. Kode QR milik teman ini bisa didapat dari aplikasi Dana yang dipakai oleh orang yang bersangkutan.

3. Cara Transfer Dana ke Dana, Tambahkan Nominal Dana yang Akan Dikirim

Jika sudah selesai scan kode, maka layar akan menampilkan halaman menu baru untuk memasukkan nominal uang. Tambahkan jumlah uang yang ingin ditransfer ke nomor tujuan. Setelah itu, pencet tombol “Lanjut” dan akhiri dengan memencet tombol “Kirim Dana”. Dengan demikian, proses hampir selesai.

4. Lakukan Konfirmasi pada data yang Dimasukkan

Langkah terakhir untuk proses ini adalah melakukan konfirmasi. Pastikan semua urutan data yang diinput sudah benar dan sesuai dengan data. Jika ada kesalahan, maka harus dilakukan pembenaran terlebih dahulu. Sedangkan jika sudah benar, maka langsung saja pencet tombol “Konfirmasi” dan masukkan PIN yang dipakai.

Metode Transfer dengan Menggunakan Fitur Chat

Metode terakhir yang bisa diaplikasikan adalah dengan memakai fitur chat. Langkah ini juga tergolong mudah, sehingga banyak orang yang memilih metode ini. penasaran bagaimana cara transfer Dana ke Dana dengan metode chat? Berikut adalah urutan langkah beserta dengan uraian yang bisa dipakai dengan mudah:

1. Cara Transfer Dana ke Dana, Masuk ke Aplikasi Dana dan Pilih Metodenya

Seperti biasa, tahap pertama adalah masuk ke aplikasi Dana kemudian langsung masuk ke menu “Kirim”. Pada menu ini, pengguna harus memilih “Kirim ke Chat” untuk melanjutkan. Maka pengguna akan langsung diarahkan ke halaman baru untuk melanjutkan proses yang dibutuhkan untuk proses transfer.

2. Tambahkan Nominal Uang yang Akan Ditransfer

Jika sudah masuk ke menu chat, maka pengguna harus memasukkan nominal yang dibutuhkan. Proses ini memang berbeda dengan yang lainnya. Jika metode lain harus memasukkan nomor atau akun lain terlebih dahulu, maka metode ini harus memasukkan nominal terlebih dahulu. Selanjutnya pencet tombol “Kirim Dana”.

3. Cara Transfer Dana ke Dana, Lakukan Konfirmasi dan Masukkan PIN

Jika proses selesai, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengkonfirmasi semua data yang ada. Lalu lanjutkan dengan memasukkan PIN yang dimiliki. Proses ini tidak memerlukan waktu yang lama. Asal PIN sudah dihafalkan dan data sudah benar, maka proses akan lebih cepat karena tidak memerlukan perubahan.

4. Bagikan Link Transfer ke Orang Tujuan

Langkah terakhir pada metode ini adalah dengan membagikan link ke orang yang akan dikirimi uang melalui Dana. Link bisa dibagikan via Line, WhatsApp, Facebook, atau media sosial lainnya. Caranya hanya memencet “Share It”, lalu pilih media sosial yang akan dipakai untuk membagikan link atau tautannya.

Setiap metode atau cara transfer Dana ke Dana di atas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. Jika ingin mudah, maka bisa memakai metode scan kode QR karena tidak perlu memasukkan nomor. Namun jika pemilih nomor tujuan jauh, maka bisa memakai metode pertama atau ketiga untuk mulai diaplikasikan.

Baca Juga : Cara Menggunakan PeduliLindungi Lewat DANA

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment