WhatsApp Mod

WhatsApp Mod yang Patut Dimengerti – Topik tentang WhatsApp memang rasanya tidak akan pernah habis entah sampai kapan, mengingat tingginya popularitas aplikasi ini. Sejak pertama kali diluncurkan sampai sekarang sudah mencapai lebih dari 5 miliar kali unduhan, sungguh sebuah pencapaian fantastis mengingat maraknya produk serupa. Pada waktu bersamaan, semakin banyak pula ditemukan WhatsApp Mod beredar di pasaran.

Apa Itu WhatsApp Mod?

WhatsApp secara umum merupakan aplikasi pesan instan di mana memungkinkan pengguna saling bertukar informasi dalam waktu singkat, bahkan tidak sampai satu menit jika jaringan mendukung. Ini merupakan salah satu produk digital yang memberikan begitu banyak kemudahan bagi manusia, khususnya terhadap aspek interaksi dunia maya.

Sayangnya, WhatsApp dinilai kurang menarik karena fiturnya sangat minimalis. Anda hanya dimungkinkan mengirim pesan teks, melakukan panggilan suara, melakukan panggilan video, dan mengirim pesan suara. Selain itu, ada sedikit hiburan dari fitur Story, di mana kerap kali dijadikan sarana berbagi momen kepada seluruh daftar kontak pribadi.

Hal itu pada akhirnya memicu kreativitas dari sebagian developer untuk mengembangkan fitur lain yang sifatnya tidak resmi. Alih-alih WhatsApp original, WhatsApp Mod biasanya menawarkan fasilitas dan layanan cenderung lebih unggul. Akibatnya, tidak sedikit pengguna yang memilih migrasi dari versi legal ke ilegal.

Apalagi, jika ingin menikmati fitur lebih luas di WhatsApp original, maka itu memerlukan instalasi tambahan melalui WhatsApp Business. Namun demikian, hal semacam ini cukup menyulitkan karena menjadi tidak lagi instan, di samping adanya keterbatasan ruang penyimpanan pada perangkat.

Maka dari itu, keberadaan WhatsApp modifikasi semakin kuat, variatif, dan mudah ditemukan secara bebas di internet. Cara mengunduhnya pun ringkas, biasanya hanya perlu mengeklik sebuah link dan akan diantarkan ke aplikasi tujuan.

Situasi demikian, lalu memicu pertanyaan lebih lanjut, apa itu sebenarnya WhatsApp Mod?

Secara sederhana, nama aplikasi tersebut tampaknya terinspirasi dari kata Modify atau disingkat Mod, yang artinya modifikasi. Sesuai dengan keadaan sebenarnya, di mana pihak pengembang membuat WhatsApp, tetapi dengan dilengkapi sejumlah fitur yang tidak dimiliki oleh versi original.

Dengan kata lain, aplikasi tersebut memang tidak resmi sehingga untuk mengunduhnya pun tidak melalui Play Store atau App Store, melainkan halaman website dari para pengembang atau istilahnya modder, orang yang menjalankan modifikasi.

Aplikasi Selain WhatsApp Mod

Sejalan dengan hal itu, WhatsApp Mod mempunyai banyak sekali variasi, tidak hanya satu pengembang saja. Berikut ini beberapa aplikasi modifikasi populer yang bisa dijadikan tambahan pengetahuan sekaligus bahan perbandingan.

  1. WhatsApp Prime

WhatsApp Mod

Nama Aplikasi WhatsApp Prime
Versi Aplikasi V1.21
Ukuran File Apk 34MB
Versi Android Minimal Android 4.0

Download Apk

WhatsApp Prime adalah salah satu hasil modifikasi populer di mana pengguna dimungkinkan mengirim hingga 100 file sekaligus dalam satu waktu. Selain itu, bisa pula menyalin Story pengguna lain, dan bahkan meniadakan batasan karakter ketika chat dan membuat status.

Keunggulan lainnya, ini disinyalir anti bug dan anti lag sehingga ringan ketika digunakan. Terutama karena ukuran file aplikasinya sendiri memang sudah kecil, hanya sebesar 14,7 MB.

  1. GB WhatsApp

Nama GB WhatsApp
Ukuran File 39.2MB
Versi Latest Version
Sistem Operasi OS Android 5.0+
Developer GB Mods

Download Apk

Aplikasi ini dirancang berjenis clone di mana Anda tidak harus menghapus aplikasi original jika ingin memakainya. GB WhatsApp merupakan hasil modifikasi dari Has.007, salah seorang. pengguna senior di situs XDA Developer.

Keunggulannya adalah tersedia banyak teman sehingga tampilan WhatsApp Anda jadi lebih berwarna dan variatif. Alih-alih menemukan suasana hijau yang monoton, konsumen akan dimanjakan dengan UI memukau.

Di sisi lain, WhatsApp Mod satu ini juga memungkinkan Anda berkirim foto pada waktu yang sama hingga mencapai 90 buah, jadi pekerjaan berpotensi lebih cepat selesai. Layanan menarik lainnya, pengguna dapat membalas pesan secara privat meski berada di dalam sebuah grup.

  1. WhatsApp MA

WhatsApp Mod

Aplikasi WhatsApp MA
VersI 6.60
Ukuran` 36 MB
Android 4.0+

Download Apk

WhatsApp MA mampu menghadirkan layanan esensial di mana pengguna akan dibuat betah berselancar di dalamnya. Fitur paling menarik adalah performa kencang meski ukuran ruang penyimpanan perangkat terbatas, sehingga cocok bagi Anda yang membutuhkan aplikasi minimalis. Ini dapat bekerja secara optimal pada Android kelas low-end.

Tidak hanya itu, Anda pun punya kesempatan melakukan personalisasi tampilan agar lebih estetis. Dari jenis font, tema, hingga ukuran font, semuanya sangat mungkin dirancang sesuka hati melalui WhatsApp Mod yang menarik ini. Belum lagi, Anda dapat mengirim file secara bebas tanpa khawatir mengalami penurunan kualitas atau resolusinya berubah.

Artinya, bagi Anda yang memerlukan aplikasi pesan instan pada Android low-end, berukuran kecil, fitur masih sejalan dengan versi original, maka WhatsApp MA adalah alternatif pilihan paling cocok. Sedikitnya upaya modifikasi pada produk Android ini sekaligus akan memperkecil kemungkinan dibekukan oleh pengembang WhatsApp yang asli.

Sebenarnya ada lebih banyak aplikasi yang termasuk dalam keluarga WhatsApp hasil modifikasi. Namun, ketiga aplikasi di atas sudah lebih dari cukup untuk sekadar memberikan gambaran. Selanjutnya, apakah akan benar-benar digunakan atau tidak, itu tentunya kembali kepada keputusan pribadi.

Apa Saja Fitur Unggulan WhatsApp Mod?

WhatsApp Mod

Meskipun telah disinggung sebelumnya, tetapi tahukah Anda bahwa fitur WhatsApp Mod jauh lebih variatif dan unggul? Inilah yang menyebabkan banyak orang berlomba mencari, mengunduh, dan menginstalnya.

Logika sederhananya, jika versi original punya fitur lebih lengkap, maka tidak mungkin pengguna akan terpikir untuk beralih ke hasil modifikasi. Tentunya pernyataan ini bukan sekadar isapan jempol semata, berikut adalah bukti bahwa versi ilegal jauh lebih unggul dalam aspek kelengkapan fitur.

  1. Kirim file lebih bebas

Umumnya, pada WhatsApp original pengguna akan kesulitan mengirimkan file dalam waktu yang sama tanpa terjadi penurunan resolusi atau loading lambat. Sementara itu, melalui aplikasi modifikasi ini, siapa pun dimungkinkan mengirimkan file apa pun dengan bebas.

Misalnya, Anda bisa mengirim 10 foto sekaligus tanpa adanya penurunan kualitas. Sejalan dengan hal ini, gambar-gambar tersebut dapat dikirim meski resolusinya cukup tinggi, hingga 18 MB. Begitu pula ketika membagikan dokumen, di mana batasannya mencapai 100 buah dalam satu waktu.

  1. Menyembunyikan beberapa informasi

Apakah Anda pernah merasa risi karena informasi status online ataupun foto profil terpampang jelas di layar percakapan?

Dengan menggunakan WhatsApp Mod, hal itu tidak perlu lagi menjadi masalah berarti untukmu, sebab sudah bisa disembunyikan dengan cepat. Di sini, Anda bisa membuat akun tampak offline meskipun sebenarnya sedang online, jadi bisa berlama-lama membalas pesan jika memang menginginkannya.

Selain itu, foto profil Anda bisa saja tidak ditampilkan ketika berada di ruang percakapan, di mana yang muncul sebatas nama saja. Bagi orang yang suka melakukan tangkapan layar pada percakapan pribadi, tetapi enggan menampilkan foto, fitur ini cukup menarik minat, bukan?

Pasalnya, Anda tidak usah lagi menggunakan aplikasi editing untuk mengaburkan gambar profil atau menutupinya menggunakan stiker tertentu. Dengan begitu, bisa langsung memublikasikan hasil tangkapan layar ke kanal media sosial yang lebih besar, jika benar-benar berniat melakukannya.

  1. Kustomisasi tampilan WhatsApp

Tidak kalah menarik, WhatsApp Mod memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi dengan bebas. Mulai dari mengubah jenis dan ukuran font, mencoba berbagai variasi tema, hingga memperoleh UI yang lebih estetis.

Biasanya, pihak developer menyediakan sejumlah alternatif tema yang bisa diunduh secara gratis melalui aplikasinya langsung. Anda bahkan diberikan kesempatan pula untuk mengendalikan komponen warna, seperti teks counter serta warna tab.

Pada dasarnya, aplikasi modifikasi cocok bagi Anda yang suka berkreasi dan menghindari kesan monoton. Dengan begitu, waktu yang dihabiskan di WhatsApp juga relatif lebih menyenangkan karena dimanjakan dari aspek visual.

  1. Mengatur centang satu

Apa pun pesan yang dikirimkan ke nomor Anda, meskipun itu telah dibaca, informasi pada ruang percakapan bisa diatur terlihat centang satu. Hal ini mungkin untuk diterapkan selalu, selama yang Anda inginkan, sehingga terkesan seolah pemilik akun tidak terhubung dengan jaringan internet.

Tindakan semacam ini umumnya sangat dibutuhkan oleh orang yang ingin menghindari sesuatu, misalnya telepon perihal pekerjaan di akhir pekan. Dapatkan kesempatan untuk tampak selalu offline meskipun kenyataannya Anda sedang online.

Hanya saja, situasi demikian di sisi lain berpotensi menjadi boomerang, jika dilakukan secara terus-menerus. Artinya, orang lain yang sebelumnya sudah tahu tentang WhatsApp Mod sangat mungkin melakukan hal serupa kepada Anda.

Bagaimanapun juga, status online tersebut dapat disembunyikan kepada siapa pun, meski sama-sama pengguna aplikasi modifikasi. Jika seseorang sedang membutuhkan respons cepat, tentunya terasa menyebalkan ketika tidak kunjung menerima balasan, bukan?

  1. Sembunyikan chat via grup atau kontak pribadi

Adakah Anda memiliki grup rahasia yang berisi informasi sensitif atau sejenisnya? Hal ini bisa disembunyikan dengan adanya fitur proteksi pesan melalui WhatsApp modifikasi. Di sini, pengguna akan diberikan fasilitas tambahan berupa penerapan password atau pin pada kontak ataupun grup.

Artinya, orang lain tidak akan tahu meskipun membuka WhatsApp Anda langsung sebab untuk melihat ruang percakapan yang telah dilindungi tersebut membutuhkan deretan password. Selain itu, biasanya grup atau kontak yang disembunyikan tidak akan muncul pada beranda utama, jadi privasi obrolan dapat tetap terjaga.

  1. Mengatur tanda centang biru

Tanda centang biru pada WhatsApp mengindikasikan bahwa sebuah pesan telah dibaca oleh penerimanya. Namun, tahukah Anda bahwa hal ini bisa saja dimanipulasi?

Melalui pemanfaatan WhatsApp Mod, seseorang dapat mengatur agar centang biru hanya aktif ketika pesan sudah selesai dibalas. Ini berarti, selama Anda belum mengirimkan pesan balasan, meskipun telah dibalas sebelumnya, maka tanda centang masih akan berwarna abu-abu dan tidak. berubah menjadi biru.

Dengan demikian, orang tidak akan tahu bahwa sebenarnya Anda sudah membaca pesan tersebut, dan juga, pada waktu yang sama membantu menghindarkan pemakai aplikasi modifikasi dari prasangka.

Bagaimanapun juga, ada kalanya Anda merasa sangat malas terhubung dengan orang-orang melalui WhatsApp, tetapi risi jika melihat notifikasi menumpuk, atau justru merasa tidak enak karena berlama-lama membalasnya. Oleh karena itu, meskipun keberadaannya ilegal, harus diakui bahwa produk modifikasi ini memang kadang kala menjadi solusi di situasi tertentu.

  1. Menghalangi penghapusan pesan

Pernahkah Anda merasa sebal karena sangat penasaran dengan sebuah pesan, tetapi si pengirim sudah telanjur menghapusnya? Hal ini cukup sering dialami dalam interaksi sehari-hari di dunia maya.

Kabar baiknya, WhatsApp versi ilegal menawarkan fitur unggul berupa anti hapus pesan, di mana setelah pengirim memberikan balasan, itu tidak dapat ditarik kembali. Dengan demikian, Anda tidak perlu menahan rasa penasaran karena bisa langsung membacanya dalam tempo cepat.

  1. Melihat status tanpa ketahuan

Bagi Anda yang sedang menyukai seseorang, misalnya, ingin hati melihat status si dia tetapi merasa malu jika ketahuan. Tahukah Anda bahwa situasi ini bisa diatasi dengan memanfaatkan fitur pada WhatsApp Mod?

Berbeda dengan mengaktifkan laporan dibaca pada WhatsApp original, fitur ini lebih berorientasi pada Story secara spesifik. Artinya, Anda tetap dapat menerima laporan baca dari mereka yang sengaja mengaktifkannya. Pada waktu yang sama, juga bisa mengintip Story orang lain tanpa terdeteksi di laporan pengamat mereka.

Jadi, Anda bisa dengan bebas melihat apa isi Story seseorang tanpa khawatir yang bersangkutan akan mengetahui aksi tersebut.

  1. Mematikan laporan terakhir dilihat

Ingin menyembunyikan laporan kapan terakhir kali Anda aktif tanpa perlu menerima perlakuan yang sama dari pengguna lain?

Pada dasarnya, mayoritas fitur yang ada di WhatsApp original bersifat timbal balik. Ketika Anda mematikan laporan dibaca, maka pada waktu bersamaan juga tidak bisa melihat laporan baca milik orang lain.

Sementara itu, WhatsApp versi modifikasi tidak demikian aturan mainnya. Pengguna tetap dimungkinkan melihat laporan baca dari orang lain, sembari menyembunyikan laporan baca milik mereka. Termasuk dalam hal informasi kapan terakhir kali dilihat, di mana Anda bisa menonaktifkan itu, tetapi tidak kehilangan informasi atas pengguna lainnya.

Meski terasa menyebalkan bagi sebagian orang, tetapi bagi pengguna WhatsApp Mod hal ini kadang dianggap sebagai kesenangan tersendiri.

  1. Mengatur privasi panggilan

Ingin membatasi siapa saja orang yang dapat menelepon Anda tanpa harus memblokir nomor secara khusus?

Melalui aplikasi ini, sangat mungkin untuk mewujudkan keinginan tersebut. Paling tidak ada lima kelompok alternatif mengenai siapa saja yang dapat menghubungi Anda. Dari siapa pun, kontak tertentu, kontak pribadi, kontak terpilih, hingga tidak seorang pun bisa menelepon Anda.

Ada lebih banyak fitur unggulan yang ditawarkan oleh WhatsApp modifikasi, tetapi 10 aspek di atas rasanya sudah lebih dari cukup untuk menarik minat siapa pun. Selanjutnya, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya sendiri jika memang ingin tahu lebih lanjut.

Bagaimana Cara Pakai WhatsApp Mod?

Barangkali Anda tertarik mencobanya setelah mengetahui keunggulan WhatsApp Mod, berikut ini panduan singkat yang perlu dipahami.

  1. Unduh dan instal

WhatsApp modifikasi, sebagaimana statusnya yang ilegal, ini tidak bisa ditemukan di Play Store, melainkan harus mengakses situs web tertentu. Untuk mencari tautan terkait, Anda bisa menggunakan mesin pencarian dengan memasukkan nama aplikasi modifikasi tertentu atau secara umum saja.

Setelah menemukan link khusus, langsung download dan tunggu hingga tuntas. Selanjutnya, lakukan instalasi dengan memberikan izin melalui pengaturan perangkat terlebih dahulu. Pasalnya, Android memberlakukan seting default di mana hanya aplikasi resmi yang dapat dipasang.

  1. Daftar, verifikasi

Sebagaimana WhatsApp original, WhatsApp Mod juga memerlukan pendaftaran dan proses verifikasi nomor yang diregistrasikan. Caranya pun tidak jauh berbeda, Anda tinggal membuka aplikasinya, lalu mengikuti permintaan yang tertera di halaman muka.

Jika proses ini sudah selesai, Anda dapat bisa lanjut memakai akun seperti biasa, tetapi kini dimungkinkan menikmati lebih banyak fitur dibandingkan pengguna pada umumnya.

Di balik fitur unggulan yang ditawarkan oleh WhatsApp Mod, perlu dipahami bahwa aplikasi ini sifatnya ilegal. Dengan kata lain, tidak ada jaminan keamanan, potensi untuk dibekukan secara permanen, hingga pencurian data bisa saja mengintai Anda. Oleh karenanya, pikirkan sebaik mungkin sebelum memutuskan akan menginstalnya atau tidak, lalu bijaklah.

Baca Juga : YoWhatsApp

5/5 - (765 votes)

Leave a Comment