Gopay Tidak Bisa Transfer

Selain Bank konvensional, kini orang-orang sudah mempunyai tempat penyimpanan uang lain yang dinamai e-wallet. Salah satu e-wallet yang terkenal saat ini adalah GoPay berkat kegunaannya yang bisa dipakai untuk segala jenis pembayaran. GoPay ini bukan tanpa kendala, terkadang pengguna bisa terkena masalah seperti tidak bisa transfer.  Lalu kenapa GoPay tidak bisa transfer? Berikut adalah penyebabnya:

Alasan Tidak Bisa Transfer GoPay

Kenapa GoPay tidak bisa transfer? Bertanyaan ini muncul seiring adanya beberapa masalah pada pengguna GoPay. Beberapa di antaranya ada gangguan internet, masalah aplikasi dan software, masalah dari akun pemilik GoPay. Begini penjelasannya:

1. Bukan Aplikasi Terbaru

Bukan_aplikasi_terbaru

Aplikasi yang sudah lama tidak diperbarui ada kemungkinan menjadi sumber masalah. Adanya update aplikasi adalah pemeliharaan secara berkala oleh developer aplikasi untuk mengoptimalkan aplikasinya menjadi lebih baik. Itulah mengapa update ini penting, untuk mengatasi masalah yang ada pada versi aplikasi sebelumnya.

Masalah seperti ini juga bisa terjadi pada aplikasi Gojek. Solusinya cukup mudah, pengguna hanya perlu memperbarui aplikasinya kedalam versi terbaru. Jika sudah melakukannya silahkan coba kembali untuk melakukan transfer. Ketika transfer sudah bisa, maka masalah tersebut sudah terpecahkan.

2. Saldo yang Tidak Cukup

Ketika merasa sudah memiliki aplikasi dengan versi terbaru namun masih tidak bisa melakukan transfer jangan panik. Bisa jadi masalahnya hanya pada jumlah saldo yang tidak mencukupi. Kejadian ini cukup sering terjadi dimana pengguna GoPay marah-marah dan menghubungi CS GoPay namun malu sendiri karena tidak ada masalah.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran GoPay memiliki sistem yang dimana pengguna harus menyisakan sedikit GoPay mereka. Contohnya, jika memiliki saldo sebanyak 2 juta rupiah, pengguna tidak bisa mengirim semua uang tersebut. Pengguna harus menyisakan setidaknya 1000 atau 500 rupiah dalam aplikasi GoPay tadi. Jadi pastikan kembali jika saldo yang dibutuhkan sudah mencukupi.

3. Nomor Tujuan Salah

Kesalahan lain yang mungkin jadi penyebab kenapa GoPay tidak bisa transfer adalah nomor tujuan yang salah. Seringkali orang-orang melakukan kesalahan terkait menginputkan data yang berupa angka-angka. Terkadang terlewat satu angka, angka yang dimasukan salah dan lain sebagainya.

Hal ini bisa juga terjadi saat ingin berkirim uang lewat GoPay. Terlebih lagi nomor rekening atau nomor telepon memiliki banyak deret angka yang membuatnya rawan terjadi kesalahan input. Untuk itu, pastikan untuk memperhatikan nomor tujuan baik itu nomor GoPay ataupun nomor rekening bank agar transfer tidak gagal.

4. Kendala Internet

Kendala_Internet

Kenapa GoPay tidak bisa transfer? Jawaban selanjutnya adalah masalah pada internet. Sistem GoPay yang bergantung pada internet, membuat penggunaannya terbatas pada ada tidaknya sinyal internet yang stabil.  Memang pada saat ini kebanyakan aplikasi sangat bergantung pada internet untuk dapat beroperasi dengan maksimal, termasuk GoPay ini.

Tidak hanya aplikasi GoPay saja yang bergantung pada internet. Aplikasi semacam sosial media, game online, dan aplikasi keuangan lain juga butuh internet sebagai sarana penunjangnya. Cukup masuk akal bila kegagalan transfer terjadi akibat adanya kurangnya sinyal internet yang stabil pada kondisi tertentu atau di wilayah tertentu.

5. Kendala Server

Selain kendala pribadi yang dialami pengguna GoPay, kendala diluar kesalahan pengguna juga bisa saja terjadi. Meskipun memiliki internet dengan kecepatan yang tinggi, dan device yang mumpuni tetap saja kendala dari luar tidak dapat dihindari. Salah satu kendala yang bisa terjadi adalah adanya permasalahan pada server.

Jika masalah ini terjadi, tak ada apapun yang dapat dilakukan selain menunggu sampai sistem kembali pulih. Namun, jika sudah tidak bersabar, ada baiknya menghubungi CS GoPay untuk mendapatkan kepastian kapan semuanya membaik.

6. Belum Upgrade ke GoPay Plus

Gopay_plus

Banyak yang belum tahu jika hendak melakukan transfer dompet digital GoPay, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu GoPay plus. Sistem ini mengharuskan pengguna mendaftarkan data diri secara lengkap seperti KTP dan foto diri ke pihak GoPay. Ini dilakukan demi keamanan dari data dan saldo pengguna.

Setelah mendaftar, barulah pengguna bisa memakai semua fitur GoPay secara utuh. Transfer bisa dilakukan dari GoPay ke sesama pengguna, ataupun dari GoPay ke berbagai bank di Indonesia. Mungkin cara terakhir ini adalah cara terampuh yang bisa menjawab kenapa GoPay tidak bisa transfer?

Cara Mendaftar GoPay Plus

Cara_mendaftar_gopay_plus

Jika permasalahan kenapa tidak bisa transfer GoPay adalah pada jenis akun yang dimiliki, maka solusinya adalah dengan mendaftar GoPay plus. Pendaftarannya cukup mudah, pengguna hanya perlu mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Buka Aplikasi GoPay

Langkah pertama yang harus dilalui untuk menjadi member GoPay Plus, adalah dengan memasuki menu upgrade akun. Buka aplikasi Gojek yang sudah diunduh, jika sudah terbuka pilih menu GoPay yang berada di kolom saldo. Nanti akan muncul seperti kolom untuk pengguna upgrade ke GoPay plus.

GoPay sendiri merupakan sebuah bagian dari sistem Gojek yang saling terintegrasi dengan berbagai layanan di dalamnya. Itulah kenapa untuk membuka GoPay harus melewati aplikasi Gojek terlebih dahulu. Untuk saat ini, GoPay belum memiliki aplikasinya sendiri, ada kemungkinan GoPay akan memiliki aplikasi terpisah dari Gojek.

2. Siapkan Foto Identitas

Setelah menemukan menu upgrade akun GoPay, pengguna selanjutnya akan diarahkan untuk menyiapkan beberapa dokumen pendukung. Pertama adalah foto dari identitas diri seperti KTP atau Paspor yang masih berlaku. Tanda identitas yang difoto haruslah berupa dokumen asli dan bukan hasil fotokopi.

Pastikan saat mengambil gambar dari kartu identitas tersebut, gambar yang diambil jelas dan tidak buram. Seringkali pengguna ditolak pengajuan upgradenya lantaran foto identitas yang tidak jelas. Selain itu juga pastikan identitas yang digunakan adalah milik pribadi dan bukan orang lain.

3. Foto Selfie Wajah

Ketika foto dari dokumen identitas diri sudah terupload, langkah selanjutnya adalah mengambil gambar wajah dengan identitas diri dalam satu frame. Foto wajah bisa dilakukan dengan selfie sambil memegangi kartu identitas dan harus diambil dengan jelas. Kurangi kemungkinan terkena blur akibat guncangan saat pengambilan gambar.

Foto yang kurang jelas, bisa menjadi penyebab pengajuan GoPay plus ditolak. Pastikan jika kartu identitas yang dipegang adalah milik pribadi dan sama dengan yang telah diupload sebelumnya. Foto akan langsung diambil lewat aplikasi dengan mengizinkan aplikasi menggunakan kamera smartphone pribadi.

4. Tunggu Konfirmasi

Pengguna yang telah melengkapi seluruh aplikasi yang diminta, selanjutnya hanya perlu menunggu upgrade selesai. Data yang diberikan akan diproses selama kurang lebih 1×24 jam. Status dari proses yang ditunggu akan terlihat pada menu, jika bertuliskan pending berarti prosesnya masih berjalan.

Jika proses yang diajukan disetujui, berarti prosesnya telah selesai dan akun GoPay telah bisa digunakan sepenuhnya. Namun, saat prosesnya tidak disetujui atau ditolak maka, upgrade gagal karena mungkin ada sesuatu yang tidak sesuai dengan ketentuan. Jika ingin mencoba lagi, GoPay masih memberikan kesempatan untuk memperbaiki proses upgrade.

Mungkin sekian yang bisa disampaikan tentang beberapa alasan kenapa GoPay tidak bisa transfer? Setelah dicari lebih lanjut ternyata ada beberapa hal yang membuat transfer tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu cek dulu segala sesuatunya sebelum melapor pada pihak GoPay.

Baca Juga: Cara Isi Gopay Lewat BRImo

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment