Setting Kamera HP Malam Hari

Fotografi malam hari dengan ponsel cerdas dapat menjadi hal paling menakutkan. Pasalnya, kamu akan menghadapi cahaya redup, kontras ekstrem, dan kebisingan kamera yang mengganggu. Namun untungnya, ada cara kreatif setting kamera HP malam hari guna mengatasi keterbatasan tersebut sehingga dimungkinkan menangkap foto dalam gelap dengan indah dan cantik.

Setelah matahari terbenam dan lampu-lampu kota hidup, setiap orang punya dua pilihan, antara meletakkan kamera di sampingmu hingga siang hari kembali atau segera ambil tantangan memotret dalam gelap. Tentu, bagi penyuka tantangan maka akan memutuskan mengambil peluang mendapatkan potret terbaik sewaktu gelap gulita.

Salah satu cara yang kerap dilakukan untuk mengatasi keterbatasan tersebut misalnya menggunakan aplikasi pengatur eksposur. Saat memotret dalam cahaya rendah dengan kamera film atau DSLR, solusi untuk mendapatkan eksposur paling tepat adalah kecepatan rana yang panjang.

Sementara untuk kamera ponsel cerdas? Maka, manfaatkan aplikasi relevan! Kamu dapat mencoba mengunduh dan menginstal aplikasi Manual jika memakai sistem operasi iOS, sedangkan Android bisa melalui Manual Camera di Google Play Store. Kedua alat bantu ini sangat mungkin untuk dimanfaatkan dalam mengontrol berapa lama rana pada kamera agar senantiasa terbuka.

Panduan Lanjutan Setting Kamera HP Malam Hari

Cara Setting Kamera HP Malam Hari Agar Hasilnya Cantik

Jaga Agar Tetap Stabil

Cara terbaik lainnya untuk mencegah munculnya gerakan kabur demi mendapatkan foto dengan kualitas tajam lewat optimasi eksposur adalah memastikan kamera kamu tetap stabil. Dalam hal ini, kamu mungkin ingin menggunakan tripod seluler atau alternatif portabel seperti dudukan Glif.

Ambil Motion

Satu hal yang cukup menarik saat bermain kamera di kala malam, yakni lampu mobil. Maka dari itu, atur ponsel kamu ke long exposure, lalu bingkai jalan di mana mobil sibuk melintas. Sebenarnya ini adalah ide yang bisa sangat bervariasi, mulai dari perahu di teluk, mobil melintasi jembatan, atau bahkan pesawat terbang di atas kepala.

Contohnya yakni proyek hebat dari Kevin Cooley di mana dia mampu menangkap jejak cahaya pesawat sewaktu berada di atas kepala dan foto-foto jalur terbang kunang-kunang Tsuneaki Hiramatsu.

Berani Menangkap Potret Abstrak

Kegelapan dapat mencegah kamu mendapatkan bidikan dengan pencahayaan sempurna. Namun eksposur yang lama dan kontras berukuran besar sebenarnya merupakan peluang bagus untuk mengambil foto abstrak atau surealis.

Pertimbangkan kegelapan sebagai latar belakang di mana kamu dapat mengisolasi bentuk sekaligus warna, itu akan membuat foto jauh lebih misterius, lebih aneh, namun juga lebih hebat, apalagi hasilnya berpotensi semakin meningkat.

Optimalkan Flash Kamera

Saat cahaya begitu minim, setiap orang selalu punya pilihan menggunakan cahaya ekstra pada apa yang hendak dipotret. Lampu kilat ponsel tentu lebih nyaman, jadi mengapa tidak menggunakannya?

Namun, karena flash akan agak keras dan datar, ada beberapa cara untuk menyesuaikannya. Coba letakkan tisu atau kertas di atas lampu kilat guna melembutkan cahaya, atau gunakan filter warna agar memberikan kesan berbeda. Kamu juga bisa menggunakan flash untuk menerangi objek di sekitar secara dramatis sehingga akan membuatnya tampak menonjol, tetapi memiliki efek yang luar biasa.

Gunakan Sumber Cahaya Eksternal

Saat ini, ada semua jenis aksesori ponsel paling luar biasa, khususnya aksesori yang memungkinkan pengguna mengontrol pencahayaan saat mengambil foto dalam gelap, sehingga hasilnya berpotensi lebih baik daripada lampu kilat bawaan perangkatmu. Contohnya seperti Pocket Spotlight dan Smartphone Ring Light

Intinya, jangan membatasi diri pada aspek pencahayaan, gunakan pula senter, lampu, atau bahkan lampu sepeda. Ini adalah cara praktis untuk mendapatkan pencahayaan ekstra ke sewaktu memotret.

Tahap Editing

Cara Setting Kamera HP Malam Hari Agar Hasilnya Cantik

Saat memotret dalam cahaya rendah, eksposur dan kontras adalah dua aspek yang akan paling sering kamu kondisikan melalui kotak peralatan pengeditan foto. Selanjutnya, coba alat pengeditan di aplikasi EyeEm, kamu akan menemukan semua yang dibutuhkan di situ.

Coba Gaya Hitam Putih

Cahaya rendah dan ISO tinggi dapat menyebabkan noise pada foto, namun demikian sedikit butiran tidak akan merusaknya. Guna mengatasi masalah tersebut, edit foto agar membalikkan kekurangan itu. Menjadi kelebihan.

Sebagai contoh, biji-bijian kerap dibanggakan oleh para fotografer sebab mengandung efek dramatis. Punya foto yang terlalu kasar dan tidak memiliki warna bernuansa bagus? Buat saja hitam dan putih, mungkin mencerahkannya sedikit dan kamu bisa meniru gaya fotografi yang sangat klasik.

Gunakan Lampu Latar

Malam hari sejatinya berpotensi jadi momen tepat mendapati situasi pencahayaan yang sulit, sementara lampu latar belakang hanya opsi lain guna mendapatkan kreativitas dalam efek visual. Tangkap siluet di depan jendela toko, lampu jalan, atau di mana pun lampu bersinar dengan nyaman di belakang subjek incaranmu.

Manfaatkan Lampu Malam

Lampu kota serta etalase toko, lampu neon juga lampu sorot, kamu tidak mungkin mendapatkannya saat siang hari, jadi luangkan waktu untuk melihat bagaimana dirimu dapat menggunakannya secara kreatif.

Panduan Lain

Self timer

Hidupkan Mode HDR, Dapatkan Setting Kamera HP Malam Hari Terbaik

HDR merupakan akronim dari High Dynamic Range, itu dapat memberi tahu kamu betapa berbedanya bagian paling gelap dari bagian paling terang sebuah pemandangan. Aktifkan opsi ini saat ingin mengambil gambar lanskap, pemandangan dengan cahaya latar atau cahaya redup, serta potret di bawah sinar matahari langsung.

Kamu juga harus mengaktifkan Mode HDR saat mengambil gambar pada area dengan pencahayaan redup. Bersama fitur ini ponsel Android dimungkinkan mengambil tiga gambar dalam long exposure guna menunjukkan hasil yang terbaik.

Kamu dapat mengaktifkan Mode HDR dengan membuka aplikasi kamera, lalu mengetuk menu Mode. Beberapa perangkat Android memiliki HDR yang terlihat segera setelah membuka aplikasi kamera. Mode HDR akan membuat gambar terlihat lebih baik, dan bukankah itu yang setiap orang inginkan?

Pakai Self-Timer

Menggunakan self-timer pada waktu malam atau bahkan siang selalu merupakan ide yang bagus. Tidak hanya memberi cukup waktu untuk menemukan sudut terbaik, tetapi juga membantu menghindari gambar buram. Disarankan memilih opsi lima atau sepuluh detik agar punya cukup waktu membuat keputusan. Pasalnya, semakin banyak waktu yang dimiliki untuk memutuskan, tentu berpotensi hasilnya semakin baik.

Pasang Mode Pro

Saat hendak mengakses Mode di kamera ponsel, kamu juga akan melihat opsi yang disebut Pro. Jangan biarkan opsi itu membuatmu takut karena justru mampu memberikan hasil tangkapan gambar terbaik tatkala malam tiba.

Pengguna dimungkinkan menyesuaikan pengaturan dan mengubah eksposur secara manual. Jika terbiasa dengan dasar-dasar fotografi, kamu bisa dengan sangat mudah mengoperasikan mode profesional ini.

Ketahui Kapan Gambar Malam Dimungkinkan

Untuk mengambil gambar bagus saat malam, harus ada jumlah cahaya minimum. Cobalah untuk mengambil gambar di area yang memiliki cukup banyak lampu jalan, mobil dengan lampu menyala, lampu neon, dan sebagainya.

Hal-hal itu akan memberikan cahaya sesuai kebutuhan pada batas minimal. Jika berada di area dengan pencahayaan yang sangat buruk, menggunakan lampu kilat mungkin berhasil, tetapi fotonya jadi tidak ideal. Dengan setting kamera HP malam hari yang tepat, kamu dapat mengambil beberapa gambar menakjubkan. Sisanya tergantung pada kualitas kamera ponselmu sendiri!

Baca Juga: Setting Kamera iPhone XR

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment