Cara Transfer Gopay ke Gopay, Bisa dengan 2 Opsi Ini

Cara Transfer Gopay ke Gopay, Bisa dengan 2 Opsi Ini – Gopay merupakan metode pembayaran yang dibuat oleh platform ojek online bernama Gojek. Saat ini Gopay menjadi alat untuk membayar non tunai yang bisa dibagikan ke orang lain. Pengguna bisa melakukan cara transfer Gopay ke Gopay untuk membagikan saldonya. Hal ini akan berguna jika kehabisan saldo dan memerlukan tambahan secara cepat dari pemilik akun Gopay lain.

Belum banyak yang mengetahui bahwa saldo dari Gopay bisa dibagikan ke pengguna Gojek yang lain. Langkahnya cukup sederhana dan dapat terkirim lebih cepat, karena ke sesama pemakai platform Gojek. Untuk transfer ke sesama Gopay, pengguna perlu memperbarui Gopaynya terlebih dahulu. Inilah info lengkap mulai persyaratan hingga caranya:

Cara Upgrade Aakun ke Gopay Plus

Cara Transfer Gopay ke Gopay

Sebelum mengirimkan saldo menuju pengguna Gopay lain, ada syarat wajib yang perlu dipahami yaitu memperbarui akun menjadi Gopay plus. Apabila syaratnya tidak terpenuhi, pengiriman saldo tidak bisa diproses. Untuk upgrade menjadi Gopay plus, inilah beberapa hal yang perlu dilakukan:

1. Menyiapkan KTP

Siapkan kartu identitas yaitu KTP bagi WNI, atau paspor untuk WNA. Satu identitas bisa mendaftar untuk satu akun saja. Bukalah aplikasi Gojek, kemudian pilih menu “Gopay” lalu klik “Lainnya”. Dari beberapa opsi yang tersedia, klik “Upgrade Gopay Plus” dilanjutkan dengan “Upgrade Sekarang”.

2. Mengambil Foto KTP dan Selfie

Ambil foto gambar KTP yang masih berlaku. Identitas ini difoto dengan kamera langsung, bukan hasil editan atau KTP yang difotokopi. Kartu identitas difoto dengan kualitas yang terlihat jelas semua keterangannya. Pastikan fotonya tidak terbalik, buram, atau miring.

Selanjutnya lakukan foto wajah sambil memegang KTP yang diposisikan di bagian dada, tidak boleh menutupi wajah. Pastikan keduanya terlihat jelas, baik kartu identitas maupun wajah pemilik akun. Fotonya diambil langsung melalui hp, tidak boleh hasil edit.

3. Perbarui Akun

Klik “Upgrade Sekarang” setelah menyelesaikan proses foto KTP dan selfie. Selanjutnya masuk menuju “Pengaturan” untuk masuk ke pilihan “Lengkapi Data Anda”. Di sini akan tercantum status pendaftaran yaitu pending, disetujui, dan ditolak. Periksa halaman ini secara berkala, namun umumnya proses upgrade akan selesai dalam 24 jam.

Apabila tulisannya pending, berarti unggahan telah diterima namun masih diproses. Tunggu sampai statusnya berubah menjadi “Disetujui” yang artinya upgrade menuju Gopay plus berhasil. Jika tidak kunjung mendapat kejelasan, disarankan menghubungi kontak customer service yang bisa dilihat melalui apps Gojek.

Cara Transfer Gopay ke Gopay dengan Upgrade Akun

Sesudah menyelesaikan proses upgrade Gopay plus dan mendapatkan persetujuan, barulah pengguna bisa berkirim saldo ke pengguna lain. Inilah beberapa langkah untuk transfer ke akun Gopay lain:

1. Mengisi Nomor yang Dituju

Buka Gopay, kemudian masuk menuju opsi “Bayar” yang tertera di menu bagian atas. Di sini akan ada dua pilihan untuk transfer, yaitu menuju nomor hp atau scan kode QR. Pilihlah menu “Nomor Hp” yang ada di bawah. Masukkan nomor ponsel dari pemilik akun Gopay lain yang ingin ditransfer. Bisa juga dengan langsung mencarinya melalui daftar kontak.

2. Mengisi Saldo Transfer

Isikan nominal saldo untuk ditransfer. Apabila sudah benar, tekan “Konfirmasi”. Pengguna bisa menentukan sendiri tema sesuai selera, juga bisa memasukkan keterangan tambahan dengan memilih “Tulis Pesan” yang ditujukan untuk penerima. Ada beberapa tema yaitu jajanan, umum, sayang, dan terimakasih.

Apabila baru pertama kali mengirimkan saldo menuju nomor tersebut, pengguna bisa memilih “Tambah Jadi Teman di Gopay”. Pengguna juga dapat memakai mode privasi berupa “Teman” jika ingin momen ini dilihat oleh teman di Gopay yang dimiliki (penerima maupun bukan penerima). Tersedia juga pilihan “Rahasia” jika tidak ingin momen tersebut diketahui siapapun selain penerima.

3. Konfirmasi Pembayaran

Tekan “Konfirmasi dan Bayar” setelah memastikan semuanya benar baik saldo, nomor tujuan, hingga tema dan pesan yang ingin dikirimkan. Cara transfer Gopay ke Gopay selanjutnya adalah mengisi pin Gopay dengan benar. Kesalahan pin hingga tiga kali akan membuat akun mengalami pemblokiran.

Sesudah memasukkan pin, otomatis proses transfernya akan dijalankan. Pengguna akan dikirimkan notifikasi oleh Gojek yang menandakan bahwa transfer menuju sesama Gopay lain sudah berhasil. Momen kiriman ini bisa dilihat kembali pada menu “Gopay Feed” serta “Riwayat” untuk melihat keseluruhan transaksi yang pernah dilakukan.

Cara transfer Gopay ke Gopay Tanpa Melakukan Upgrade Akun

Cara utama untuk mengirim saldo Gopay memerlukan pembaruan akun. Hal ini mungkin dirasa cukup memberatkan bagi sebagian orang karena proses verifikasinya memerlukan 24 jam. Namun ternyata, pengguna juga tetap dapat transfer ke pengguna Gopay lain meski tidak upgrade ke Gopay plus. Pengguna bisa memanfaatkan situs bernama Ahlipulsa, dengan langkah seperti berikut:

1. Cara Transfer Gopay ke Gopay, Bisa dengan 2 Opsi Ini, Mengunjungi Situs Ahlipulsa

Buka browser, kemudian ketikkan situs “Ahlipulsa.com” pada kolom pencarian. Berikutnya buat akun untuk register di situs ini dengan beberapa langkah mudah dan cepat. Keuntungannya adalah bisa melakukan pembatalan transaksi dan menghindari kekeliruan input nomor. Setelah mendaftar, masuk menuju halaman menu.

2. Memilih Metode Pembayaran dan Mengisi Nominal

Klik pada tulisan “Gopay” pada daftar menu pembayaran yang tersedia. Tidak hanya Gopay namun juga tersedia pilihan lain seperti LinkAja, OVO, transfer bank, dan lain sebagainya. Cara transfer Gopay ke Gopay berikutnya adalah memasukkan nomor dari akun Gopay yang dituju untuk transfer.

Tentukan berapa nominal saldo Gopay bagi pengguna biasa, kemudian pilihlah metode pembayaran berupa QRIS. Fitur ini didukung oleh Shopeepay, Gopay, OVO, dan lain-lain. Perhatikan data transfer mulai dari nominal dan nomor tujuan, pastikan semuanya sudah benar lalu lanjutkan dengan ketuk “Check Out”.

3. Mengambil Foto Layar Kode QR

Screenshot (ambil foto layar) kode QR yang tertera di halaman transaksi pembayaran. Buka akun Gojek yang belum di-upgrade untuk melanjutkan transfer saldonya. Tekan menu “Bayar” di bagian atas, kemudian tekan ikon berbentuk gambar yang terletak di kanan atas. Cara transfer Gopay ke Gopay dilanjutkan dengan memilih file screenshot dari kode QR tadi.

4. Konfirmasi Pembayaran

Tekan “Konfirmasi dan Bayar” sehingga transaksi dapat dilanjutkan. Baca kembali halaman “Review Pembayaran” untuk memastikan nominalnya sudah tepat. Ketikkan pin Gopay, maka proses transfer akan berlangsung. Sekarang tanpa memperbarui akun Gopay plus sudah bisa mengirimkan saldo menuju akun Gopay yang lain.

Umumnya saldo Gopay akan segera masuk dalam kurun waktu satu menit saja. Hal ini juga bisa dilihat dari saldo di akun Gopay yang berkurang. Artinya transfer telah berhasil meski tidak upgrade akun. Cara ini sangat mudah, kelemahannya hanya terdapat biaya admin sebesar 1.500 setiap kali transaksi.

Itu tadi pembahasan mengenai persyaratan serta cara transfer Gopay ke Gopay. Ada dua opsi yang dapat dilakukan yakni dengan upgrade menuju Gopay plus atau tanpa upgrade. Untuk akun yang tidak diupgrade bisa melalui situs Ahlipulsa. Keduanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta frekuensi transfer, asalkan tetap mengikuti aturan yang diberlakukan oleh Gojek.

Baca Juga : Begini Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Untuk Anda

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment