Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan

Bagaimana Cara Mengatasi Iphone Tidak Ada Layanan – Iphone merupakan gadget yang modern dan sangan populer pada kalangan anak muda, pengusaha dan orang kelas menengah ke atas.  Namun, ini adalah perangkat yang cukup mahal yang seharusnya tidak dilakukan semua orang.

Salah satu masalah pada gadget yang sangat mengganggu pemakainya ialah jaringan pada Iphone yang tidak dapat terhubung pada layanan meskipun telah dilakukan tindakan menghidupkan mode pesawat. Ini tidak menunjukkan layanan. Hal tersebut dapat menyebabkan anda tidak dapat melakukan panggilan telephone, mengirim pesan teks atau sms dan menghidupkan data selular untuk melakukan browsing.

Ketika iphone mengalami kendala tersebut anda harus mengetahui cara mengatasi iphone tidak ada layanan. Kementerian telah menetapkan bahwa akan dilakukan pembersihan terhadap IMEI yang tidak terdaftar guna memberantas pasar gelap gadget. Melalui cara ini, pemerintah mengklaim efektif menurunkan daya tampung karena nomor IMEI yang sudah tidak aktif langsung dihapus.

Apabila gadget yang anda beli mengalami kerusakan seperti hilangnya layanan maka pembeli akan merasa dirugikan dan juga penjual akan mengalami kerugian dari segi materi maupun mendapat komplain dari pelanggan.

iPhone yang sering hilang tiba-tiba atau disebut No Service. Masalah tersebut sangat menyulitkan sehingga mengganggu produktifitas kinerja penggunanya , hal itu dikarenakan anda harus ekstra merawat Iphone anda dengan melakukan update iOS.

Penjual menanggapi sejumlah keluhan pembeli dengan menanyakan nomor IMEI iPhone, kemudian ada juga penjual yang menjelaskan langkah mudah untuk memperbaiki error apabila kerusakannya masih dibilang mudah dan dapat dilakukan dirumah .

  • Hidupkan fitur mode penerbangan (Airplane Mode) selama 15 detik kemudian matikan kembali.
  • Atur ulang bagian pengaturan jaringan (Pengaturan Jaringan)
  • Mulai ulang iPhone

Penyebab Hilangnya Layanan Ponsel

Cara Mengatasi Iphone Tidak Ada Layanan

  • iPhone tidak resmi (ilegal) dan belum terdaftar di Kementerian Perindustrian
  • IPhone eks internasional dibawa dari luar negeri tetapi tidak terdaftar pajak
  • IC Baseband iPhone hilang dan rusak
  • IC atau antena longgar dan rusak karena benturan atau jatuh
  • Tidak ada sinyal operator di area Anda (gangguan)
  • Kegagalan program
  • Smartphone yang diimpor ke negara terlarang
  • Kegagalan dalam pekerjaan penyedia seluler
  • Diblokir oleh pekerjaan operator tertentu
  • Modul radio atau antena rusak

Masalah dengan bagian program. Pada perangkat apa pun, bahkan setelah pemeriksaan dan pengujian menyeluruh sebelum mulai menjual, kesalahan Perangkat Lunak dapat terjadi. Ketika Iphone anda tidak dapat menangkap sinyal coba untuk merestart ulang gadget. Jika tidak membantu, maka masalahnya lebih rumit dan mungkin perlu mengatur ulang semuanya sebelum pengaturan pabrik atau memperbarui firmware. Kegagalan pada komponen perangkat keras.

Jika Anda mengalami masalah ketika iPhone Anda tidak menangkap jaringan dan apa yang harus dilakukan, karena semua metode yang mungkin, Kemungkinan besar “Snag” di Perangkat Keras: Motherboard rusak, antena, atau detail gadget penting lainnya.

Maka solusinya adalah dengan menghubungi pusat layanan perbaikan iPhone. Hal ini tentunya terkait dengan pemberlakuan regulasi baru di Indonesia dimana ponsel ilegal yang beredar dan IMEI-nya tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian akan diblokir.

Cara Memperbaiki iPhone Tidak Ada Sinyal Layanan

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, maka pastikan kartu yang digunakan sesuai atau memiliki sinyal kuat di daerah Anda, dengan membeli simcard yang banyak digunakan dan disukai masyarakat sekitar dan juga mendukung jaringan sinyal seluler dari operator Anda menggunakan.

Terkadang ada beberapa daerah yang sinyalnya sangat sedikit, jauh dari jangkauan operator tower yang digunakan, baik di pinggiran kota, pegunungan, atau tempat-tempat yang jauh dari keramaian. Tetapi jika masalahnya benar-benar Anda berada di kota atau di mana ada sinyal operator seluler yang kuat, tetapi di iPhone tidak demikian.

Periksa Pengaturan data Seluler

iphone_Airplane_Mode

Aktifkan kembali pengaturan data seluler, jika Anda menemukan masalah dengan iPhone tidak ada layanan atau pencarian serta jaringan iPhone tanpa layanan pada produk Apple. Buka menu aplikasi Pengaturan – Data seluler – Aktif. Menu Data Roaming diaktifkan saat berada di luar negeri, dengan masuk ke menu Setting – Seluler – Opsi data Seluler – Data roaming AKTIF

Mulai Ulang Perangkat iPhone atau iPad

Jika cara di atas tidak berhasil, ada baiknya untuk me-restart perangkat Anda dengan mengklik tombol power hingga muncul di layar slide power off. Kemudian hidupkan kembali, tunggu hingga booting selesai dan notifikasi jaringan operator Anda sudah pulih. Jika itu tidak berhasil, coba langkah berikutnya.

Perbarui Pengaturan Operator

Perlu juga memperhatikan update setting yang dilakukan oleh provider selular, terkadang update diberikan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu untuk memberikan keamanan dan lain-lain. Cara update pengaturan operator dengan mengaktifkan jaringan Wi-Fi, lalu masuk ke menu Setting – General – About. Perhatikan layar device, biasanya ada notifikasi dan perintah untuk update carrier dan pilih update, lalu tunggu device selesai update carrier dan restart.

Lepas, Pasang, atau Ganti Kartu SIM

iPhone_Operator

Mungkin ini cara yang paling mudah dan sederhana, dalam mengatasi masalah iPhone yang tidak ada service atau searching. Padahal, cara ini selalu dilakukan pertama kali bagi orang yang belum familiar dengan perangkat yang dimilikinya, dengan asumsi simcard kendor atau ada debu dan lain-lain.

Cara lain selain mencolokkan dan mencabut simcard, adalah dengan mengganti simcard lama dengan yang baru. Bisa jadi sim card lama bermasalah atau rusak sehingga menyebabkan tidak ada layanan atau masalah pencarian di iPhone atau iPad Anda.

Setel Ulang Pengaturan Jaringan

iphone_reset_network

Coba metode selanjutnya dengan mengatur ulang iPhone atau iPad Anda di pengaturan jaringan jaringan saja.  Buka aplikasi Pengaturan – Umum – Atur Ulang – Atur Ulang Pengaturan Jaringan. Cara ini tidak akan menghapus data di perangkat Anda, tetapi hanya pada pengaturan jaringan atau pengaturan jaringan, mengenai kata sandi Wi-Fi, pengaturan seluler, pengaturan VPN dan APN yang akan hilang.

Pembaruan iOS

Jika kamu merasa cara di atas belum cukup untuk menyelesaikan masalah iPhone yang tidak ada service atau searching, ada baiknya melihat update terbaru dari iOS. Lakukan pembaruan perangkat lunak secara berkala jika perangkat Anda memberikan pemberitahuan pembaruan perangkat lunak secara rutin, ini mungkin salah satu cara untuk memperbaikinya.

Masuk ke menu Pengaturan – Umum – Pembaruan Perangkat Lunak, dan untuk mengunduh pembaruan iOS diperlukan jaringan internet yang stabil. Ini dapat dilakukan langsung di iPhone atau iPad Anda, atau menggunakan aplikasi iTunes di laptop atau komputer, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Layanan Perangkat Keras Bermasalah

Ini adalah cara terakhir yang dapat Anda lakukan, jika langkah-langkah di atas tidak mendapatkan hasil yang sempurna pada perangkat Anda tanpa masalah layanan dan pencarian. Artinya ada masalah pada hardware yang perlu ditangani dan diperiksa lebih lanjut, dan hal ini perlu dilakukan oleh teknisi servis yang handal atau langsung ke Apple Authorized Service.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk meminta iPhone sebaiknya berhati-hati dan berhati-hati. Jangan tergiur dengan harga murah atau promo diskon yang menggiurkan. Pastikan Anda selalu membeli iPhone di toko Official Authorized Reseller.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Mengatasi Iphone Tidak Ada Layanan, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur Night Shift di iPhone

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment