Ciri Baterai HP Rusak

Ciri Baterai HP Rusak Serta Cara Mengatasinya – Baterai merupakan sumber energi yang berperan penting dalam performa dan kinerja pada perangkat Android. Baterai yang tersemat dalam Android memiliki beberapa jenis tergantung spesifikasi dalam merek ponsel yang digunakan, contohnya baterai yang sering digunakan oleh smartphone adalah ; Li-ion/Lithium ion.

Selain itu kapasitas baterai pada ponsel memiliki jumlah berbeda, semakin besar jumlah kapasitas baterai maka semakin lama pula pengguna dapat menggunakan ponsel kesayangannya. Akan tetapi baterai juga dapat mengalami kerusakan berskala ringan, sedang hingga kerusakan fatal.

Ciri Baterai HP Rusak

Sama seperti kerusakan pada perangkat elektronik lainnya yang memiliki tanda dan penyebab utama, berbeda pada baterai ponsel. Kerusakan baterai hp terkadang tidak memiliki tanda-tanda yang dirasakan pengguna. Oleh karena itu banyak sebagian mereka tidak mengantisipasinya.

Maka inilah ciri-ciri baterai hp yang mulai melemah, rusak bahkan harus segera diganti :

  1. Sering mengalami Overheat

Entah baterai removable maupun non removable jika sudah mulai melemah dan mengalami kerusakan biasanya sering mengalami overheat. Android yang sering mengalami masalah ini adalah suhu pada ponsel akan panas tanpa terhenti.

Ditambah ketika menjalankan aplikasi kerap kali mengalami force closed bahkan membuat baterai cepat terkuras. Perbedaan baterai yang mudah rusak akibat overheat, bisa kita ambil contoh dari kejadian :

  • Si B menggunakan handphone selama 5 jam tetapi baterai yang digunakan tetap awet, suhu ponsel pun tetap berada diangka 32% dan ketika menjalankan aplikasi bersamaan suhu ponsel naik menjadi 35%.
  • Si C ingin menggunakan handphone selama 5 jam tetapi di handphone yang digunakan tiba-tiba terasa panas hingga mencapai 55%. Kemudian baru 2 jam digunakan baterai drop hingga low menjadi 2%.
  1. Baru 10 menit di charge,  Baterai cepat penuh

Ciri Baterai HP Rusak

Ciri ini juga patut Anda waspadai karena proses charger yang memiliki baterai normal berkisar di waktu 50 menit hingga 2 jam hingga terisi penuh. Tapi jika tiba-tiba baterai pada ponsel Anda cepat penuh meski baru di cas selama 5 hingga 10 menit, tentu inilah gejala awal kerusakan.

  1. Ciri Baterai HP Rusak, Indikator baterai tidak aktif

Pasti ketika melakukan pengisian ikon indikator di HP akan muncul setelah kabel usb terpasang di port ponsel. Akan tetapi jika ikon tersebut mati dan tidak aktif maka perlu dicurigai.

Kemungkinan ada dua masalah : baterai Anda mulai melemah dan rusak atau memang adaptor charger bermasalah. Jadi silahkan Anda menyimpulkannya sendiri.

  1. HP tidak terisi penuh meski di charge 24 jam

Berbanding terbalik seperti ciri di nomor dua, Ketika Anda mengisi ponsel dalam keadaan baterai kosong / 0% pasti membutuhkan sekitar 2 jam hingga mencapai presentase 100% atau telah terisi penuh.

Tetapi jika melewati batas yang ditentukan dan baterai ponsel tetap  0%, maka sudah dipastikan baterai hp yang Anda miliki rusak bahkan bocor.

  1. Ciri Baterai HP Rusak, Baterai cepat habis

Ciri Baterai HP Rusak

Dalam pemakaian normal biasanya baterai ponsel dapat bertahan selama 18 jam jika pengguna hanya menggunakan ponsel untuk membuka WhatsApp ataupun sosial media.

Penggunaan daya baterai tersebut dikalkulasikan dengan : Latar belakang aplikasi dan Suhu atau temperatur ruangan. Jika baterai Anda cepat terkuras meskipun hanya memainkan aplikasi sosial media, kemungkinan baterai tersebut telah bocor.

Namun banyak hal lain yang membuat baterai cepat habis misalnya saja bermain games. Ketika Anda menggunakan semua aplikasi secara bersamaan wajar saja jika baterai terkuras dengan cepat, tapi bagaimana jika semuanya berbanding terbalik?

  1. Bagian belakang ponsel berputar dilantai ketika diputar

Ciri berikutnya adalah cobalah putar ponsel Anda ke lantai, jika ponsel dapat berputar searah jarum jam baterai yang tertanam telah bocor dan akibatnya bisa mengalami kerusakan yang cukup fatal.

Kesalahan baterai rusak karena mengalami kebocoran adalah pengguna sering memainkan ponsel ketika sedang di cas atau saat keadaan baterai ponsel drop tanpa terisi penuh, pengguna mencabut ponsel dan langsung dimainkan.

  1. Ciri Baterai HP Rusak, HP tiba-tiba sering mendadak mati meski baterai 50%

Pasti Anda pernah mengalami masalah ini? Saat menjalankan aplikasi dan baterai masih tersedia 50%, tiba-tiba ponsel mati tanpa sebab. Hal ini lantaran karena energi yang dipancarkan baterai ke smartphone mulai melemah.

  1. Banyak notifikasi yang muncul

Jika HP terus menerus menyala dengan data yang aktif maka aliran notifikasi yang konstan membuat perangkat android terus bekerja. Notifikasi yang muncul juga memicu suhu ponsel meningkat hingga 90%.

Akibatnya hal ini dapat menyebabkan baterai hp bocor dan rusak. Seharusnya hp Anda diistirahatkan selama 30 menit dengan data dan notifikasi yang dimatikan, ini malah sebaliknya bahkan dilakukan berbulan-bulan. Nah apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Kedelapan ciri diatas adalah langkah awal untuk menyadarinya khususnya jika Anda menggunakan handphone untuk keperluan berbisnis. Pasti terselip dibenak Anda untuk menggantinya daripada harus dibawa ke tempat servis.

Tapi apa salahnya untuk memperbaiki terlebih dahulu baterai yang rusak atau bocor dengan langkah yang kami berikan?

Cara Mengatasi Baterai Rusak dan Bocor

Ciri Baterai HP Rusak

Untuk Baterai Removable ( Baterai Tanam )

  1. Aktifkan Mode Power Saving Untuk Pencegahan

Setiap handphone pasti memili fitur power saving untuk mengatur penggunaan daya baterai agar lebih hemat. Selain itu fitur ini juga dapat berfungsi sebagai pelindung baterai dari kerusakan yang diakibatkan oleh faktor internal ponsel, misalnya ; bug yang mengganggu.

Anda bisa mengaktifkan fitur ini sebagai antisipasi langkah pertama sebelum baterai Anda mengalami kerusakan yang fatal. Fitur ini juga masih dapat digunakan untuk kondisi baterai melemah agar tetap awet ketika digunakan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Melakukan Kalibrasi Baterai Tanpa Root

Ketika baterai Anda mengalami ciri-ciri yang telah disebutkan maka saatnya melakukan kalibrasi baterai tanpa proses rooting. Cara ini cocok untuk Anda yang tidak ingin menambah resiko dari efek rooting.

Untuk melakukannya Anda cukup mendownload aplikasi kalibrasi baterai di google playstore atau mendownload secara instan disini > Battery Calibration <. ( https://bit.ly/301gnWi ) Ikuti petunjuknya kemudian instal.

Untuk Baterai Non-Removable

  1. Masukan baterai ke freezer

Terdengar konyol tetapi bisa Anda coba untuk mengatasi baterai rusak ataupun bocor. Baterai lithium ion pada setiap Android tidak memiliki kandungan air sehingga jika dimasukan ke dalam freezer tidak berbahaya.

Caranya cukup mudah, copot baterai lalu masukkan ke dalam plastik dan tutup plastik hingga rapat. Kemudian masukan plastik yang berisi baterai ke dalam freezer selama 30 menit. Setelah itu diamkan dulu lalu pasangkan kembali ke ponsel Anda.

  1. Beli Baterai Baru

Solusi terakhir Anda bisa membeli baterai baru yang lebih fresh. Tapi ingat jangan pernah membeli baterai kualitas kw alias palsu, Anda harus membeli baterai original sesuai pabrikan pada merek ponsel yang Anda gunakan.

Baca Juga : Cara Atasi HP Cepat Panas

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment