YoWhatsApp

YoWhatsApp dan Beberapa Hal Seputar Aplikasi Modifikasi Tersebut – Nama WhatsApp sendiri beberapa tahun belakangan ini sangatlah populer. Aplikasi chatting dan telponan ini kini sudah menjadi salah satu aplikasi wajib bagi para pengguna smartphone baik itu Android maupun IOS. Namun ada beberapa pihak yang melakukan modifikasi pada aplikasi WhatsApp, dimana salah satu hasil modifikasi tersebut adalah YoWhatsApp. Kali ini kita akan membahas beberapa hal seputar aplikasi yang masuk kategori aplikasi mod tersebut.

Apa Itu YoWhatsApp

YoWhatsApp

YoWhatsApp sendiri merupakan sebuah aplikasi yang mirip dengan WhatsApp, dimana fungsi utamanya adalah untuk mengirim pesan hingga melakukan panggilan suara juga panggilan video. Beberapa fitur lain yang mirip dengan antara kedua aplikasi ini adalah fitur story, fitur mengirim berbagai jenis file, hingga fitur berbagi lokasi.

Jika dilihat secara sekilas kedua aplikasi WhatsApp tersebut tidak ada bedanya. Namun jika anda meneliti lebih jauh maka anda akan menemukan banyak sekali perbedaan antara WhatsApp Original dengan WhatsApp mod tersebut. Hal ini dikarenakan WhatsApp mod sendiri merupakan sebuah aplikasi modifikasi dari WhatsApp Original yang didalamnya ada penambahan beberapa fitur.

Fitur-fitur yang ditambahkan tersebut merupakan fitur yang memang tidak akan anda temukan di WhatsApp Original. Namun sayangnya semua aplikasi mod pasti dibuat oleh pihak ketiga tanpa sepengetahuan sang pemilik asli aplikasi yang dimodifikasi, alhasil untuk mendapatkan aplikasi mod ini anda harus mencarinya secara manual di internet karena tidak tersedia di toko aplikasi manapun.

Demikian beberapa penjelasan mengenai apa itu YoWhatsApp sampai perbedaannya dengan WhatsApp Original. Selanjutnya kita akan membahas beberapa fitur yang hanya dimiliki oleh aplikasi mod tersebut yang tidak ada di WhatsApp Original. Tanpa banyak basa-basi lagi berikut adalah listnya.

Download YoWhatsApp

App Name YoWhatsApp (YoWA)
Version 9.11
Last Updated On 17 December 2021
Size 50.6 MB
Total Downloads 15,857,760+
Developer Fouad Mokdad

Package: com.yowa

Download Apk

Package: com.wa

Fitur-Fitur yang Dimiliki YoWhatsApp dan Tidak Dimiliki Oleh WhatsApp Original

  1. Dapat Mengirim Hingga 100 Gambar Sekaligus

Pada WhatsApp Original anda hanya bisa mengirim 30 gambar saja dalam waktu sekali tekan, untuk bisa mengirim 100 gambar anda harus melakukannya sebanyak 4x yaitu dengan cara mengirim 30 gambar sebanyak 3x kemudian 10 gambar sisanya. Cara ini kadang membuat bingung karena kita harus menandai gambar mana saja yang sudah dikirim dan gambar mana yang belum dikirim.

Namun dengan menggunakan YoWhatsApp anda bisa mengirim 100 gambar sekaligus hanya dengan sekali tekan. Berkat adanya fitur ini anda tidak perlu repot-repot lagi menandai gambar mana saja yang belum dikirim dan gambar mana saja yang sudah dikirim.

  1. Dapat mengubah Tema Sesuka Hati

Tema yang ada pada WhatsApp Original jika dilihat berulang kali pasti akan membuat kita cepat bosan. Dengan aplikasi mod WhatsApp ini anda bisa mendownload berbagai macam tema dan menggunakannya secara gratis. Ada banyak sekali tema yang tersedia dengan berbagai macam karakter dan desain unik yang bisa membuat para pengguna WA mod tidak cepat bosan.

  1. Fitur Kunci Aplikasi

Fitur kunci aplikasi merupakan salah satu fitur yang paling disukai oleh para pengguna WA mod ini karena sangat privasi. Fungsi dari fitur ini adalah anda bisa mengunci aplikasi WhatsApp anda sehingga tidak sembarang orang bisa membuka dan membaca isi percakapan anda dengan orang lain di dalam WhatsApp atau mengutak atik isi aplikasi WhatsApp anda.

Fitur ini sangat cocok bagi anda yang menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai sarana mengirim berkas-berkas penting yang berhubungan dengan pekerjaan atau sejenisnya. Fungsi dari fitur kunci aplikasi ini mirip seperti fitur kunci smartphone, namun bedanya fitur kunci aplikasi hanya bekerja untuk mengunci aplikasi WhatsApp saja.

  1. Membatasi Panggilan Masuk

Ada beberapa orang yang merasa sangat terganggu jika nomor mereka dihubungi secara sembarangan, bahkan ada beberapa orang yang sampai melakukan spam panggilan yang membuat sang pemilik nomor akan sangat terganggu. Dengan menggunakan YoWhatsApp anda bisa membatasi siapa saja yang bisa menelpon ke nomor WhatsApp anda, jadi hanya orang-orang tertentu yang bisa menghubungi anda lewat panggilan di aplikasi WhatsApp.

  1. Fitur Perekam Voice Note Dengan Sekali Tekan

Untuk WhatsApp Original jika kita ingin membuat voice note atau pesan suara kita diharuskan untuk menekan tombol mic yang ada di samping kolom chat atau menggesernya keatas untuk merekam suara dalam waktu yang lama. Namun dengan aplikasi mod ini anda bisa mengirim suara hanya dengan sekali tekan saja tanpa perlu menahannya atau menarik ke atas untuk merekam suara dalam waktu yang lama.

  1. YoWhatsApp, Membuat Wallpaper Beranda WhatsApp

Pada aplikasi WhatsApp Original para pengguna hanya bisa mengubah wallpaper chat saja tetapi tidak dengan wallpaper beranda WhatsApp. Beranda sendiri merupakan tampilan awal saat kita membuka aplikasi WhatsApp atau gampangnya tempat semua chat dengan siapa saja di aplikasi WhatsApp ditampilkan.

Umumnya tampilan beranda WhatsApp adalah hitam atau hijau, dimana tampilan tersebut pasti membosankan jika dilihat terus menerus. Oleh sebab itu aplikasi WA modifikasi ini kemudian menyediakan sebuah fitur yang bisa memungkinkan para penggunanya untuk mengubah wallpaper beranda aplikasi WhatsApp mereka sesuka hati dengan gambar apapun yang diinginkan sama seperti mereka mengubah wallpaper chat.

  1. Terdapat Banyak Font Menarik

Pada aplikasi WhatsApp Original kita akan menemukan font atau jenis tulisan yang itu-itu saja, ini membuat beberapa orang cepat bosan karena sudah sering menggunakan font tersebut. Namun jika anda menggunakan YoWhatsApp maka anda akan menemukan banyak sekali font gratis yang bisa anda gunakan, bahkan anda juga bisa mengirimkan pesan teks yang berbentuk ditebalkan, dimiringkan atau digaris bawahi.

  1. Bisa Melihat Status Online Tanpa Harus Masuk ke Dalam Obrolan

Salah satu fitur menarik pada WA mod ini adalah bisa melihat status online pengguna lain tanpa harus masuk kedalam kolom obrolan. Umumnya kita akan mengetahui status online seseorang pada WhatsApp jika kita masuk kedalam kolom obrolan dengan orang tersebut, namun dengan WA mod ini semua orang yang ada di beranda WhatsApp bisa anda lihat status onlinenya langsung tanpa harus mengecek di kolom obrolan satu persatu.

  1. Mendownload Story Milik Pengguna Lain

WhatsApp mod jelas bisa mendownload story milik orang lain baik itu story foto maupun story video. Cara mendownload story juga sangatlah mudah, dimana anda hanya perlu melihat stroy pengguna yang ingin anda download storynya kemudian klik ikon download yang ada di pojok kanan bawah lalu tunggu hingga proses download selesai.

  1. Melihat Story Orang Lain yang Sudah Dihapus

Selain bisa mendownload story milik orang lain anda juga tetap bisa melihat story milik pengguna lain yang sudah dihapus sebelum 24 jam. Dengan adanya fitur ini di YoWhatsApp membuat para penggunanya tidak akan mudah penasaran akan story yang sudah dihapus sebelum waktunya. Fitur satu ini cukup cocok bagi anda yang ingin memata-matai pasangan anda di WhatsApp.

  1. YoWhatsApp, Melihat Pesan yang Ditarik

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp mod ini anda juga bisa melihat pesan yang ditarik oleh pengguna lain. Pasti beberapa orang sering kesal karena pesan yang dikirimkan ke mereka ditarik kembali oleh si pengirim pesan padahal belum dilihat. Dengan adanya fitur melihat pesan yang sudah ditarik ini akan membuat semua pesan yang dikirimkan kepada anda tetap bisa anda lihat meskipun pesan tersebut sudah ditarik atau dihapus oleh si pengirim pesan.

  1. Menghilangkan Nama Pengguna Saat Melihat Story Pengguna Lain

Pada aplikasi WhatsApp Original ketika kita menggunakan fitur sembunyi nama saat melihat story milik orang lain maka nama kita akan menghilang saat melihat story milik orang lain. Namun hal tersebut juga berlaku buat story kita, dimana kita juga tidak bisa melihat siapa saja yang sudah melihat story kita.

Dengan menggunakan YoWhatsApp ketika kita menyembunyikan nama kita saat melihat story milik orang lain maka nama kita cuman akan hilang di daftar nama orang-orang yang sudah melihat story orang tersebut. Namun saat kita memasang story maka nama siapa saja yang melihat story milik kita akan tetap terlihat.

Cara Mendownload YoWhatsApp Hingga Bagaimana Cara Menginstalnya

YoWhatsApp

  1. Cara Mendownload YoWhatsApp

Dikarenakan aplikasi WhatsApp ini merupakan aplikasi modifikasi maka untuk mendownloadnya anda harus mencari aplikasi tersebut secara manual di internet karena di toko aplikasi manapun tidak ada yang menyediakannya untuk didownload. Cara mencarinya juga cukup mudah dimana anda hanya perlu masuk ke internet dari browser di smartphone anda kemudian pada kolom pencarian ketikan “download aplikasi YoWhatsApp” lalu tekan cari atau enter.

Tunggu beberapa saat dan anda akan menemukan beberapa situs yang menyediakan jasa download aplikasi mod tersebut. Silahkan pilih situs mana yang anda rasa terpercaya kemudian buka situs tersebut dan tekan tombol download yang ada di dalam situs tersebut. Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai dan aplikasi WhatsApp mod anda siap untuk instal.

  1. Cara Instal YoWhatsApp

Ada 2 syarat yang harus anda lakukan sebelum menginstal aplikasi YoWhatsApp, syarat yang pertama adalah menghapus aplikasi WhatsApp Original anda (jika ada) karena bisa saja kedua aplikasi WhatsApp tersebut saling ditumpuk datanya yang kemudian bisa membuat aplikasi WA anda tidak bisa dioperasikan secara optimal.

Sedangkan syarat yang kedua adalah anda harus mengaktifkan fitur “izinkan sumber tidak dikenal” yang ada di menu pengaturan smartphone anda. Fungsi dari pengaktifan fitur ini adalah untuk membuat aplikasi yang didownload dari luar toko aplikasi resmi bisa diinstal di smartphone anda.

Cara mengaktifkannya cukup mudah dimana anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan, lalu ke menu privasi dan hidupkan fitur izinkan sumber tidak dikenal. Perlu diketahui bahwa setiap smartphone memiliki lokasi yang berbeda-beda jadi carilah dengan seksama.

Jika sudah menghidupkan fitur izinkan sumber tidak dikenal maka akan bisa membuka atau menjalankan aplikasi YoWhatsApp yang sudah didownload tadi dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai. Saat proses instalasi selesai maka aplikasi WhatsApp mod ini bisa anda gunakan.

Kekurangan Aplikasi YoWhatsApp

YoWhatsApp

Karena sudah membahas mengenai fitur-fitur yang ada di YoWhatsApp dan tidak ada di WhatsApp Original dimana rata-rata fitur tersebut merupakan kelebihan dari aplikasi mod ini, maka kita juga akan membahas beberapa kekurangan dari aplikasi WhatsApp mod tersebut juga. Tanpa banyak basa-basi lagi berikut adalah beberapa kekurangan dari aplikasi yang disebarluaskan tidak dari toko aplikasi tersebut.

  1. YoWhatsApp, Susah Melakukan Update

Semua aplikasi pasti memerlukan update untuk memperbarui beberapa fitur yang ada di dalamnya, begitu juga dengan aplikasi WhatsApp mod ini yang sekitar sebulan sekali atau 3 bulan sekali akan melakukan update. Namun, sayangnya untuk melakukan update pada sebuah aplikasi modifikasi tidaklah mudah karena anda diharuskan untuk menghapus aplikasi sebelumnya dan akan diganti dengan aplikasi yang baru.

Dari penjelasan tersebut saja kita bisa mengetahui bahwa untuk melakukan update pada aplikasi YoWhatsApp saja sangatlah susah. Belum lagi untuk menemukan updatean aplikasi modifikasi ini tidak segampang saat kita mencari versi sebelumny a, karena jika anda salah mendownload versi yang lebih rendah maka anda tetap harus melakukan update lagi.

  1. Tidak Bisa Melakukan Backup Data

Kekurangan selanjutnya dari aplikasi modifikasi ini adalah semua data di dalamnya seperti data chat sampai data panggilan tidak bisa di backup ke email. Bagi beberapa orang masalah yang satu ini tidak terlalu penting karena isi dari aplikasi WhatsApp hanya tentang data chat dan data panggilan saja, namun bagi mereka yang menggunakan WhatsApp sebagai sarana pekerjaan seperti jualan online semua data yang ada di dalam WhatsApp sangatlah penting karena berhubungan dengan data penjualan.

  1. Rentan Terhadap Serangan Virus Maupun Hacker

Aplikasi YoWhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang dimodifikasi dari WhatsApp tanpa melalui uji kelayakan maupun uji keamanan. Hal tersebut membuat aplikasi mod ini sangat rentan terhadap virus atau bahkan serangan hacker yang bisa menyebabkan semua data di dalam WA mod tersebut hilang dalam sekejap.

  1. Tidak Ada yang Bertanggung Jawab Atas Data yang Bocor

Pada poin sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa salah satu kekurangan dari aplikasi modifikasi ini adalah rentan terhadap virus maupun hacker yang bisa menyebabkan semua data di dalam WhatsApp hilang dalam sekejap. Ketika data tersebut hilang atau disalahgunakan oleh pihak lain tanpa sepengetahuan anda maka tidak ada 1 orangpun yang akan bertanggung jawab karena aplikasi mod ini tidak memiliki naungan yang kuat.

  1. Ukuran yang Lebih Besar Daripada Aplikasi WhatsApp Original

Satu lagi kekurangan dari aplikasi modifikasi ini adalah ukurannya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan aplikasi original WhatsApp sendiri. Ukuran yang lebih besar ini dikarenakan ada penambahan beberapa fitur seperti yang sudah dijelaskan pada sub menu sebelumnya, alhasil dengan penambahan semua fitur tersebut membuat ukuran dari YoWhatsApp menjadi membengkak.

Dengan ukuran yang meningkat ini membuat hp yang bisa menginstal WA mod adalah hp yang memiliki memori internal besar dan tentunya masih kosong. Karena jika hp yang memiliki ruang penyimpanan terbatas memaksa untuk menginstal aplikasi WA mod maka bisa dijamin hp mereka akan lemot.

  1. Membuat Pengguna Lain Tidak Memiliki Privasi yang Lebih

Kekurangan terakhir dari WA mod ini berhubungan dengan privasi yang dimiliki oleh pengguna lainnya. Dimana dengan story yang terhapus namun masih bisa dilihat hingga pesan yang ditarik namun masih bisa dibaca membuat pengguna lain menjadi kurang memiliki privasi jika berinteraksi dengan para pengguna WA modifikasi.

Demikian beberapa penjelasan mengenai YoWhatsApp. Sebagus-bagusnya sebuah aplikasi baik dari segi developer hingga budget yang dikeluarkan sangat banyak pasti memiliki kekurangan, begitu juga dengan aplikasi WA mod ini yang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga : Aplikasi Tema WA

5/5 - (294 votes)

Leave a Comment