Syarat Daftar UMKM

Syarat Daftar UMKM Saat ini banyak masyarakat yang mulai mendirikan bisnis UMKM mereka melakukannya sebagai bisnis utama. Tapi tak jarang juga mereka memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan lain di luar pekerjaan utama.

UMKM bisa didaftarkan dan tentu saja syarat daftarnya cukup rumit serta harus dipahami dengan baik. Pendaftaran UMKM bahkan bisa dilakukan secara online karena canggihnya teknologi gadget. Namun, sebelum sampai ke tahap itu mari simak definisi UMKM dan apa pentingnya mendaftarkan izin usaha ini.

Apa Itu UMKM?

Syarat Daftar UMKM

Definisi UMKM sendiri adalah usaha yang dibangun secara mandiri oleh individu, rumah tangga atau bisa dibilang badan usaha dengan ukuran kecil. Para pelaku UMKM mengeluarkan modal yang sangat sedikit untuk menjalankan bisnis mereka.

Saat usaha ini sudah stabil, Anda bisa langsung mendaftarkan perizinan usaha supaya merek Anda diakui. Pastinya ini membuat usaha yang Anda jalani sedikit naik kelas dan mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan Mendaftarkan Perizinan UMKM

Syarat Daftar UMKM

Mendaftarkan bisnis UMKM secara legal bisa memberikan Anda beberapa keuntungan, adapun di antaranya sebagai berikut ini.

  • Pembeda dengan Brand Lain

Setiap usaha tentu mempunyai merek untuk membedakan produk Anda dengan produk orang lain. Mendaftarkannya ke pemerintah bisa membuat Anda menjadi pemilik dari merek atau usaha tersebut. Sehingga nantinya tidak akan tertukar dengan orang lain.

Anda harus memiliki ciri khas alias identitas tersendiri yang membuat bisnis Anda beda dengan yang lain. Kebanyakan pelaku UMKM tak terlalu peduli dengan pendaftaran merek ini, tapi hal itu membuat mereka rentan mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan.

  • Memberikan Perlindungan Hukum

Mendaftarkan bisnis UMKM yang Anda jalani juga bisa memberikan Anda keuntungan dari segi perlindungan hukum. Jadi, saat ada seseorang yang menggunakan merek untuk berjualan produknya, maka Anda bisa mengajukan tuntutan.

Dengan begini tidak akan ada orang yang berani menggunakan merek dagang Anda. Hak atas merek ini biasanya memiliki jangka waktu tertentu. Biasanya juga bisa diperpanjang apabila pelaku usaha ingin mendapatkan hak eksklusif atas merek-nya untuk waktu yang lebih lama.

  • Lebih Mudah Dipercaya Masyarakat

Ketika Anda mendaftarkan merek dan telah mendapatkan izin khusus, maka akan lebih mudah bagi Anda memasarkannya. Kemudian orang-orang akan lebih percaya dengan merek atau produk yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah. Menandakan bahwa produk tersebut memang kualitasnya sudah yang terbaik.

Beda halnya jika usaha Anda tidak memiliki izin, maka beberapa masyarakat akan sulit menentukan pilihan. Sebab, menganggap bahwa usaha kecil yang Anda lakukan kualitasnya kurang begitu bagus. Sehingga ini akan membuat mereka memilih produk atau merek dari brand yang lain saja.

  • Mendapatkan Bantuan Pemerintah

Di masa pandemi Covid-19 ini tentu Anda tahu bahwa pemerintah memberikan sejumlah bantuan untuk masyarakat. Salah satunya bagi para pelaku UMKM yang juga terdampak dengan adanya pembatasan sosial berskala besar. Banyak UMKM yang menutup usaha mereka karena kurangnya pembeli.

Sebab, di masa ini semua orang harus berhati-hati agar tidak tertular virus Covid-19. Karena hal ini pemerintah memberikan bantuan berupa uang bagi pelaku UMKM ini, demi membantu kehidupan dan usaha mereka tetap berjalan.

Bantuan tersebut diharapkan mampu membuat mereka berinovasi atau setidaknya bertahan di masa pandemi yang tidak pasti kapan akan selesainya ini. Tentu saja ada syarat-syarat pendaftaran bantuan yang harus Anda penuhi dulu.

Salah satunya ada izin usaha atas bisnis UMKM yang Anda jalani. Barulah jika sudah memiliki dokumen izin ini maka tinggal memenuhi syarat-syarat lain untuk mengklaim bantuan tersebut.

Cara Daftar UMKM Secara Daring yang Mudah

Zaman yang sudah canggih ini membuat Anda tak perlu ribet mendaftarkan izin usaha Anda. Semua bisa dilakukan secara daring sehingga Anda tak perlu repot ke mana-mana.

Adapun Syarat Daftar UMKM sebagai berikut :

  • Masuk ke https://oss.go.id kemudian buat akun dan segera login
  • Cari menu Perizinan Berusaha kemudian cari lagi menu Perseorangan
  • Klik menu Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro apabila bisnis Anda merupakan usaha mikro perseorangan. NIB ini adalah Nomor Induk Berusaha. Namun, jika bisnis Anda merupakan usaha kecil perseorangan, maka klik menu Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil
  • Lantas silakan lanjut proses NIB dan Izin Usaha, lalu segera lengkapi saja kolom kosong dalam formulir Data Profil
  • Kemudian tinggal klik Simpan dan Lanjutkan
  • Ketika ada di formulir Data Usaha, tinggal pilih menu Tambah Usaha
  • Lanjut isi formulir yang disediakan lalu klik Simpan dan Lanjutkan
  • Jika Anda memiliki bisnis UMKM lebih dari satu, maka tekan menu Tambah Usaha dan tekan lagi menu Selanjutnya
  • Segera kirimkan permohonan Izin Lokasi serta Izin Lingkungan lewat formulir Komitmen Prasarana Usaha. Lantas klik lagi menu Selanjutnya.
  • Kalau Anda sudah mengisi NIB dan Izin Usaha dengan benar, jangan lupa dilihat dulu rangkuman datangnya kemudian preview draft NIB ini beserta Izin Lingkungan, Izin Lokasi dan juga Izin Usaha
  • Kemudian centang kotak disclaimer-nya dan klik tombol Proses NIB

Anda bisa melangkah ke proses selanjutnya, yakni proses Izin Komersial / Operasional jika memang dibutuhkan. Itu artinya bila tidak dibutuhkan maka Anda bisa tidak melakukannya.

Adapun untuk Syarat Daftar UMKM ialah sebagai berikut :

  • Tekan opsi Permohonan – IUMK – Izin Komersial/Operasional
  • Anda bisa pilih nomor NIB/Nomor Kegiatan Usaha dan klik ‘Pilih NIB’
  • Bila daftar kegiatan usaha sudah tertera di layar, maka jangan lupa tekan ‘Pilih Kegiatan Usaha’
  • Lalu selanjutnya tekan ‘Izin Komersial/Operasional’
  • Isikan data-data yang dibutuhkan kemudian tekan Lanjut dan Simpan
  • Untuk mengeceknya sekali lagi klik saja Preview Izin lantas tekan menu Lanjut dan Simpan
  • Anda bisa tekan menu ‘Preview Izin Komersial/Operasional’ yang sudah diterbitkan oleh OSS di bagian output Izin Komersial/Operasional
  • Nah, sampai di sini proses pun telah selesai

Dari penjelasan di atas tentu diketahui bahwa pendaftaran UMKM ini sangat penting. Mengingat ada begitu banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila mempunyai izin resmi. Banyak pelaku UMKM mulai gulung tikar karena tidak mampu bertahan. Apalagi di Indonesia penggiat bisnis UMKM ini tak hanya segelintir saja, melainkan ada banyak sekali.

Sebagai pelaku bisnis UMKM Anda juga harus membuat banyak inovasi baik dari segi produk maupun dari segi promosi. Supaya dapat bersaing dengan bisnis lainnya yang lebih bagus. Jangankan bisnis UMKM, bahkan satu per satu brand terkenal yang telah memiliki nama dan banyak pengunjung pun memutuskan untuk gulung tikar akibat dari Covid-19 ini.

Jadi, sekarang Anda paham mengapa mendaftarkan bisnis UMKM sangat berguna dalam hal ini. Apalagi pemerintah juga menawarkan bantuan yang jumlahnya cukup lumayan. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dan syarat daftar UMKM yang telah disebutkan di atas. Pastikan bahwa Anda sudah mencari banyak informasi sehingga tidak salah dalam mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Cek Bantuan UMKM

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment