Mengatasi HP Mati Sendiri

Terkadang tanpa sengaja ponsel yang kita genggam terjatuh ke lantai atau ke permukaan air. Kita juga sering mengunduh aplikasi dan game berukuran besar di waktu yang bersamaan. Tanpa tersadar banyak pengguna yang bermain ponsel sambil mencharger setiap harinya.

Tahukah Anda? ternyata hal-hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan hardware pada ponsel. Akibatnya HP Anda bisa mati sendiri bahkan terjadi bootloop. Siapa yang harus disalahkan? Anda atau ponsel yang dimiliki?

Tentu saja keawetan sebuah ponsel tergantung bagaimana kita menggunakannya. Anda juga perlu mengetahui ternyata banyak penyebab lain yang dapat membuat hp tiba-tiba mati sendiri, hang bahkan mati total.

Penyebab HP Mati Sendiri

File sampah yang tertumpuk

Seringnya kita bermain ponsel pasti file sampah atau cache akan terkumpul dengan sendirinya  bahkan terdapat file-file sampah yang tersembunyi.  Lambat laun kinerja multitasking pada handphone Anda akan semakin berkurang.

Akibatnya file sampah menumpuk lalu membuat hp Anda menjadi lemot, force closed, macet hingga mati sendiri.  Tentu saja hal ini dapat menggangu aktivitas Anda bahkan dapat menghambat kinerja Anda ketika menggunakan ponsel untuk bekerja.

HP Terlalu Panas

Saat Anda bermain ponsel perhatikan pula suhu pada handphone Anda. Biasanya jika suhunya terlalu panas atau overheart dapat membuat hp mati sendiri.

Overheat pada ponsel adalah kondisi dimana suhu atau temperatur hp sangat tinggi sehingga menyebabkan ponsel yang panas ketika dipegang. Kondisi ini juga dapat membahayakan kinerja ponsel mulai dari baterai, sistem operasi hingga hardware.

Baterai HP Rusak

Batre HP

Baterai yang telah usang menjadi pengaruh terhadap kinerja hp. Baterai merupakan komponen penting pada ponsel dan menjadi sumber daya hp, jadi jika baterai handphone Anda rusak bisa membuat hp lag bahkan mati sendiri.

Sangat beruntung jika Anda mempunyai HP removable dimana jika baterai ponsel mengalami kerusakan maka bisa langsung melepas dan menggantinya. Sementara jika Anda menggunakan baterai HP non removable maka bersiap-siaplah membawanya ke tempat servis untuk mengganti baterai yang telah usang.

Kesalahan pada sistem Android

Apabila sistem Android error dapat membuat hp mati dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan sistem operasi  Android mengatur kinerja ponsel dalam menjalankan berbagai aplikasi pada ponsel.

Kesalahan pada sistem Android juga dapat menyebabkan layar blank, force closed tiba-tiba serta restart sendiri. Jika masalah ini dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kerusakan hardware seperti emmc yang sangat fatal.

Rusaknya komponen dioda pada ponsel

Jika layar HP Anda mati tetapi mesin ponsel hidup masalah utamanya pasti terjadi kerusakan pada komponen dioda. Dioda pada HP berfungsi sebagai pemancar frekuensi data melalui cahaya infrared yang sangat penting dalam pembentukan cahaya yang akan dipantulkan ke lcd ponsel.

Tentu saja Anda membutuhkan multitester untuk mengecek apakah komponen dioda bermasalah dan perlu dilakukan pergantian? Tetapi untuk melakukan hal ini Anda tidak bisa bertindak gegabah pasalnya jika Anda salah langkah maka ponsel akan selamanya tidak menyala.

Efek Rooting

Rooting atau root merupakan proses untuk mengoptimalkan kinerja hardware pada ponsel atau tablet agar bisa menjalankan semua aplikasi. Tetapi perlu diketahui jika Anda gagal dalam melakukan rooting dapat membuat hp mati sendiri bahkan terjadi bootloop.

Selain itu bahaya lain yang mengintai ponsel Anda jika telah melakukan rooting adalah membuat hp lebih riskan terhadap serangan malware serta menyebabkan garansi resmi hilang.

Kelima penyebab diatas merupakan alasan utama yang membuat hp mati tiba-tiba. Sebagian pengguna pasti langsung membawa handphone kesayangan mereka ke tempat servis terdekat. Tapi tak ada salahnya jika Anda mengikuti cara dibawah ini :

Hapus Aplikasi Android

HP Mati Sendiri? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah cobalah menghapus salah satu aplikasi yang membuat ponsel Anda hang atau lag bahkan mati sendiri. Biasanya handphone yang memiliki banyak aplikasi membuat kinerja ponsel lamban.

Bagi Anda yang tidak sempat untuk menghapus satu persatu aplikasi yang jarang dimainkan, Anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai sekaligus!

  • Install Aplikasi bernama ” Es File Explorer
  • Di dalam aplikasi tersebut akan menampilkan semua aplikasi yang terpasang
  • Pilih beberapa aplikasi yang ingin Anda hapus
  • Klik uninstall

Bersihkan cache pada memori internal

Cache atau file sampah yang tertumpuk pada ponsel dapat menurunkan performa dan masalah pada sistem operasi android. Setidaknya dibutuhkan kapasitas ruang penyimpanan yang kosong sekitar 50% untuk membuat kinerja tetap stabil.

Anda bisa membersihkan seluruh cache pada ponsel dengan menggunakan aplikasi bernama ” One Booster ”  atau memanfaatkan layanan cloud storage untuk memindahkan aplikasi yang mengandung file cache berukuran besar.

Update sistem dan aplikasi yang terinstal

Sistem os android jika tidak diperbarui akan menyebabkan bugs pada setiap aplikasi yang dijalankan bahkan hp bisa mati secara tiba-tiba. Pembaruan sistem perangkat lunak dapat meminimalisir android dari serangan virus serta dapat meningkatkan performa pada smartphone.

Bagi Anda yang tidak mengetahui cara memperbarui sistem os android, silahkan ikut langkah dibawah ini :

  1. Pergi ke menu setelanHP Mati Sendiri? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
  2. Klik tentang ponsel, lalu pilih pembaruan sistem
  3. Jika tersedia versi sistem baru maka Android akan terupdate secara otomatis
  4. Tunggu hingga proses update selesai

Baca Juga: Trik Jitu Menghapus Virus di HP

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment