Cara whatsapp tidak diketahui online

Cara whatsapp tidak diketahui online – Cara whatsapp tidak diketahui online. Salah satu fitur yang secara default aktif pada Whatsapp adalah status para penggunanya yang bisa terlihat apakah sedang online atau tidak.

Setiap pengguna WA yang sedang online bisa diketahui oleh user WA lain karena statusnya dapat terlihat pada bagian atas chat. Kehadiran fitur ini bisa membantu para pengguna WA lain untuk mengetahui apakah nomor WA yang dituju sedang online atau tidak.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, dan bahkan justru senang dengan adanya fitur pelihat status seperti ini.

Namun ada juga orang yang merasa kalau fitur ini bisa mengganggu privasi aktivitas keseharian anda. Nah, untuk anda yang tidak ingin diketahui online saat menggunakan Whatsapp maka bisa gunakan beberapa cara yang akan kita bahas berikut ini.

Cara whatsapp tidak diketahui online

Cara whatsapp tidak diketahui online

Pihak developer WA sendiri telah mengantisipasi hal ini apabila pengguna merasa terganggu dengan adanya fitur status online dan offline.

Untuk itu sebagai pengguna Whatsapp, anda hanya perlu mengubah privasi dari menu pengaturan yang telah tersedia pada aplikasi WA.

Untuk langkah-langkahnya kurang lebih sebagai berikut :

Pertama silahkan buka aplikasi WA yang ada pada HP Android atau iPhone anda. Masuk ke menu settings dengan mengetuk simbol titik tiga yang biasa ada pada pojok kanan atas layar.

Akan muncul beberapa menu setelah anda mengetuk simbol titik tiga. Cari dan pilih menu settings atau pengaturan untuk menemukan sub menu selanjutnya.

Setelah itu cari menu akun -> privasi dan temukan pilihan last seen. Ubah opsinya menjadi tidak ada dan selesai. Status online sudah tidak akan bisa terlihat lagi oleh pengguna WA lain.

Jika anda punya dua nomor WA maka bisa mengujinya pada akun WA lain untuk melihat apakah status online sudah hilang atau belum.

Adapun fitur ini juga memiliki kekurangan yang jika anda menyembunyikan status online maka secara otomatis anda juga tidak bisa melihat status online milik akun WA orang lain.

Menggunakan Trik lain supaya whatsapp tidak diketahui online

Cara whatsapp tidak diketahui online

Selain menggunakan fitur bawaan sebenarnya masih ada banyak cara supaya whatsapp tidak diketahui online oleh pengguna WA lain.

Beberapa pengguna WA mungkin punya alasan tertentu mengapa statusnya tidak ingin segera diketahui oleh pengguna lain. Karena itu berikut ini masih ada beberapa trik yang bisa anda pakai supaya saat anda online menggunakan WA, orang lain tidak mengetahuinya.

1. Aktifkan mode pesawat

HP Android mau apapun merknya dengan custom ROM atau stock bawaan sama-sama mempunyai fitur mode pesawat atau air plane mode yang bisa anda aktifkan kapan saja.

Meskipun namanya mode pesawat namun bukan berarti fitur ini hanya bisa di aktifkan saat dalam penerbangan pesawat saja. Tetapi juga bisa untuk menyembunyikan status aktif atau online WA anda saat ingin membuka aplikasi Whatsapp.

Dengan demikian anda bisa melihat pesan masuk terbaru dari aplikasi WA tanpa diketahui oleh pengguna WA lain. Dan apabila sudah selesai melihat barulah anda bisa mematikan mode pesawat supaya HP bisa berfungsi normal kembali.

2. Sembunyikan status online hanya pada nomor tertentu

Apabila anda merasa tidak nyaman atau terganggu setiap kali online WA ada orang yang mengirim spam ke anda maka bisa gunakan cara berikut ini.

Tentukan terlebih dahulu nomor-nomor WA yang ingin anda sembunyikan status online dari mereka. Kemudian masuk ke menu settings pada aplikasi WA dan pilih menu ikon titik tiga terlebih dahulu.

Silahkan masuk ke settings -> akun -> privasi -> blokir kontak.

Dengan menggunakan fitur blokir nomor kontak WA lain maka secara otomatis pengguna WA tersebut tidak akan melihat sama sekali status online anda.

Melalui fitur blokir kontak WA ini anda bisa tambahkan nomor sebanyak yang diperlukan. Dengan demikian maka hanya nomor tertentu saja yang tidak akan bisa melihat status online anda dan sisanya masih bisa melihat status online anda.

3. Matikan centang biru pada pesan WA

Cara whatsapp tidak diketahui online

Pengguna lama Whatsapp pasti mengetahui fitur penting ini yang menggunakan sistem centang. Centang satu dan dua serta warna biru memiliki arti yang dapat membantu si pengirim pesan apakah pesannya sudah terkirim tuntas atau belum.

Apabila belum ada tanda centang sama sekali, itu berarti pesan anda memang belum terkirim sama sekali. Bisa jadi gagal atau memang koneksi internet anda yang sedang lambat dan memerlukan waktu lebih untuk bisa mengirimnya lagi secara otomatis.

Dan jika sudah centang satu itu berarti pesan anda sudah terkirim namun baru sampai ke server Whatsapp. Lalu centang dua sudah sampai si penerima akun WA tetapi belum terbaca, dan yang terakhir centang dua plus biru itu artinya sudah terbaca.

Nah, jika anda matikan fitur centang biru maka si pengirim pesan tidak akan mengetahui kapan saat anda membaca pesan tersebut.

Dengan demikian pengguna WA lain tidak akan mengetahui kapan anda online saat sedang membaca pesan tersebut. Untuk langkah-langkah nya juga kurang lebih sama.

Yaitu anda hanya perlu masuk ke menu pengeturan dengan urutan seperti ini : klik titik ikon tiga -> settings -> akun -> privasi -> Read receipts dan matikan.

Setelah mati maka tidak akan tanda centang dua biru meskipun sudah anda baca pesannya.

4. Ganti ke Only Share with

Settings -> Akun -> privasi -> Status -> Only share with…

Cara ini juga bisa anda pakai untuk membatasi pengguna WA lain yang ingin mengetahui semua aktivitas anda dalam menggunakan aplikasi WA.

Tambahkan nomor WA ke menu Only Share With, untuk memberi izin bisa melihat semua status dan story yang anda pasang nantinya. Apabila opsi ini anda pilih maka nomor yang tidak anda masukkan dalam daftar sama sekali tidak bisa melihat status WA anda.

Fitur bawaan WA ini sangat membantu juga untuk menyembunyikan status online WA anda. Sebab akan percuma juga jika tulisan status online sudah tidak tampak tetapi user lain masih bisa melihat status update terbaru dari anda.

5. Cara whatsapp tidak diketahui online, Memberi keterangan offline pada profil WA

Cara berikut ini setidaknya bisa membantu anda untuk memberi tahu pengguna lain kalau anda sedang benar-benar tidak ingin di ganggu.

Silahkan masuk ke menu settings lalu masuk ke foto profil WA. Klik edit dan ganti dengan keterangan seperti “offline” atau “sibuk”.

Jika sudah lalu klik save. Dan dengan demikian maka orang yang melihat daftar kontak WA pada nomor anda akan mengetahui bahwa anda sedang sibuk.

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba agar status online WA bisa tersembunyi dengan aman. Semoga dengan adanya pembahasan ini para pengguna WA tidak kebingungan lagi untuk menjaga privasi status online-nya.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment