Layanan Aplikasi LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembayaran secara daring (online). Berbekal hp dan koneksi internet, manfaat aplikasi LinkAja bisa dirasakan oleh banyak pengguna. Aplikasi berukuran 38 MB ini terbilang kompetitif sebagai platform untuk membayar elektronik, dengan pertambahan jumlah pengguna yang masif hingga mencapai pengguna 10 juta lebih pengguna.

Pada awalnya, LinkAja adalah aplikasi bernama Tcash. Pada Februari 2019, Tcash merubah namanya menjadi LinkAja. Pengguna Tcash hanya perlu mengunduh LinkAja tanpa perlu melakukan registrasi ulang. Saldonya pun tidak hangus dan otomatis dikonversi menuju LinkAja. Aplikasi LinkAja termasuk jenis layanan keuangan yang mudah digunakan dan mendukung banyak merchant.

Jenis Layanan yang Tersedia di Aplikasi LinkAja

Perbedaan LinkAja dengan dompet digital lainnya adalah pembagian menjadi dua jenis layanan. Dalam aplikasi ini terdapat dua tipe yakni Basic Service dan Full Service. Pengguna yang memakai Basic Service dapat memiliki maksimal 2 juta sedangkan di layanan Full Service dapat menyimpan saldo hingga 10 juta. Berikut penjelasan lebih lengkap seputar keduanya:

1. Basic Service

Layanan dasar ini sudah terpasang secara default saat pertama kali mengunduh aplikasi. Pengguna dapat mengisi saldo serta melakukan transaksi untuk pembayaran baik belanja online maupun berbelanja di toko yang bekerjasama dengan LinkAja. Dengan limit 2 juta, pengguna layanan basic juga bisa membayar tagihan bulanan. Beberapa di antaranya seperti PDAM, pulsa, PLN, dan lain-lain.

Dalam basic service, data identitas penggunanya masih belum terdaftar di Finarya. Meski begitu, fasilitas yang tersedia dalam layanan ini telah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia. Dengan demikian, manfaat aplikasi LinkAja bisa lebih optimal dan terjamin keamanannya.

2. Full Service

Pada layanan full service, ada banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Identitas pemegangnya telah terdaftar di Finarya. Fasilitasnya yaitu dapat digunakan untuk mengisi saldo (top up) hingga maksimal 10 juta. Layanan ini bisa dipakai dalam transaksi di toko offline yang menjalin kerjasama dengan LinkAja.

Masih sama dengan basic service, pembayaran tagihan seperti PLN, asuransi, dan sebagainya bisa dilakukan melalui layanan ini. Perbedaannya adalah pengguna bisa transfer dana menuju rekening bank pribadi atau ke pengguna LinkAja lainnya. Selain itu juga bisa menarik saldo yang ada dalam LinkAja menjadi uang tunai. Fasilitas lain telah mengikuti persetujuan Bank Indonesia.

Manfaat Aplikasi LinkAja

Aplikasi LinkAja

Aplikasi untuk layanan keuangan terus bertambah seiring berkembangnya zaman. Tidak jarang pengguna smartphone menginstal lebih dari 2 e-wallet untuk berbagai kebutuhan. Daripada membuat kinerja RAM melambat, ada baiknya jika memilih satu layanan dengan fitur komplit sehingga cukup untuk berbagai keperluan seperti LinkAja. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Transaksi yang Praktis

Penggunaan aplikasi LinkAja sangat mudah. Contohnya ingin membayar listrik, beli voucher game dan sebagainya bisa dilakukan secara cepat berkat antarmukanya yang ramah pengguna. Jarang ada pengguna yang melaporkan kebingungan karena menu yang interaktif dilengkapi logo yang jelas menandakan fungsinya.

Terlebih dahulu pengguna diwajibkan mengisi saldo untuk mengaktifkan pengguna LinkAja. Mengisi saldo di LinkAja bisa dilakukan dengan berbagai metode. Baik transfer bank, mbanking, toko retail, hingga GraPARI. Walau demikian, ada nominal paling sedikit yang bisa diisi ke dalam akun LinkAja. Minimal jumlah pengisian saldo paling tidak 10 ribu.

2. Banyak Metode Pembayaran

Manfaat aplikasi LinkAja berkaitan dengan efisiensi waktu, sesuai dengan masyarakat modern. Pembayarannya tidak membutuhkan waktu lama sehingga bisa dilakukan untuk kebutuhan mendesak. Cukup masukkan nomor ponsel serta pin akun LinkAja. Dengan begitu proses transaksi online sudah bisa dijalankan. Tunggu beberapa saat sampai SMS verifikasi muncul, menandakan transaksinya telah berhasil.

3. Pendaftaran Mudah

Proses untuk registrasi di LinkAja tidak sulit, sehingga pemula juga bisa menyelesaikannya sendiri. Cukup mengunduh aplikasi dari Play Store atau App Store. Daftarkan nomor telepon yang masih aktif beserta email. Buat pin, lalu isikan saldo awal sehingga akun bisa digunakan seperti biasa.

4. Bekerjasama dengan Ribuan Merchant di Indonesia

Saat ini, tercatat hingga ribuan merchant yang sudah bergabung dengan aplikasi LinkAja. Artinya, manfaat aplikasi LinkAja tersedia pada banyak toko online maupun offline yang terdapat di berbagai wilayah tanah air. Pengguna dapat melakukan transaksi di berbagai bidang merchant sesuai keperluan, dengan penawaran menarik seperti potongan harga atau voucher.

5. Menawarkan Banyak Promo yang Menarik

Sebagai aplikasi yang masih terus berkembang, LinkAja menggiatkan promo rutin untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Untuk mengetahui penawaran terbaru, periksa secara rutin aplikasi karena setiap beberapa hari akan muncul promo yang menarik. Masa berlakunya juga berlainan, ada yang berakhir untuk beberapa bulan bahkan sepanjang tahun.

Contoh promo yang banyak dimanfaatkan pengguna LinkAja adalah bebas paket data khusus beberapa jenis transaksi. Ada juga potongan pada biaya administrasi, gratis ongkos kirim makanan hingga cashback. Jenis promo dapat dipilih sendiri sebelum melakukan transaksi. Hal ini bisa meminimalisir jumlah pengeluaran yang tidak perlu.

6. Tersedia Kuota Gratis

Pengguna aplikasi dapat merasakan manfaat aplikasi LinkAja yang jarang ditemukan pada dompet digital lain, yaitu kuota gratis. Kuota internet ini merupakan program terpisah, karena melihat tingginya kebutuhan masyarakat zaman modern akan paket data. Banyak orang menggantungkan aktivitasnya pada pemakaian internet, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Dibandingkan menghabiskan banyak dana untuk mengisi paket internet, LinkAja bisa dimanfaatkan untuk meraih hadiah berupa kuota. Sebagai contoh, transaksi dengan RAILINK pada aplikasi ini dapat membuat penggunanya mendapatkan paket gratis hingga 1 GB. Ada beberapa syarat serta ketentuan yang perlu dipenuhi, pahami terlebih dahulu sebelum mendapatkan promonya.

7. Dapat Membayar Berbagai Jenis Tagihan

Jenis tagihan yang harus dibayar wajib cukup banyak. Beberapa di antaranya seperti pajak, asuransi, hingga BPJS. Dengan banyaknya program yang menjalin kerjasama dengan LinkAja, pengguna akan dimudahkan untuk membayar tagihan. Contoh paling umum adalah membayar BPJS.

Biasanya orang perlu mengantri di kantor BPJS untuk membayar biaya asuransi bulanan. Dengan LinkAja, pengguna bisa melunasi pembayaran ini berbekal internet di rumah. Bank seperti Panin Bank, Commonwealth, serta Digibank juga mengizinkan nasabahnya untuk bertransaksi dari LinkAja. Tentunya kesempatan ini lebih efektif dari segi transportasi dan waktu.

Itulah sederet manfaat aplikasi LinkAja yang sayang untuk dilewatkan. Aplikasi besutan Fintek Karya Nusantara ini memiliki fungsi yang sejalan dengan tagar andalannya yaitu #apa2bisa. Mulai dari makanan, tiket transportasi umum, hiburan, dan lembaga keuangan telah bermitra bersama LinkAja. Kedepannya, penambahan fitur dan promo dari LinkAja dapat menarik merchant lain untuk turut bergabung.

Tidak hanya kebutuhan berbelanja, aplikasi ini juga bermanfaat untuk kebutuhan yang jarang ada di e-wallet lain misalnya pembayaran pajak bangunan (PBB). Pengguna smartphone bisa mempertimbangkan untuk memakai satu jenis e-wallet yang dirasa lengkap dan tidak rumit seperti LinkAja. Tidak lupa juga beralih pada mode Full Service untuk pengalaman komplit.

Baca Juga: Cara Transfer LinkAja

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment