Penyebab Fastboot Pada Xiaomi

Penyebab Fastboot Pada Xiaomi yang Sering Terjadi! – Anda pengguna smartphone xiaomi? Pernahkah ponsel Anda mengalami fastboot secara tiba-tiba? Jika Ya memang hampir pengguna xiaomi mengeluhkan masalah ini. Fastboot kerap menghantui pengguna xiaomi karena kerusakan jenis ini termasuk dalam kategori kerusakan sedang.

Gejala kerusakannya pun tidak dapat diketahui jauh-jauh hari. Akibat kerusakan ini beberapa pengguna juga menggunakan mode fastboot untuk flashing perangkat android atau mereboot ulang dengan mematikan ponsel. Tapi ketika sistem ponsel tidak dapat dimuat dapat  menyebabkan layar ponsel mati berwarna gelap, disinilah permasalahan fastboot yang kerap kali muncul.

Selain itu fastboot juga memiliki penyebab lain yang menimbulkan kerugian bagi pengguna. Jika Anda belum mengenal pengertian menyeluruh mengenai fastboot. Simak artikel ini untuk pembahasan lebih lengkapnya!

Pengertian FastBoot

Penyebab Fastboot Pada Xiaomi

Fastboot adalah sebuah protokol pada smartphone termasuk Xiaomi guna melakukan recovery, mempartisi data, memperbarui fimware serta melakukan flashing pada perangkat android. Perlu diketahui pula fastboot memungkinkan ponsel untuk menginstal ulang pembaruan atau ” memflash ulang ” dengan menghapus semua data pada xiaomi.

Ketika sistem OS Android rusak, Fastbood mode adalah alternatif terakhir untuk melakukan instalasi software di dalam android. Dalam mode fastboot Xiaomi yang dilakukan secara manual Anda bisa :

  1. Memulai proses sistem merestart xiaomi ( Reboot System Now )

Fungsi ini digunakan jika xiaomi Anda sering mengalami hang atau lag.

  1. Melakukan booting secara normal ( Reboot to Bootloader )

Sama seperti melakukan rooting fungsi ini digunakan jika xiaomi yang Anda miliki tiba-tiba mati total. Tapi Anda perlu berhati-hati karena dengan melakukan proses ini Anda akan kehilangan garansi resmi pada xiaomi.

  1. Menghubungkan perangkat Xiaomi ke PC ( Apply Update from ADB )

Anda gak perlu khawatir ketika memasuki mode fastboot pada laman menu recovery ini. Anda diharuskan menghubungkan perangkat ke pc untuk melakukan pengembangan perangkat lunak.

  1. Mereset semua data ke restart pabrik ( Wipe data/Factory Reset )

Jika xiaomi tiba-tiba mengalami booting dan berlogo fastboot, Anda bisa masuk ke menu ini sebagai solusi utama.

  1. Menghapus data sistem sementara ( Wipe Cache Partition )

Jika Anda takut kehilangan data penting pada ponsel xiaomi, Anda bisa memasuki mode ini untuk membersihkan partisi cache dan menghapusnya tanpa kehilangan data pribadi.

  1. Melakukan fashing room

Terakhir Anda bisa memasuki mode ini untuk memflashing ulang xiaomi Anda yang tiba-tiba muncul mode fastboot. ROM anda akan terinstall ulang dan Anda harus menggunakan PC jika ingin memasuki mode ini.

Penyebab FastBoot Pada Xiaomi

Fastboot tidak mungkin tiba-tiba terjadi dengan sendirinya. Banyak penyebab yang membuat ponsel xiaomi  tiba-tiba muncul logo fastboot dan tidak bisa kembali ke menu utama, diantaranya ialah ;

  1. Penyebab Fastboot Pada Xiaomi, Kartu memori mengandung malware

Periksa kartu memori yang ditanamkan pada device perangkat xiaomi Anda, biasanya ponsel mengalami fastboot akibat terserang sejumlah malware atau virus yang merayapi pada sistem OS Android.

  1. Penyebab Fastboot Pada Xiaomi, Sering download dan Uninstal Aplikasi

Jika Anda melakukan download dan uninstal aplikasi setiap hari maka jangan salahkan ponsel Anda jika tiba-tiba ponsel xiaomi mati total dan berlayar gelap lalu terjadi bootloop.

Hal ini dikarenakan kerusakan pada bagian EMMC atau komponen penyimpanan internal pada xiaomi sehingga mau tidak mau ponsel  Anda harus di flashing kembali dengan menggunakan mode fastboot.

  1. Charger Eror

Penyebab Xiaomi masuk ke mode fastboot juga terjadi karena masalah pada charger smartphone atau bisa saja baterai Anda telah mengalami kerusakan yang cukup parah.

  1. Penyebab Fastboot Pada Xiaomi, Tombol Volume Bawah Eror

Biasanya jika tombol bagian bawah eror maka akan memasuki mode fastboot akibat tertekan secara terus menerus.

  1. Sistem OS Android Error

Aplikasi tiba-tiba mengalami force closed, game yang tiba bisa dijalankan kemudian ponsel tiba-tiba mati dan tidak bisa kembali ke menu utama. Dapat dipastikan bahwa sistem android error dan perlu perbaikan melalui mode fastboot.

Penyebab ini biasanya kerap terjadi karena pengguna memainkan Xiaomi dalam waktu 24 jam tanpa henti bahkan ponsel telah berumur lebih dari 2 tahun.

FastBoot Berbahaya?

Penyebab Fastboot Pada Xiaomi

Memang menjadi hal wajar jika pengguna baru Xiaomi belum begitu familiar jika ponsel mengalami fastboot akan kesal dan marah. Terutama jika sedang keasyikan bermain ponsel kemudian terjadi hang lalu layar berlogo fastboot.

Dalam keadaan tersebut fastboot Xiaomi sangatlah berbahaya jika tidak segera mengatasinya. Ponsel yang tidak bisa digunakan serta baterai juga akan habis dengan sendirinya. Untuk itu Anda perlu keluar dari menu tersebut seperti tutorial dibawah ini :

Cara Keluar Dari Menu FastBoot

Anda yang terlanjur panik akibat logo fastboot selalu muncul, maka terdapat cara ampuh untuk mengeluarkan Xiaomi dari menu fasboot yakni ;

Cara Pertama

Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah jangan dilepaskan hingga muncul logo xiaomi.

Cara Kedua

  1. Tekan dan tahan tombol power selama 30 detik secara bersamaan
  2. Lalu tunggu hingga ponsel benar-benar mati
  3. Terakhir tekan dan tahan kembali hingga muncul logo xiaomi

Cara Ketiga

Cara ini dilakukan jika kedua cara diatas tidak dapat dilakukan dan ponsel berlayar logo fastboot. Anda harus melakukan reset pabrik pada menu fastboot, yakni ;

  1. Matikan ponsel terlebih dahulu
  2. Tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan
  3. Lalu Anda akan masuk ke dalam menu recovery
  4. Gunakan tombol volume down untuk pergi ke menu ” Wipe data / factory reset ” kemudian tekan tombol power secara bersamaan
  5. Tunggu beberapa saat hingga muncul logo rebooting
  6. Dalam 3 hingga 10 menit ponsel akan kembali menyala dengan logo xiaomi

Cara Keempat

Terakhir Anda bisa menggunakan cara keempat jika ketiga cara tidak berhasil dilakukan yakni melalui command prompt pada PC Anda.

  1. Instal data driver ADB Fastboot lalu aktifkan Xiaomi
  2. Buka ADB dengan cara klik kanan lalu klik Extract Here dan masuklah ke folder fastboot
  3. Hubungkan Xiaomi ke PC melalui kabel USB
  4. Kemudian klik kanan pada folder ADB fastboot lalu open Commands Windows Here
  5. Pastikan command prompt muncul dan arahkan ke Fastboot Devices
  6. Klik enter
  7. Jika sudah terbaca maka masukkan perintah ” Fastboot Reboot ” dan tunggulah reboot hingga selesai

KESIMPULAN

Dapat dikatakan bahwa ponsel xiaomi yang tiba-tiba ke mode fastboot akibat kesalahan sistem operasi yang menyebabkan mesin ponsel mengalami penurunan secara drastis.

Tapi Anda tidak perlu panik atau langsung membawanya ke tempat servis, Anda juga wajib mengenal penyebab munculnya logo fastboot agar lebih berhati-hati dalam menggunakan Xiaomi.

Terakhir Anda juga bisa menyimpan artikel ini sebagai panduan jika Anda yang kesulitan keluar dari mode fastboot.

Baca Juga : Cara Keluar Dari FastBoot Mode

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment