Jam Batas Pembayaran Shopee

Jam Batas Pembayaran Shopee – Berbelanja online semakin mudah dan menyenangkan seiring berkembangnya zaman. Seperti di Shopee yang rutin mengeluarkan fitur menarik, seperti Shopee Paylater. Jam batas pembayaran shopee adalah 24 jam (1 hari) sesudah checkout, namun untuk Shopee Paylater bisa lebih lama. Hal ini cukup menguntungkan pembeli yang belum memiliki dana saat itu.

Batas Pembayaran Pesanan Shopee

Jam Batas Pembayaran Shopee

Memesan barang di Shopee cukup mudah, namun pengguna seringkali melupakan batas pembayaran yang sudah ditentukan. Platform ini telah memberi kemudahan dengan banyaknya pilihan cara membayar yang tersedia, namun jam batas pembayaran Shopee tetap sama yaitu 24 jam (1 hari) kecuali Shopee Paylater & CC.

Melewati batas 24 jam, transaksi otomatis dibatalkan oleh sistem Shopee. Salah satu opsi bagi pengguna yang belum memiliki cukup uang adalah memakai metode cicilan. Dengan kata lain, meminjam uang untuk membayar tagihan Shopee melalui Shopee Paylater. Fitur yang baru dihadirkan Shopee ini dapat mengurangi pembatalan akibat terlambat membayar.

Cara Pembayaran Pesanan Shopee

Jam Batas Pembayaran Shopee

Pengguna harus membayar tagihan sebelum jam batas pembayaran Shopee, yaitu tidak lebih dari 24 jam semenjak melakukan checkout. Pembayarannya cukup fleksibel karena bisa dilakukan dengan berbagai metode seperti Indomaret, virtual account, ataupun Shopeepay. Inilah langkah untuk menyelesaikan pembayaran di akun Shopee:

1. Shopeepay

Pilih barang yang akan dibeli, kemudian masuk ke menu checkout. Di sini akan ada beberapa menu seperti opsi pengiriman, catatan, total pesanan, hingga metode untuk membayar Pilih “Metode Pembayaran” kemudian klik “Shopeepay”. Shopeepay merupakan dompet elektronik untuk membayar tagihan dengan mudah.

Pastikan saldo Shopeepay masih mencukupi. Saldo ini dapat diisi melalui minimarket seperti Indomaret ataupun Alfamart dengan klik opsi “Top up” yang ada di aplikasi. Dengan Shopeepay, belanja semakin mudah karena verifikasinya relatif cepat. Pengguna juga bisa mendapatkan lebih banyak promo dengan memanfaatkan Shopeepay.

2. Jam Batas Pembayaran Shopee, Shopee Paylater

Aktifkan terlebih dahulu Shopee Paylater. Masuk ke aplikasi Shopee, kemudian tekan “Saya”. Klik pada opsi “SPaylater”, lalu ketuk “Aktifkan sekarang”. Berikutnya Shopee akan mengirimkan SMS, masukkan kode OTP yang sudah dikirim kemudian tekan “Lanjut”. Ambil foto KTP, kemudian unggah di Shopee. Berikutnya masukkan nama beserta NIK, lanjutkan dengan klik “Konfirmasi”.

Proses selanjutnya adalah memverifikasi wajah, caranya dengan memposisikan wajah di frame layar Shopee sampai terdeteksi sepenuhnya. Tunggu SMS yang menunjukkan bahwa aktivasi Shopee Paylater berhasil.

Selanjutnya pengguna tinggal merubah “Metode Pembayaran” pada halaman checkout menuju Shopee Paylater, maka barang bisa dibeli terlebih dahulu dan membayar nanti dengan cara mencicil. Cicilan ini harus dibayar setiap bulan paling lambat tiap tanggal 5.

3. COD (Bayar di Tempat)

Carilah barang yang ingin dibeli di mesin pencarian Shopee, namun pastikan tokonya mendukung pembayaran dengan COD. Untuk itu, pembeli dapat memakai filter untuk mencari produk yang bisa COD. Bisa juga dengan langsung mengetikkan “Cod” di kolom pencariannya. Perlu diketahui bahwa pembelian COD berlaku tanpa ada minimal pembelian, sedangkan untuk maksimalnya 3 juta.

Setelah menemukan barang yang sesuai, pilihlah jasa kirim yang ingin digunakan untuk mengirimkan barang (contoh Gojek). Pada metode pembayarannya klik “Cod (bayar di tempat)” selanjutnya konfirmasi. Lakukan pembayaran pesanan dengan ongkos kirimnya secara tunai yang diberikan pada kurir sesuai total yang tertera pada halaman checkout.

4. Transfer Bank

Klik “Opsi Pembayaran” yang tertera di halaman checkout sesudah memilih produk yang akan dibeli. Di menu ini klik pada tulisan “Transfer Bank”, lanjutkan dengan memilih bank apa yang digunakan untuk membayar. Setelah itu tekan “Konfirmasi Informasi”. Tekan “Buat Pesanan”, kemudian segera lakukan pembayaran sesuai bank yang sudah dicantumkan.

Jangan melewati jam batas pembayaran Shopee agar tidak dibatalkan. Pengguna bisa membayar dari ATM, mbanking ataupun internet banking. Setelah transfer, masuk kembali menuju halaman “Belanjaanku” lalu tekan “Bayar Sekarang”. Unggah screenshot bukti pembayaran, maka Shopee kaan mengonfirmasi pembayaran dan tinggal menanti barangnya datang.

5. Jam Batas Pembayaran Shopee, Credit Card

Tambahkan data credit card yang akan digunakan di Shopee. Caranya dengan masuk ke akun Shopee, lalu pilih “Pengaturan Akun”. Lanjutkan dengan pilih “Metode Pembayaran Tertaut” kemudian “Tambah Cicilan Kartu Kredit”. Isikan data kartu kredit dengan detail sesuai yang diminta, lalu tekan “Kirim”.

Pada halaman konfirmasi, isikan kode OTP dari Shopee yang sudah dikirimkan menuju nomor hp pengguna. Carilah produk yang menerima pembayaran dengan kartu kredit, lalu pilihlah “Paket Cicilan” dan “Konfirmasi”. Dengan demikian, pengguna sudah dapat membayar barang tersebut dengan metode cicilan credit card.

6. Melalui Indomaret

Lakukan pembelian barang dengan memasukkannya dalam keranjang. Apabila sudah yakin dengan barangnya, tekan “Checkout” untuk melanjutkan ke pembelian. Cari tulisan “Metode Pembayaran” kemudian ketuk pada opsi “Indomaret/i saku” lalu lanjutkan dengan klik “OK”. Pengguna akan diberikan kode pembayaran yang akan dipakai untuk membayar di Indomaret.

Berikutnya datanglah menuju Indomaret terdekat. Sampaikan ke kasirnya bahwa ingin melakukan pembayaran Shopee. Kemudian tunjukkan kode pembayaran yang ada di aplikasi Shopee. Kasir akan membantu scan kode tersebut untuk menyelesaikan pembayaran. Setelah transaksinya berhasil, bukti pembayaran akan didapatkan. Simpan buktinya untuk verifikasi lebih lanjut.

Bagaimana Jika Terlambat dari Jam Batas Pembayaran Shopee?

Jam Batas Pembayaran Shopee

Pembeli yang terlambat menyelesaikan pembayaran Shopee (lewat 24 jam) akan otomatis dibatalkan pesanannya. Apabila masih ingin membeli barang yang dibatalkan tersebut, pengguna harus melakukan pembelian ulang. Konsekuensi ini masih terbilang sederhana, namun jika sering terjadi dapat menurunkan nilai pada riwayat akun.

Sering gagal membayar bisa berdampak negatif berdampak pada transaksi berikutnya. Riwayat yang buruk bisa membuat akun mengalami penalti, misalnya tidak diizinkan melakukan pembelian untuk beberapa waktu bahkan di blacklist toko tertentu. Berbeda dengan metode pembayaran biasa, konsekuensi keterlambatan Shopee Paylater lebih berat.

Pembeli telah diinformasikan sejak awal terkait tanggal pembayaran jatuh tempo. Artinya, pembayaran harus diselesaikan sebelum tanggal tersebut. Apabila melewati batas tersebut, akan ada beberapa penalti yang diberlakukan oleh Shopee. Resiko yang masih cukup ringan yaitu dikenakan denda keterlambatan sebanyak 5% tiap bulannya.

Jumlah denda akan dihitung bersama jumlah tagihan total yang sudah lewat dari jatuh tempo. Semakin besar jumlah tagihan, demikian pula dengan denda yang wajib dibayarkan. Selain denda, ada tambahan bunga sebesar 2.95% dari jumlah total tagihan. Melampaui jam batas pembayaran shopee Paylater akan mengurangi kesempatan untuk memperbarui limit Shopee Paylater, atau bahkan pembekuan akun.

Sanksi berikutnya adalah terdampaknya BI Checking. Shopee menjalin kerjasama dengan dua perusahaan yang diawasi oleh OJK, salah satunya PT Commerce Finance. Apabila terlambat membayar, ada kemungkinan riwayat kredit pengguna akan terdampak. Riwayat yang buruk akan mempersulit jika misalnya suatu hari melakukan pinjaman online atau perbankan.

Demikianlah pembahasan seputar pembayaran dengan Shopee. Ada jam batas pembayaran Shopee maupun Shopee Paylater yang harus dipenuhi. Hal ini bisa mencegah risiko yang tidak diinginkan, seperti penambahan denda hingga pembekuan akun karena di-blacklist. Fitur ini memberi kesempatan bagi banyak orang untuk mendapatkan keperluannya dengan mudah, namun peraturannya juga wajib dipatuhi.

Baca Juga : Cara Transfer Shopeepay ke Shopeepay

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment