Cara Transfer LinkAja

LinkAja saat ini menjadi salah satu platform dompet digital yang sangat populer terutama di kalangan milenial. Platform ini sudah digunakan oleh banyak orang dan memang terbukti efektif sekaligus praktis. Kali ini akan dibahas bagaimana cara transfer LinkAja ke LinkAja, artinya transfer saldo sesama pengguna LinkAja secara mudah dan cepat.

Pilihan Cara Transfer

Ada dua pilihan cara transfer yang bisa dilakukan oleh pengguna LinkAja ketika ingin berbagi saldo dengan sesama pengguna. Nantinya pengguna bisa memilih cara mana yang dirasa paling praktis dan mudah. Berikut adalah 2 pilihan cara yang bisa dilakukan:

1. Via QR Code

Via_QR_Code

Pilihan pertama untuk transfer saldo dari LinkAja ke LinkAja adalah dengan menggunakan  QR code. Langkah ini dapat dipilih apabila pengirim dan penerima saldo berada di lokasi yang dekat sehingga bisa saling berbagi QR code. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Masuk ke aplikasi LinkAja.
  • Pilih opsi Semua-My QR lalu pilih menu Bayar.
  • Akan muncul kolom kamera lalu langsung arahkan ke kode QR di HP milik teman yang akan menerima transfer.
  • Masukkan nominal uang yang akan dikirimkan.
  • Tap tanda centang jika sudah selesai memasukkan nominal uang.
  • Muncul rekap informasi transfer, periksa kembali apakah nomor, nama akun, dan jumlah uang yang akan ditransfer sudah benar atau belum.
  • Tap opsi Konfirmasi apabila semua data yang muncul sudah benar.
  • Masukkan PIN akun LinkAja untuk melanjutkan proses transfer.
  • Tunggu sampai proses transaksi selesai dan cek apakah saldo sudah masuk ke akun penerima atau belum.

Cara transfer dengan menggunakan QR code ini dianggap sangat praktis dan mudah. Prosesnya juga cepat karena pengguna tidak harus melakukan input nomor telepon secara manual. Hanya cukup dengan melakukan scan QR code lalu data akan masuk secara otomatis. Pastikan bahwa QR code penerima memang sudah ada sehingga bisa di-scan.

Disebutkan sebelumnya bahwa cara ini cocok sekali dipilih jika posisi pengirim dan penerima saling berdekatan sehingga bisa langsung berbagi QR code. Namun, sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan saat jarak pengirim dan penerima saling berjauhan. Caranya adalah dengan menyimpan QR code penerima dalam bentuk foto. Nantinya bisa digunakan dua perangkat agar QR code bisa ter-capture saat proses transfer.

2. Menggunakan Nomor Telepon

Syarat_Transfer

Selain menggunakan scan QR code, ada lagi pilihan cara transfer LinkAja ke LinkAja yang bisa dicoba yaitu dengan memakai nomor telepon. Cara ini juga sangat umum dilakukan terutama bagi mereka yang menganggap pemakaian QR code lebih ribet. Berikut adalah panduan cara transfer saldo sesama pengguna LinkAja menggunakan nomor telepon:

  • Masuk ke aplikasi LinkAja.
  • Klik opsi Kirim Uang.
  • Pilih menu Nomor Telepon untuk melakukan transfer lewat nomor telepon pengguna.
  • Masukkan nomor HP milik penerima dana transfer kemudian klik opsi Konfirmasi jika nomornya sudah dipastikan benar.
  • Input nominal uang yang akan ditransfer kemudian tap ikon centang merah.
  • Muncul rincian data proses transfer mulai dari nomor tujuan, nama akun, juga banyaknya dana yang akan ditransfer.
  • Jika semua data sudah dipastikan benar, langsung klik menu Konfirmasi.
  • Tunggu sampai proses transfer selesai dan cek apakah saldo sudah masuk ke akun penerima atau belum.

Proses transfer dengan cara kedua ini sebenarnya juga sama mudah seperti cara pertama. Pengguna tinggal pilih saja cara mana yang paling dirasa praktis. Perbedaannya hanya terletak pada menu pertama yang harus dipilih. Jika transfer menggunakan QR code maka menu yang dipilih adalah menu Bayar. Sementara itu untuk transfer memakai nomor telepon, menu yang dipilih ialah menu Kirim Uang.

Proses transfer saldo dengan memakai nomor telepon tujuan ini juga sama seperti ketika pengguna akan transfer saldo dari LinkAja ke rekening bank. Tinggal pilih saja menu Rekening Bank ketika sudah masuk ke opsi Kirim Uang. Langkah berikutnya sama seperti proses pengiriman uang menggunakan nomor telepon yang sudah dibahas tadi.

Syarat Transfer Sesama Pengguna LinkAja

 

Agar bisa menerapkan cara transfer LinkAja ke LinkAja, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Syarat paling penting adalah akun LinkAja yang digunakan harus masih aktif dan memiliki saldo. Jika akun sudah tidak pernah dipakai dan saldonya saja nol maka tidak akan bisa melakukan transfer.

Upgrade_Full_Service

  • Verifikasi e KTP. Pengguna yang ingin melakukan transfer harus sudah melakukan verifikasi dengan eKTP terlebih dahulu. Verifikasi ini sangat penting untuk dilakukan agar pengguna bisa mengakses berbagai jenis fitur yang tersedia, termasuk salah satunya fitur transfer. Sangat disarankan untuk melakukan verifikasi di awal pendaftaran akun sehingga tak perlu repot melakukan verifikasi lagi saat dibutuhkan.
  • Upgrade full service. Syarat berikutnya yang perlu dipenuhi adalah pengguna harus sudah melakukan upgrade full service pada akun LinkAja yang digunakan. Setelah melakukan upgrade, maka pengguna bisa mengakses semua jenis fitur atau layanan termasuk transfer saldo. Ada beberapa pengguna yang tidak bisa menemukan opsi pengiriman uang padahal akun LinkAja sudah aktif. Hal ini mungkin dipicu karena belum upgrade ke full service.
  • Memenuhi batas minimal atau maksimal. Penting juga untuk memperhatikan batas minimal serta maksimal transfer saldo sesama pengguna LinkAja. Minimal saldo yang bisa dikirimkan ke pengguna lain adalah Rp100. Sementara itu untuk jumlah maksimalnya mencapai Rp2 juta dan bisa diupgrade hingga maksimal mencapai Rp10 juta dalam satu kali transaksi. Kemudian dalam waktu satu bulan hanya boleh maksimal transaksi Rp20 juta per akun.

Cara transfer LinkAja ke LinkAja yang dibahas sebelumnya pasti bisa berjalan lancar jika pengguna memenuhi semua syarat. Apabila terjadi kendala padahal semua syarat sudah dipenuhi maka langsung saja hubungi customer service. Mintalah bantuan agar proses transfer bisa segera terselesaikan.

Lama Waktu Pengiriman Uang

Proses transfer dari LinkAja ke LinkAja sebenarnya bisa berjalan dengan cepat dan mudah. Biasanya uang yang ditransfer bisa langsung masuk ke akun penerima dalam waktu singkat begitu proses transfer dilakukan. Namun seringkali pada kondisi tertentu terjadi gangguan yang menyebabkan pending. Proses transfer jadi berjalan lama dan saldo tidak kunjung masuk ke akun penerima.

Apa yang menyebabkan kondisi pending ini terjadi? Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya gangguan sistem. Pelanggan umumnya akan diminta untuk menunggu 1×24 jam sampai saldo masuk. Namun jika sudah lebih dari itu maka bisa diajukan keluhan agar saldo dapat kembali dan dicoba lagi untuk melakukan transfer. Jangan lupa, keluhan diajukan dengan menyertakan screenshot bukti transfer.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai cara transfer LinkAja ke LinkAja. Platform LinkAja ini benar-benar memberikan kemudahan transaksi zaman sekarang. Beragam jenis proses transaksi bisa berjalan mudah dan cepat bersama LinkAja. Bahkan pengguna bisa melakukan transfer secara praktis kepada sesama pengguna tanpa perlu menunggu lama.

Baca Juga: Cara Transfer Gopay

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment