Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang

Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang – Kehilangan ponsel hingga mengakibatkan kartu yang terdapat di dalamnya adalah hal yang pastinya tidak bisa dihindari. Agar nomor tersebut tidak disalah gunakan pengguna dapat melakukan unreg, tetapi bagaimanakah cara unreg kartu Telkomsel yang hilang telah lama? Terdapat beberapa solusi yang bisa pengguna lakukan, berikut simaklah ulasan beserta penjelasannya.

Apa Itu Unreg?

Cara Unreg Kartu Telkomsel

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia unreg atau registrasi berarti tidak terdaftar. Pada sebuah kartu unreg mempunyai tujuan untuk melakukan pembatalan registrasi dari kartu yang sebelumnya telah didaftarkan. Kondisi tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor seperti, batas penggunaan nomor yang sama maksimal 3 nomor.

Berikutnya karena kehilangan kartu tersebut yang dikarenakan ketidak sengajaan. Jika berlandaskan dari peraturan atau kebijakan yang telah dibuat Kominfo, terkait registrasi kartu pelanggan adalah kewajiban. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi pelanggan serta masyarakat dari kejahatan telekomunikasi. Banyak kasus seperti penipuan serta penyalahgunaan nomor telepon yang kerap terjadi.

Jadi setiap orang diharuskan untuk melakukan registrasi dan kembali melakukan unreg jika sudah tidak mempunyai kepentingan pada kartu tersebut. Terlihat sepele, tetapi sebenarnya hanya dengan registrasi dan unreg bisa menyebabkan masalah di masa mendatang. Oleh karena itu pengguna tidak boleh menyepelekannya.

Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang

Cara Unreg Kartu Telkomsel

Hilangnya sebuah kartu pasti dikarenakan oleh beberapa faktor di dalamnya, bisa jadi karena disengaja atau pun tidak. Permasalahan kartu yang hilang, membuat sebagian orang cemas karena terdapat nomor penting yang tersimpan di dalamnya. Membutuhkan waktu yang lama untuk kembali bisa mengumpulkan nomor dari kontak seseorang.

Namun jika sudah terlanjur hilang alangkah baiknya untuk segera melakukan unreg pada kartu tersebut. Terlebih lagi jika pengguna memakai kartu Telkomsel, cara unreg kartu Telkomsel yang hilang bisa dilakukan dengan mudah. Berikut cara yang bisa pengguna terapkan yaitu:

1. Mengirim SMS

Jika pengguna kehilangan kartu, jangan terlalu panik dan cemas terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara unreg kartu Telkomsel yang hilang, pertama bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS kepada operator tersebut. Untuk melakukan unreg lewat SMS yaitu, Ketik UNREG#Masukan Nomor NIK, lalu kemudian kirim ke 4444.

Berikutnya aka nada notifikasi atau pemberitahuan dari nomor tersebut terkait permintaan yang telah dikirimkan. Biasanya isi pesan yang terdapat di dalamnya yaitu, pernyataan terkait bahwa nomor sudah berhasil di non aktifkan.

2. Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang, Melakukan Dial ke 4444

Cara berikutnya yang bisa pengguna lakukan untuk dapat menonaktifkan kartu Telkomsel yang telah hilang yaitu dengan melakukan dial atau panggilan. Pengguna hanya perlu mendial nomor *4444#, jika sudah tersambung akan terdapat perintah untuk menekan angka 3.

Lakukan perintah tersebut dengan menekan angka 3 “UNREG”, selanjutnya masukkan 16 angka nomor yang tertera pada NIK. Pastikan bahwa nomor NIK yang dimasukkan adalah nomor yang sama ketika melakukan registrasi. Jika sudah selesai melakukan input nomor, maka selanjutnya kirim.

3. Mengunjungi Grapari

Langkah selanjutnya yang bisa diterapkan sebagai cara unreg kartu Telkomsel yang hilang yaitu dengan mengunjungi kantor Grapari terdekat. Pengguna bisa memanfaatkan mesin MyGrapari untuk dapat melakukan proses unreg. Hal yang harus dipersiapkan sebelumnya yaitu membawa KTP, KK dan 2 nomor aktif dihubungi dalam 1 bulan belakangan. Berikut cara penggunaan yaitu:

  • Tahap pertama yang harus dilakukan yaitu pilih menu pelanggan Telkomsel yang tampil di layar mesin MyGrapari.
  • Berikutnya klik pilihan kartu hilang atau rusak.
  • Input nomor Telkomsel yang hilang sebelumnya.
  • Terakhir, masukkan nomor KTP serta KK untuk melakukan proses validasi data pada kartu baru dengan menggunakan nomor yang sama.

4. Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang Lewat Online

Nah, jika pengguna merupakan pengguna yang aktif dalam menggunakan sosial media, proses unreg juga bisa dilakukan dengan metode tersebut. Bagaimana caranya? Pengguna tinggal membuka sosial media yang biasanya dibuka contohnya seperti Twitter atau Facebook. Berikut penjelasan detailnya yaitu:

  • Buka sosial media Twitter atau Facebook, login dan masuk menggunakan usernema pengguna.
  • Berikutnya kunjungi akun Telkomsel, jangan lupa sertakan @.
  • Tekan pesan langsung atau DM.
  • Selanjutnya ajukan permohonan dengan mengirimkan format nomor, waktu, serta tanggal hilangnya kartu.
  • Lampirkan juga keterangan seperti KTP dan KK di dalamnya.
  • Tunggu hingga admin sosial media Telkomsel memeriksa status dari nomor yang telah dikirimkan dan tunggu prosesnya.
  • Jika keseluruhan syarat telah terpenuhi, maka kartu pun dapat segera di unreg.

Tips Supaya Cara Unreg Kartu Telkomsel yang Hilang

Tidak Sering Dilakukan Unreg Telkomsel Terkadang jika dalam situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan unreg yang kelihatannya sangat sepele akan terlihat susah. Pengguna perlu melihat nomor KTP atau KK terlebih dahulu untuk menginputnya. Sebaiknya lakukan tips berikut ini untuk hindari unreg terlalu sering yaitu dengan.

1. Simpan Ponsel di Tempat yang Aman

Hilangnya ponsel akan mengakibatkan kartu Telkomsel yang terdapat di dalamnya juga ikut terbawa. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang mau tidak mau melakukan proses unreg. Proses tersebut memang gampang dan mudah untuk dilakukan, tetapi tidak dengan seseorang yang sibuk.

Menyimpan ponsel di tempat yang aman termasuk solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah unreg kartu. Jadi pastikan bahwa pengguna tidak menaruh ponsel di sembarang tempat yang memungkinkan resiko hilang.

2. Mengaktifkan GPS pada Ponsel

Pusing karena keberadaan ponsel yang tidak diketahui? Pengguna dapat mengaktifkan GPS yang ada dalam perangkat tersebut. Apa hubungannya dengan kartu Telkomsel yang hilang? Tentu hal tersebut berpengaruh, ketika seseorang lupa atau kehilangan ponselnya secara otomatis kartu di dalamnya pun akan lenyap.

Jika perangkat ponsel telah dilengkapi oleh GPS, maka keamanan dari ponsel tersebut akan tetap terjaga. Hal ini juga akan berdampak kepada pencegahan hilangnya kartu Telkomsel dan proses unreg bisa dihindari.

3. Buat Password Ponsel Rumit tapi Mudah Diingat

Berikutnya cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir unreg yang terlalu sering yaitu dengan membekali ponsel dengan password. Password yang dipakai pun bukan sembarang yang dapat dengan mudah diketahui orang lain. Namun buatlah password yang unik dan tidak mudah ditebak.

Hal tersebut dapat membuat minat seseorang yang tadinya ingin melakukan pencurian bisa saja batal, sehingga kartu Telkomsel tetap aman di dalamnya. Selain itu juga manfaat dari pemberian password dapat melindungi nomor digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

4. Bagikan Lokasi GPS Kepada Orang Terpercaya

Terakhir cara yang dapat dilakukan untuk menghindari seringnya melakukan proses unreg yaitu dengan memberikan lokasi GPS ponsel kepada orang terpercaya. Rekomendasi pihak yang bisa pengguna berikan alamat GPS adalah keluarga, kerabat atau sahabat. Hal tersebut dapat membantu pengguna ketika kehilangan ponsel.

Pelacakan pun dapat ditelusuri dengan mengetahui keberadaanya, sehingga jika ponsel hilang mudah untuk kembali ditemukan. Disinilah fungsi pembagian GPS kepada orang terpercaya, bekerja untuk menghindari unreg karena ponsel telah ditemukan.

Nah, itulah penjelasan terkait cara unreg kartu Telkomsel yang hilang beserta dengan tips untuk hindari keseringan melakukan unreg. Berbagai penjelasan yang telah dijabarkan secara umum hampir serupa dengan penanganan yang terjadi operator lainnya.

Baca Juga : Kuota Multimedia Telkomsel

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment